Sort:  
 yesterday 

Buk @sumarni123 harus melakukan beberapa hal dalam meningkatkan CSI, jangan hanya upvote saja, tapi bisa juga dengan cara lain. Lebih tinggi CSI lebih bagus, kalau bisa pertahankan di atas 5%, 1 hari tidak melakukan aktifitas maka CSI akan turun.

 yesterday 

Iya. Benar sekali Pak. Saya merasakan sekali saat tgl 17 saya sibuk berat sampai tidak sempat aktivitas di Steemit. Hasilnya terasa nurunnya.

 yesterday 

Nanti kedepan ibu harus menyempatkan upvote saja di saat hari sibuk, walaupun tidak dapat melakukan aktifitas lain.

Untuk cara peningkatan CSI dengan banyak cara, mungkin nanti di akhir acara kontes ini akan di jelaskan oleh pak @aneukpineung78. Tetapi untuk sekarang ibu harus komentar apa saja yang ibu bisa.

 yesterday 

Siap Pak. Terimakasih atas pencerahannya.

 23 hours ago 

> Nanti kedepan ibu harus menyempatkan upvote saja di saat hari sibuk, walaupun tidak dapat melakukan aktifitas lain.

Hanya 10 kali vote sehari, berapa banyak waktu yang mungkin akan tersita Pak Guru? :D Dengan konsisten 10 kali vote shari saja, angka Voting CSI bisa mencapai 10% kok, lah kita cuma minta di angka 5% saja kok, ga bakalan lah "tidak dapat melakukan aktifitas lain". Haha. Bisa saja Bapak ini.

 22 hours ago 

Minimal di pertahankan jangan sampai di bawah 5%. Untuk upvite paling butuh waktu 2 menit saja.

 9 hours ago 

Nah. Ternyata maslaahnya Bu Sumarni mikir hanya boleh vote saat meteran VPnya 100%. Haha.

 23 hours ago 

Bu Sumarni, di awal main steemit kan dikatakan untuk mengvote 10 kali. Apakah 10 kali mengvote itu begitu menyita waktu? :D

 14 hours ago 

Tidak terlalu menyita waktu. Bisa dilakukan saat duduk manis sambil bermain medsos. Saat menunggu 100% baru bisa vote itu yang buat sedikit bosan. Karena waktu vote tidak bisa dilakukan kapan saja. 🤭

 14 hours ago 

Kenapa harus tunggu balik ke 100%? Ngga perlu, yang penting ngga di bawah batas minimal yang ditetapkan sendiri. Kalau saya pribadi saya ttapkan untuk diri sendiri batasan minimal pada 70%. Selama masih di atas itu, saya vote. Haha.

 13 hours ago 

Oh... La..la... gitu toh. Yang saya fahami selama ini 100% dulu baru bisa vote. Terimakasih atas pencerahannya ya Pak @aneukpineung78

 13 hours ago 

Inilah contoh kenapa saya mau peserta program untuk mengomentari artikel program SSEA-MINER. Jadi saya bisa lebih memahami mereka. Terimakasih Bu Guru.

CC. Pak Guru @bahrol.

 13 hours ago 

Sama-sama Pak @aneukpineung78

 10 hours ago 

benar sekali pak, bila kami ini tidak mealakukan komentar tidak taua apa yang sudah kita ketahui dan apa yang belum. Yang susah nanti bila da yang bertanya, apa yang kita lakukan pad steemit ini. disaat kita menjelaskan, pasti ada yanglebih jeli dari kita.

bisa saja apa yang mereka tanya sebagai newcomer tidak bisa saya jawab sebagai peserta lama. Makanya hal seperti ini sangat penting, bisa jadi suatu ilmu juga dalam pemahaman ini, sangat bermanfaat pak @aneukpineung78

 23 hours ago 

> ... dalam meningkatkan CSI, jangan hanya upvote saja, tapi bisa juga dengan cara lain.

Coba tolong jelaskan cara lain yang dimaksud itu Pak Guru. :D

 22 hours ago 

Waduh kenapa balik ke saya.

Oke tidak apa-apa. Ini pengalaman yang sudah saya dapat, serta saya membuktikannya sendiri.

Disini kita sering upvote postingan saja, untuk meningkatkan CSI baik itu upvote postingan maupun komentar-komentar. Disini kita juga jangan hanya fokus kepada akun-akun yang besar juga akan tetapi fokus juga kepada kaun pemula.

Selain itu kita juga harus sering memberi komentar di setiap postingan, tentu saja dengan komentar yang bagus, yang baik, paling tidak minimal 25 kata.

Kita juga jangan mengabaikan untuk meresteem postingan sahabat yang lain juga.

Untuk secara detail, mungkin akan di tambahkan oleh senior kita bapak @aneukpineung78

 13 hours ago 

Yang saya pahami, faktor penentu Voting CSI itu hanya aktifitas VOTE (tidak peduli apakah itu postingan atau komentar), karena itu namanya Voting Community Support Index. Ga ada hubungan sama komentar, resteem dan lain-lain. Komentar cuma menandakan berapa aktif seseorang di dalam komunitas dan merasa perlu berinteraksi dengan pengguna lain. Resteem bagi saya tidak merupakan bukti apa-apa. Bagi saya lebih baik peserta program mengomentari artikel-artikel terkait program (dibandingkan mereka membagikannya) sehingga saya bisa paham apakah mereka ada membaca dan apakah mereka memiliki pertanyaan atau tidak. Meresteem artikel tidak membuat saya mengerti tentang mereka.

Dan, seperti ditulis dalam artikel terbaru SSEA-MINER, dalam program SSEA-MINER, direncanakan komentar akan menjadi hal penting, akan dihitung. Bukan hanya komentar di Steem SEA atau khusus di artikel SSEA-MINER.

SSEA-MINER banner v3.png

Terimakasih telah berkomentar, Pak Guru Bahrol.

 11 hours ago (edited)

Benar pak, intinya CSI ini merupakan sebuah indikator pada pemungutan suara yang kita lakukan. apakah kita menggunakan suara secara optimal atau tidak. Jadi saya menyimpulkan bahwa CSI adalah nilai dari hasil yang kita lakukan berdasarkan aktifitas di pemungutan suara baik berupa vote dan komentar.

Pada CSI ini kita juga bisa menjadi patokan sudah sampai dimana aktifitas yang kita lakukan, pada Voting CSI ini juga terdapat suara sendiri, Jumlah akun yang kita vote, dan bobot suara.

Bila tidak ada hubungan dengan komentar, tapi kenapa disaat kita melakukan komentar CSI bertambah, ini yang saya alami sendiri. Mungkin juga berbarengan saya lakukan antara Vote dan komentar sehingga komentar itu meanbah CSI.

Kalau Resteem memang tidak menambah angka CSI, akan tetapi cuma untuk menunjukkan keaktifan kita saja kepada post yang kita resteem.

 9 hours ago (edited)

> ... pada Voting CSI ini juga terdapat suara sendiri, Jumlah akun yang kita vote, dan bobot suara.

Betul, Pak. Dan voting tidak hanya mendatangkan nilai positif untuk VCSI. Makanya faktor penentu itu penting diperhatikan. Self voting, misalnya, bernilai negatif dan akan mengurangi angka VCSI. Voting berulang (kepada pengguna yang sama) juga bernilai negatif (penambahan nilai semakin turun pada setiap kali terjadi pengulangan vote). Makanya angka VCSI 100% bisa dikatakan tidak mungkin dicapai (saya -seingat saya- bahkan belum menemukan yang memiliki angka ini di atas 30 - kalau Pak Guru ada menemukan silahkan tangkap layar dan kirim ke saya, lengkap dengan nama akunnya, saya beri 5 SP), dengan asumsi bahwa Voting dilakukan dengan "kewajaran", artinya orang tidak hanya memvoting untuk mendapatkan 100% keragaman, karena dalam voting juga disyaratkan tidak asal voting, tetapi lebih diutamakan kepada artikel dan komentar yang berkualitas, dan komentar serta artikel berkualitas (layak vote) bisa saja selalu datang dari orang yang sebelumnya telah kita vote.

> Bila tidak ada hubungan dengan komentar, tapi kenapa disaat kita melakukan komentar CSI bertambah, ini yang saya alami sendiri. Mungkin juga berbarengan saya lakukan antara Vote dan komentar sehingga komentar itu meanbah CSI.

Sepertinya sudah dijawab sendiri oleh Pak Guru, meski masih keukeuh bahwa komentarnya ikut berpengaruh nambahi angka VCSI. Tapi mungkin juga Pak Guru @fadthalib punya pengalaman yang sama terkait Voting CSI? Sudah lama saya ngga berbalas komentar dengan beliau.

SSEA-MINER banner v3a.png

> Kalau Resteem memang tidak menambah angka CSI, akan tetapi cuma untuk menunjukkan keaktifan kita saja kepada post yang kita resteem.

Boleh juga dikatakan demikian. Walaupun mungkin juga bukan demikian. Saya tidak paham apa maksud Pak Guru Bahrol dengan **keaktifan **, tapi kalau ini terkait apakah orang yang meresteem telah membaca artikel tersubut, saya katakan dengan tanpa ragu bahwa orang yang meresteem artikel belum tentu telah membaca artikel itu, saya sering melakukannya, khususnya pada artikel-artikel kontes. Alasan kenapa orang melakukan resteem bisa macam-macam. Misal saya meresteem artikel kontes sebelum saya baca dengan alasan siapa tahu ada yang memantau blog saya dan tertarik mengikuti kontes tersebut.

Terimakasih Pak Guru Bahrol, mau berbincang terkait topik ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 63977.42
ETH 2760.27
USDT 1.00
SBD 2.65