Cara mudah upload video di DTube dengan smartphone Android

in #dtube6 years ago (edited)

1515685584534.png

Dari artikel-artikel yang saya baca, sepertinya begitu gampang untuk upload video di DTube. Saya coba menggunakan smartphone dan laptop, namun selalu gagal. Ternyata sebelum melakukan upload, pada perangkat kita sudah harus terinstall mesin IPFS (https://ipfs.io).

Banyak tutorial saya baca, tidak ada cara yang mudah. Sulit sekali memasangnya pada mesin windows 10. Saya terus mencoba, terus mencoba, namun selalu gagal. Saya berpikir mungkin daya tangkap sudah mulai berkurang. Pada akhirnya setelah 5 kali upload video selalu gagal, saya mulai frustrasi.

Saya mulai berpikir, kenapa YouTube begitu mudahnya proses upload video, kenapa DTube begitu sulit?

Lama saya terdiam. Saya coba menghubungi abang @rismanrachman, saya bertanya, apa abang tahu DTube? Dengan tegas dijawab, sulit! Karena sulit jadi malas. Pernyataan ini sempat membuat saya lemas.

Tidak mungkin sesulit itu, pasti ada caranya. Saya matikan laptop, lalu duduk termenung, ambil smartphone, buka Playstore, cari semua yang berhubungan dengan mesin IPFS dan saya install, kemudian saya coba satu per satu.

Akhirnya saya temukan satu aplikasi IPFSDroid download di https://play.google.com/store/apps/details?id=org.ligi.ipfsdroid

1515684893467.png

Sebelumnya, pada web browser, sahabat steemit sudah harus login di DTube, lihat tutorial yang ditulis @gomatthew di https://steemit.com/steemit-guides/@gomatthew/dtube-signup-getting-your-posting-key

Selanjutnya, buka aplikasi IPFSDroid

Lakukan beberapa setelan ringan sampai muncul seperti gambar.

1515684980740.png

Kemudian, tekan tombol Run Daemon dan tunggu sampai proses selesai.

Kembali ke browser, pilih menu upload

1515685049784.png

Lakukan tahap demi tahap sesuai notifikasi DTube.

Screenshot_20180111-161321.png

Proses upload video selesai jika point 1, 2 dan 3 muncul tanda contreng hijau dan muncul url video.

1515686122073.png

Untuk menghemat quota internet, setelah proses upload selesai, IPFSDroid dihentikan.

Selamat mencoba sahabat steemit.

Semoga bermanfaat.

Sort:  

Ilmu yang sangat bermanfaat tentang dtube. Saya mau tanya apa fungsi IPFSdroit ini? Lalu apakah kalau saat mau upload video aja di aktifkan IPFSdroitnya? Mohon penjelasannya

IPFS ( the InterPlanetary File System ) adalah protokol distribusi hypermedia baru, yang ditangani oleh konten dan identitas. IPFS memungkinkan pembuatan aplikasi terdistribusi sepenuhnya. Ini bertujuan untuk membuat web lebih cepat, aman, dan lebih terbuka.

IPFS adalah sistem file terdistribusi yang berusaha menghubungkan semua perangkat komputasi dengan sistem file yang sama. Dalam beberapa hal, ini mirip dengan tujuan awal Web, namun IPFS sebenarnya lebih mirip dengan satu objek kawanan bittorrent switer yang saling bertukar. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang asal-usulnya di kertas IPFS - Content Addressed, Versioned, P2P File System .

IPFS menjadi subsistem utama baru internet. Jika dibangun dengan benar, bisa melengkapi atau mengganti HTTP. Itu bisa melengkapi atau mengganti lebih banyak lagi.

IPFS umumnya dipasang dan dijalan pada komputer. Namun settingannya agak menyulitkan bagi mereka yang masih sangat awan dengan perintah command line.

IPFSdroit adalah IPFS yang sudah dirubah agar bisa dijalankan di android.

DTube memerlukan tool IPFS agar sahabat steemit bisa upload video. Tanpa IPFS, maka proses upload video akan berhasil dilakukan.

IPFSdroit harus diaktifkan agar proses upload sukses.

IPFSdroit sebenarnya harus aktif terus menerus di android, namun jika @dsatria punya masalah dengan quota internet, lebih baik beberapa lama setelah upload, IPFSdroit dinonaktifkan.

DTube adalah media peer to peer. Idealnya, kita harus punya server IPFS sendiri yang mampu online terus menerus.

Kalau @kitingsyans tidak salah, tanpa IPFS masa aktif video hanya bertahan 24 jam. Strateginya aktifkan IPFSdroit beberapa menit atau jam, setiap harinya.

Semoga penjelasan ini bermanfaat. Jika dianggap kurang atau mungkin ada yang tidak tepat dapat membacanya di https://github.com/ipfs/ipfs/blob/master/README.md

Artikel ini juga dapat menjelaskan https://steemit.com/dtube/@blueorgy/my-local-dtube-ipfs-is-up-and-running-1tb-help-decentralize-dtube

Senang berbagi dan bermanfaat @joelbazarie

Izin resteem brother @kitingsyans, thank for follow me back, I was follo you, regard from Aceh :D

Wah ini informasinya super bermanfaat bang.

Terima kasih

Sama-sama terima kasih, senang bisa berbagi @jamsphonna

beres bro..sangat bermamfaat

Mau tanya ni setelah tahap 1 dan 2 selesai , pas yang 3 gagal , notifikasi blg kegagalan saat mengunggah ke blockchain??maksud nya apa ya

Saya sudah melakukan beberapa kali tapi tak bisa.
Terimakasih informasinya

Mantap banget ban,,
Mohon kelanjutan syarahan nya bro,,agar bisa memahami betul..lanjutkan 💪

Wah luar biasa ilmunya broth. Sangat2 bermanfaat.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 60289.82
ETH 3304.15
USDT 1.00
SBD 2.42