Insomnia, Dihindari Atau Dimanfaatkan?

in #health6 years ago

Dear Steemians!!

IMG_20180321_145905.JPG

Berbicara tentang insomnia saya pikir sangat menyenangkan walaupun itu termasuk penyakit. Saya pikir banyak yang diantara kita disini mengendap penyakit insomnia, buktinya sampai jam tiga pagi masih banyak yang mengunggah postingan di steemit. Saya tidak tahu apakah itu benar benar insomnia atau hanya menunggu waktu yang cocok untuk posting atau dua duanya. Insomnia tidak bisa selalu kita anggap sebagai hal negatif karena banyak hal positif yang bisa kita manfaatkan. Memang benar tubuh dan otak kita butuh istirahat setelah melakukan banyak aktivitas setiap harinya. Namun bagi yang sudah dilanda insomnia tetap saja tidak bisa tidur lebih awal meskipun sering mencoba tidur lebih awal pasti terbangun di tengah malam, saya sendiri merasakan hal tersebut.

Bukan suatu kebanggaan bila insomnia. Selain tubuh butuh istirahat, kita juga mudah terkena penyakit yang lebih banyak lagi itu resikonya.

Saya sudah mengalami insomnia sejak tahun 2011 tepatnya awal saya menjadi mahasiswa. Kebanyakan tugas mata kuliah dan nongkrong dengan teman teman membuat kita lupa waktu tidur untuk mengejar deadline apalagi duduk sambil ngopi pasti mata akan terbuka sampai pagi, benar kan, hayoo siapa yang sudah sering mengalami? Saya pikir itu hanya sementara tetapi ini terus berlanjut sampai sekarang bahkan saya terkadang tidak tidur sampai pagi menjelang. Ya saya harus tidur di pagi atau di siang hari. Ini memang terkesan paling negatif dan tentunya semua berpikir saya pemalas tetapi begitulah kenyataannya saya tidak bisa menyangkalnya. Setiap orang punya waktu masing masing dalam melaksanakan sesuatu walaupun hampir semua orang memulai aktivitasnya di pagi hari. Tapi tidak bagi kami yang pecinta warna malam yang cendrung punya dikatakan suram, mudah-mudahan kebalikannya ya. Hehe. Saya sedikitpun tidak bangga dengan ini tapi saya selalu gag al untuk menghindarinya. Saya butuh saran apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya?

Bagaimana saya memanfaatkan insomnia?

Yang belum usahakan hindari agar tidak insomnia karena selalu banyak hal negarifnya tapi yang sudah lebih baik memanfaatkannya sebaik mungkin dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Berdasarkan pengalaman dan kebiasaan saya, tengah malam adalah waktu yang paling tepat untuk berkarya. Pada saat itu, pikiran kita lebih tenang, lebih mudah berkonsentrasi dengan apa yang sedang kita kerjakan tanpa mendengar suara kebisingan yang mengacaukan, dengan begitu ide ide gila pun mudah muncul di otak kita dan membuat kita lebih kreatif. Oleh karena itu saya lebih sering memilih waktu tengah malam untuk berkarya, ketenangan dan kenyamanan tersebut akan membuat kita fokus. Saya rasa semua dari kita baik itu pekerja seni maupun penulis juga membutuhkan ketenangan untuk menghasilkan karya karya yang indah. Oleh karena itu, gunakan waktumu dengan baik-baik.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Jika tertarik jangan lupa upvote, resteem dan komen di bawah ini.

Join Steemfollower to get upvote back for upvote. It's free, simple, and easy to find all contents that you may what to upvote and get your own content to be seen by other users and possibly upvote. But you must upvote at least 5 post that you like everyday, automatically our related post will be displayed.

Regard @huslein.slash

#thealliance

Sort:  

Berkarya dan bekerja di tengah malam, apalagi di sepertiga malam adalah hal yang sangat baik. Akan tetapi terbangun di tengah malam dengan tidur yang cukup sebelumnya.


Jika malam ini masih insomnia, silahkan mencoba untuk tidak tidur sampai pagi dan teruskan beraktifitas di siang-sore hari agar tubuh lelah dan bisa tidur cepat di malam hari. Dengan begitu, jam 8-9 mungkin sudah bisa tidur dan cobalah pasang alarm agar bangun pada dini hari dan berkarya. Tentu dengan tidak tidur lagi setelahnya. Harus dicoba dan cobalah untuk bertahan.


Bila sudah terbiasa, malam hari akan tidur lebih cepat. Tetap bisa berkarya di tengah malam tanpa insomnia. 😊


Semoga bermanfaat.

Iya makasih atas responnya. Kadang saya juga tidur lebih cepat jam 8 tapi tanpa alarm pun tetap bngun jam 11 atau 12. Begitu juga klo tdur jam 11 biasanya jam 3 udah terbangun.

Baguslah kalo gitu. Berarti kalo gitu bisa dibilang bukan insomnia dong? Hehehe

Itu kan kadang2 cuma seminggu sekali gtu.

Dibiasakan dong makanya.

Karna di saat insomnia karya banyak yg datang

Iya bener bnget dek. Ntah siapa2 yg datang.

I really wish I could read what you've written here hey.

I'm so sorry I wrote it in indonesian.

It's okay. Maybe when you have time you can a post in both Indonesian and English.

Usually I make a post in bilingual form.

I'll catch the next one then.

Kalau saya tdr malam bahkan jelang pagi, tp ga insom hehe

Itu sih normal namanya bg

Untuk menghindari insomnia me manage waktu istirahat yang tepat bg , misalkan seperti abg kerja dri pagi sampai sore , jdi antara pagi sampai sore jangan tdur sikitpun , nah pas malam sekitaran jam 10 coba abg rebahkan badan ke tempat tidur , ciptakan tempat tdur yg nyaman , cuci kaki, muka dan sikat ggi sblum tdur , biasanya dengan keadaan seperti itu membuat tubuh kita nyaman , selamat mencoba bg
Tetapi kalau abg sudah mencobanya , cba mengulangi smpai bbrpa kali shngga terbiasa
Hehe

Makasih banyak buk dokter atas sarannya. Ntar akan dicoba pelan2.

Hhaa, belum jdi dokter bg
Masih tahap
Hehee

Ya sama aja ntar kan bakalan jadi dokter, hehehe
Bisa konsul kesehatan nnti.

Allahumma amin 🙏

Semoga secepatnya ya, ini kn selangkah lagi..

Amin , trma kasih bg

Sudah brapa lma jdi buk dokter?

Sebenarnya ada beberapa pendapat yg menyatakan insomnia itu adalah penyakit. Tapi sebagian orang terkadang salah mengartikan makna insomnia, tapi hanya sebagian. Namun yang menjadi titik fokus saya di bacaan ini yaitu memanfaatkan situasi untuk menghasilkan hal yang positif. Ini nih baru keren. Hasilnya juga selalu menarik tuh. Hehe

Hehehe makasih bnyak des. Krn dengan insomnia bnyk pnyakit lain yg datang kayk lagu Rhoma Irama.
Yeah kita harus bisa memanfaatkan situasi itu untuk melakukan hal positif

Postingannyan mantap bang.. Bgupvotbaliklah, sayapotabg yaa2potsayapotabg, tolooobantu kamiijuga..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58613.96
ETH 3153.58
USDT 1.00
SBD 2.43