SEC | S19W1: Designing lesson plans

in #bt19w1yesterday (edited)

S19W1

Designing lesson plans"
ASSALAMUALAIKUM

Halo sahabat steemian dimana pun anda berada, semoga anda semua baik-baik saja. Hari ini saya akan menulis yang berkaitan dengan tema Merancang Rencana Pelajaran.

Materi apa yang ingin Anda ajarkan kepada siswa atau anak Anda?

Kebetulan saya ini seorang guru yang mengajar Pelajaran Teknologi Infirmatika, saya juga merangkap sebagai seorang Operator Sekolah yang kegiatan sehari-hari di sekolah hanya berhadapan dengan Komputer. Saya sudah berkecimpungan di dunia Pendidikan mulai sejak tahun 2010 sampai sekarang.

20240308_100031.jpg
Mengajar Di Ruang Komputer

Pada pelajaran yang saya ajarkan ini hanya memicu kepada dasar-dasar komputer saja, yang berupa Microsoft Office seperti Ms. Word, Ms. Excell, Ms. Power Point, tentu saja dalam pembelajaran ini siswa belajar mengelola data secara langsung berhadapan dengan komputer. Pembelajaran ini saya ajarkan semua yang berkaitan dengan Ms.Office yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta Dunia Industri (Dudi).

Jelaskan bagaimana Anda akan merancang kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dalam materi pembelajaran?

Dunia pendidikan itu mempunyai beberapa peraturan yang harus di lakukan oleh seorang guru sebelum melakukan pembelajaran dalam proses mengajar, saya sebagai guru di wajibkan harus ada yang namanya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

A. Pembukaan

Untuk kegiatan pembuka tentu saja di awali oleh salam, serta dengan membaca doa belajar, selanjutnya menyapa semua siswa dengan menanyakan kabar mereka semuanya. Tidak lupa juga untuk melakukan absensi kehadiran mereka, untuk mengetahu siswa yang hadir beserta yang tidak hadir. Sebelum melakukan pembelajaran pada hari tersebut, saya juga mereview pembelaran yang sudah lewat.

B. Kegiatan Inti.

20240301_093850.jpg
Proses Belajar Mengajar Di Ruang Komputer

Pada kegiatan ini saya akan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan BAB yang berlangsung pada hari ini, tentu saja yang pertama saya lakukan dengan menjelas tujuan dari pembelajaran, kegunaan, manfaat dan faedahnya, serta saya menerangkan terlebih dahulu pembelajaran.

Selanjutnya siswa akan saya arahkan membuka komputer beserta dengan aplikasi Ms. Office dan memulai pembelajarannya dengan mempraktikkan secara langsung.

C. Kegiatan penutup.

Kegiatan penutup ini memicu kepada penilaian hasil pembelaran yang sudah berlangsung, tentu saja dengan memeriksa hasil praktikum dari setiap siswa. Selanjutkan kegiatan akan di akhiri dengan salam.

Metode apa yang akan Anda gunakan, jelaskan mengapa itu yang paling tepat?

20240503_092734.jpg
Siswa Yang Penuh Semangat

Bicara soal metode, saya suka menerapkan metode praktikum. Motede ini saya gunakan dengan mengurangi metode ceramah, saya menganggab metode praktikum ini lebih ke pemahaman langsung dengan menjalankan pemantapan pembelajaran. Praktikum ini selain mengingat juga bisa di lihat dan dirasakan manfaat oleh siswa, mereka tidak akan hanya menerka saja dan membayangkan apa yang saya katakan di depan, jadi mereka bisa langsung mengenali, apa yang saya ajarkan tanpa membayangkan apa yang saya katakan.

Alat dan media apa yang Anda butuhkan agar peserta didik dapat memahaminya dengan baik?

20240308_095056.jpg
Siswa Belajar Langsung Dengan Komputer

Untuk alat dan media ini, siswa tidak perlu menyiapkan sendiri segala keperluannya, karena semuanya sudah di sediakan oleh sekolah. Siswa tugasnya belajar saja di Laboratorium Komputer.

Untuk menunjang pembelajaran tentu saja membutuhkan alat, alat dalam pembelajaran ini saya gunakan seperti:

  • Komputer dan Infocus
  • Buku Pembelajaran

Selain media yang saya sebutkan di atas, saya juga menggunakan media dari internet berupa video, serta modul yang saya bagikan bagi semua siswa.

Demikian uraian saya pada hari ini, mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyusunan kata, yang kurang berkenan di hati para sahabat.

Saya turut mengundang @rissi @suryati1 @safridafatih

SUKSES SELALU UNTUK ANDA SEMUANYA

WASSALAM DAN TERIMAKASIH

@bahrol

ABOUT ME

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Your post has been upvoted in the steemexclusive tag. Subscribe our community for any post related to lifestyle.

Subscribe Steem For Lifestyle Community

Share your lifestyle activities in this community. Professional activity, skills, and creativity.

Loading...

Terimakasih sudah mengajak saya mengikuti kontes ini Pak🙏

Sama-sama buk.

Pelajaran yang paling di sukai oleh anak-anak, dan bila mereka telah tamat SMA nanti, mereka sudah bisa mengaplikasikan di dunia kerja, sukses terus pak bahrol

Aamiin, semoga benar-benar sukses. Sekolah saya ini khusus di kelas 1 saja yang ada pelajaran T. Informatika ini, jadi mereka harus benar-benar bisa selama 2 semester berlangsung.

image.png
CONGRATULATIONS!!

This post has been upvoted - Steem's Angels with @steemcurator09/ Curated by: @ruthjoe

Terimakasih saya ucapkan atas kehadiran anda dan beserta dukungannya pada postingan saya ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58679.35
ETH 3155.04
USDT 1.00
SBD 2.44