Karet Kebo| Pemetaan di What3Trees || by : @alee75

in Steem SEA3 years ago

Hallo sTeeMiaNs

Pada hari ini saya mencoba membagikan cerita tentang pohon yang ada di pekarangan rumah saya. Ini merupakan postingan perdana saya dan mudah-mudahan sesuai dengan keinginan @pennsif yang saya temukan di #what3trees untuk mempromosikan steemit melalui pohon.

Saya juga melakukan pemetaan di https://what3words.com

IMG20210826120058.jpg

Pohon Karet Kebo di depan rumah saya

📍Lokasi what3words


Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pohon Karet Kebo atau karet merah = Rubber Fig ( Ficus elastica) yang merupakan spesies tumbuhan yang berasal dari genus ficus, yang berasal dari timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, dan Indonesia yang kemudian dibawa ke Sri Lanka, Hindia Barat, dan Negara bagian Florida.

Tanaman ini mempunyai manfaat yang cukup banyak selain sebagai tanaman hias yang bisa di tanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang yang ditanam dalam pot sebagai hiasan indoor. Saya sendiri menanam tanaman ini sebagai tanaman pelindung dari polusi udara karena jalan yang ada di depan rumah kami sedang rusak dan menyebabkan banyak debu.

Tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi alergi, mengobati bengkak, mengurangi rasa sakit, menjaga kesehatan perut, menghilangkan bakteri, menghilangkan polusi udara, dan memberikan kesan tropis. Tanaman ini juga membutuhkan biaya yang relatif murah untuk pembesarannya serta hanya membutuhkan cara perawatan yang sangat sederhana dan dedaunannya sangat mudah untuk dibersihkan.

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah : Species: F. Elastica, Family: Moraceae, Order: Rosales, Genus: Ficus, Kingdom: Plantae, Subgenus: F. subg. Urostigma

Selama masa pandemi covid 19, tanaman ini menjadi salah tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat yang dijadikan sebagai taanaman hias yang dapat dipelihara di rumah menggunakan pot maupun di luar ruangan.

Karet Kebo termasuk tanaman yang cukup besar yang mampu tumbuh hingga ketinggian 30m – 40m, dengan diameter batangnya mencapai 2m. Karet Kebo memiliki akar yang besar dan lebat dan menjalar dari luar ke dalam tanah sehingga mampu berdiri tegak. Karet Kebo juga memiliki daun berbentuk oval dengan panjang 10 cm – 35 cm dan lebar 5cm – 15cm. Di beberapa Negara seperti India, masyarakat menggunakan akar yang tumbuh dengan mengarahkannya menyeberangi jurang sehingga membentuk jembatan.

Karet Kebo dapat dibudidayakan dengan cara stek, yaitu dengan memotong sebagian kecil batang dan menancapkannya di tanah. Saya melakukannya dengan memotong sebagian kecil batang karet kebo yang ada di rumah orangtua saya dan menanamnya di halaman rumah saya. Sebenarnya Karet kebo ini juga menghasilkan getah dan getah ini dulunya digunakan untuk membuat karet namun penggunaan getah Karet Kebo dihentikan karena menyebabkan iritasi pada mata dan kulit serta beracun.

IMG20210826122805.jpg


IMG20210826110740.jpg


IMG20210826122741.jpg


IMG20210826110658.jpg

Lokasi what3words

Photography@alee75
CameraAndroid Oppo A31
LokasiAceh Utara

cc : @pennsif

Regards

@alee75

ABOUT ME

photostudio_1629698821302.jpg

Sort:  

Maju terus... Nice post

 3 years ago 

🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62153.21
ETH 2411.09
USDT 1.00
SBD 2.64