You are viewing a single comment's thread from:

RE: MENANGKAN 6 (+3) STEEM!! IKUTI DISKUSI TENTANG TAGAR INI!

in Steem SEAyesterday

Halo Adinda @firyfaiz. Komentar Adinda adalah salah satu yang paling saya nantikan. Terimakasih telah mewujudkan keinginan saya menjadi nyata.

Itu adalah amatan yang -menurut saya- sangat menyeluruh, setidaknya sejauh yang bisa saya pikirkan dari latar belakang dan manfaat bahkan sifat eksistensi dari "tagar" (tidak hanya di Steemit), sudah terrangkumkan di sini. Ini bukan sok tahu. Berbagi pengetahuan dan pendapat atau sudut pandang itu bukan sok tahu, bukankah itu justru ilmiah? Firyfaiz bukan hanya menjabarkan aspek-aspek penting yang melekat pada tagar tapi juga sebab yang ditimbulkannya pada perilaku kreator konten (khususnya di Steemit). Ini keren.

"... semua orang berlomba-lomba untuk menulis, bukan membaca." Benar sekali. Kita melihat Steemit adalah lautan uang yang setiap orang -tidak terkecuali- ingin mendapatkan sedikit (kalau ngga bisa banyak) "cinta". Firyfaiz juga saya percaya begitu, datang ke Steemit, mencurahkan segenap kreatifitas yang dimiliki untuk menghadirkan "konten", pasti juga mengharapkan hal yang sama. Semakin besar angka di samping tombol panah itu, semakin bahagialah kita. Bagi saya ini positif, membuat kita tetap berusaha memberikan yang terbaik, karena -berdasarkan konsensus yang kita yakini bersama bahwa Steemit menghargai kreatifitas dan orisinalitas- maka kesempatan kita mendapatkan penghargaan yang besar juga semakin besar seiring kreatifitas kita itu. Pertanyaan saya selanjutnya adalah, "Menurut Firyfaiz, seberapa efektifnya fungsi sesebuah tagar terhadap tercapainya "target" ekonomi penulis (mendapat sentuhan kasih yang "besar").

Sort:  
 22 hours ago 

Perilaku Kreator Konten

Tiga kata yang menarik…

Mungkin jika dijabarkan lebih lanjut, akan menarik jika dikulik lagi aspek psikologis pengguna yang melanglangbuana di sini. Apa yang “sebenarnya” a.k.a deep down inside hal yang membuat para pengguna senang, semangat, dan konsisten dalam berkonten? (dan sebaliknya) apa yang membuat mereka buyar? Seberapa jauh peran komunitas dalam me-maintain hal ini? Apakah “cuan” merupakan satu-satunya alasan orang bertahan di sini?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tak cukup dijawab dengan telaah sok tahu sebagaimana yang kulakukan di awal tadi, kan?:P

Bila perlu tim Steemit patut membayar surveyor dan analis untuk mengkaji hal ini lebih lanjut, sebab, ini menyangkut masa depan platform ke depannya. Kita, sih, kaga ada untungnya melakukan hal-hal semacam itu.

Idealisme adalah hal yang patut dipertahankan untuk tetap menyajikan konten-konten yang berkualitas. Tanpa idealisme, kita hanya akan jadi pengguna Steemit yang pragmatis, yang menjadikan cuan sebagai satu-satunya goal dalam berkarya. Aku tak munafik, kangen rasanya dapat up vote gendut sebagaimana dulu itu jadi hal yang biasa buat kita-kita.

Tapi saat ini… semakin aku menginginkan angka besar di sebelah tanda panah itu, semakin hilang jua daya ciptaku tuk menuangkan isi pikiran sebagaimana yang kulakukan dulu. Setiap mau menulis, yang terjadi adalah mental block terus-terusan. Saya yakin seorang @aneukpineung78 punya jawaban untuk mengatasi hal ini.

Pertanyaan saya selanjutnya adalah, "Menurut Firyfaiz, seberapa efektifnya fungsi sesebuah tagar terhadap tercapainya "target" ekonomi penulis (mendapat sentuhan kasih yang "besar").

Saat ini kudapati penggunaan tagar sebagai sebuah kewajiban bagi kreator konten untuk menerangkan komitmen mereka untuk tunduk pada aturan-aturan yang berlaku (yang dibuat oleh otoritas platform). Kalau konten berkualitas kita dibarengi dengan tagar-tagar yang telah ditetapkan, besar kemungkinan untuk didukung, di luar syarat-syarat lain yang harus dipenuhi. Minimal ada masuk kurator dan dapat payout di atas $5. Aku bicara berdasarkan histori akunku sendiri, dan mungkin orang lain bisa dapat lebih banyak atau lebih sedikit.

Begitulah kira-kira…

 16 hours ago 

"Apakah “cuan” merupakan satu-satunya alasan orang bertahan di sini?"

Saya engga tahu, kalau itu dipertanyakan sebagai satu-satunya alasan. Bisakah Firyfaiz mengemukakan kira-kira adakah alasan lain yang mungkin?

Kebuntuan dialami oleh siapapun. Saya sendiri memiliki tidak kurang dari sepuluh tulisan setengah jadi saat ini, yang entah akan saya post kapan-kapan atau tidak sama sekali. Selain itu saya juga memiliki tidak sedikit gambar digital telah saya buat yang saya maksudkan untuk menemani tulisan2 saya tetapi apakah akan pernah tampil atau tidak saya juga belum tahu.

Jadi kembali ke tagar, tidak bisa dikatakan berapa efektif, hanya bisa dikatakan "besar kemungkinan", yang kalau saya terjemahkan menjadi "tidak seefektif itu". Ataukah seharusnya saya terjemahkan dengan cara lain?

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64170.07
ETH 3425.12
USDT 1.00
SBD 2.59