BAHAGIA ITU SEDERHANA 2|| PESANTREN, KITAB KUNING DAN BERSTEEMIT ADALAH CARAKU BERBAHAGIA

in #contest6 years ago (edited)

Screenshot_2018-04-26-06-04-01-1.png

@penasantri adalah nama akun steemit saya, tentu sebuah nama tak lahir tiba-tiba, ianya melalui proses perjalanan panjang. Barangkali keakraban dengan dunia pesantren yang membuat saya bahagia memakai akun dengan nama ini.

Ali Fahmi, M.Pd.I adalah nama saya. KH. Cholid Mawardi adalah ayah saya, kadang saya menggunakan nama Ali Fahmi Cholid, M.Pd.I sebagai penghormatan kepada ayah saya. Dalam tradisi pesantren mengikutkan nama ayah adalah suatu yang lumrah dan sangat mendarah daging.

Pondok Pesantren Al-Ittihad Junglorong Komis Kedungdung Sampang adalah rumah saya. Sebuah daerah yang umumnya penghuninya adalah keluarga besar dan berfamili. Masih satu keturunan Bujuk Ambessi (Syayyid Abdullah) dab Bujuk Abdul Allam (Bujuk Abdul Allam).

Berkunjung ke akun steemian yang satu ke akun steemian yang lain adalah bagian dari kegembiraan. Semua berkarya, berusaha memberikan karya terbaik dengan riang gembira.

Ada yang asyik dengan puisinya. Ada yang asyik dengan travelingnya. Ada yang asyik dengan kulinernya. Ada yang asyik dengan fotografinya. Ada yang asyik dengan dunia kopinya.

Saya menemukan steemit.com dipenuhi orang-orang kreatif. Saling mengunjungi saling berinteraksi dan saling berbagi pandangan merupakan bentuk kebahagiaan yang mesti dituliskan dan diperkenalkan.

Sebagai seorang yang akrab dengan dunia pesantren maka berada di dalam pesantren adalah bagian dari kebahagiaan tak terlukiskan. Kiai menjadi tokoh sentral bagi pendidikan karakter sebab kiailah kaca untuk bercermin dan mengetahui letak kepribadian.

Terlahir di tanah pesantren di Madura dan menimba ilmu agama di pesantren Amtsilati Jepara dan Al-Khoziny merupakan pengayaan literasi yang membahagiakan.

#bahagiaitusederhana, dunia pesantren telah memberi warna dari hidup saya. Semakin saya mengenal pesantren semakin saya mengetahui sejatinya saya tak tahu apa-apa. Sejatinya saya hanya seorang manusia yang belajar menjadi manusia dan belajar memanusiakan manusia.

Pesantren tak hanya mendidik cara berpikir namun lebih dari itu, mengajari cara mengolah batin dengan baik. Menjadi pribadi yang asyik.

Kitab kuning adalah dunia saya yang tak terpisahkan dari degup hidup saya. Saya merasa bahagia bila sedang membaca kitab kuning karena di waktu bersamaan saya seolah bertemu langsung dengan pengarang kitab yang saya baca. Melakukan diskusi seputar ilmu yang telah ditelaah.

#Bahagiaitusederhana membaca kitab kuning, menggali pengetahuan untuk menambah wawasan. Mengakrabi seluk beluk permasalahan untuk didiskusikan dan dicarikan solusi yang tepat, mengatasi masalah tanpa masalah. Yuk intip aktivitasku saat menerjemahkan bahagia ketika berdekatan dengan kitab kuning,
20180408_101524.jpg

20180408_101532.jpg

Terimakasih @anggreklestari yang telah mengadakan kontes #bahagiaitusederhana 2, mengikuti kontesmu saya semakin punya cara mengenalkan kebahagiaan saya. Bahagia yang diungkap di moment yang tepat adalah cara terbaik untuk bahagia yang asyik.

Dalam kontesmu saya bisa berbahagia dengan cara saya dan bisa mengungkapkan kebahagiaan saya dengan riang.

29467992_1672827282797031_72969273330780766_n-01.jpeg

#bahagiaitusederhana dan bahagia di steemit adalah ketika kita bisa menghasilkan karya dan bermanfaat bagi steemian lainnya. Bahagia itu ada ketika saya temukan cara terasyik indahnya berbagi.

Perbedaan status pendidikan, status sosial dan kegemaran adalah bagiaan dari kebahagiaan yang dari bersteemit. Perbedaan yang ada bukan dijadikan sebagai upaya saling membangun permusuhan melainkan untuk memperkaya wawasan dan kreativitas.

Saya yang semula asyik dengan dunia pesantren, di steemit saya menemukan kebahagian. Menemukan wadah mengasah kreativitas sebab nyatanya steemian dari berbagai latar hobi telah memberi warna bagi proses kreativitas saya. Tak hanya mengakrabi dunia pesantren dan kitab kuning namun juga bisa mengenal dunia lain yang menarik.

Saya pun bisa mengenalkan kegemaran dan petualangan saya di dunia pesantren dan kitab kuning kepada steemian yang barangkali belum mengenal dunia tersebut. Ada take and give yang postif dari bersteemit ini.

Akhir kata terimakasih saya haturkan kepada @anggreklestari yang telah mengadakan kontes berharga ini, kontes ini bisa diikuti oleh steemian baik steemian Indonesia maupun manca negara karena nyatanya di kontes kedua ini @anggreklestari ingin membagi kebahagiaannya dengan riang dan bisa mengetahui cara steemian lain mengungkap kebahagiaan. Ini link kontesnya yang bisa dijadikan panduan, https://steemit.com/contest/@anggreklestari/the-contest-of-happiness-is-simple-2-immortalize-your-happiness-moment-in-a-post
DQmYFpEtFGvQQ3jZz1HrWzAuFDnd3FYz3objrivVUahB1iL.jpg
Junglorong, 26 April 2018
Ali Fahmi||@penasantri

Sort:  

Tiga komponen yang asyik dan menginspirasi

Tulisannya keren ini.. telah kami upvote ya.. (Ini bagian dari kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit berbahasa Indonesia.)

Terimakasih moga bermanfaat

Senang ini.. upvote dan resteem ke 6644 follower yah.. 😁 (Ini bagian dari kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit berbahasa Indonesia.)

Senangnya tuch, mampirla juga kepostingan saya @puncakbukit barangkali ada yang bermanfaat dan menginspirasi

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 65012.58
ETH 3101.28
USDT 1.00
SBD 3.86