Harga Steem & SBD Rendah, Menabunglah!

in #blockchain6 years ago

image

Awwalu kalam, saya mengajak para Steemian sekalian untuk bercermin dari dua kejadian penting yang terjadi belasan tahun silam di Aceh Selatan. Harga pala saat itu naik tinggi, orang-orang seketika berpaling profesi. Hampir semua ke rimba, membuka lahan bertani pala. Termotivasi dengan kekayaan yang sudah didapatkan oleh petani-petani pala sebelumnya. Teriming-imingi harga di pasar sehingga (seakan-akan nantinya) bisa menjamin kehidupan mereka di masa depan.

Pala tumbuh lama, bisa dipanen bertahun setelah ditanam. Tak dinyana pelan-pelan harga pala di pasar lunglai. Semakin jatuh, semakin landai. Petani pala yang menanam ketika harga tinggi, baru bisa memanen ketika harganya tak lagi seberapa. Hari ini mereka tidak lagi berani terlalu menggantungkan harapan di kebun pala semata. Maka rata-rata dari mereka sekarang lebih memilih mengalihkan kembali pekerjaannya.

Kejadian tersebut terjadi juga di Steemit, ketika harga Steem dan SBD tinggi, Steemit mulai menjadi primadona. Terlirik dan mulailah banyak orang menggunakannya. Geloranya melambung tinggi, penuh gairah. Namun pelan-pelan harga di pasar melemah. Bahkan hampir tiarap di tanah. Para petani postingan yang mulai membuka lahan di Steemit pada saat harga mahal terbagi pula: ada yang aktif tapi jarang posting, ada yang masih rajin posting tanpa terlalu peduli harga, ada yang berpaling seperti seorang gadis yang kecewa sebab lelaki yang dipilihnya tidak seperti yang diharapkan semula.
image

Kejadian kedua di Aceh Selatan adalah pada musim murah cabai. Tidak ada petani yang peduli. Seorang lelaki putus asa, ayahnya Saiful, teman saya, membuka lahan untuk bertani cabai. Seminggu sebelum panen, tidak ada gejala baik sedikit pun di pasar. Tanpa harapan tinggi, beliau memanggil beberapa anak muda pengangguran untuk membantu memanen. Hari panen pertama, rumah kecilnya dipenuhi tumpukan besar cabai. Besoknya, harga di pasar melonjak. Sangat tinggi. Kehendak Allah memang tak bisa dijangkau dengan logika manusia lata ini.

Sebagai Steemian yang membuka lahan sebelum harga berada di titik tertinggi, saya memilih tidak begitu peduli. Menurut saya, urusan saya hanya posting dan terus seperti itu. Tetap bersemangat seperti dulu itu penting bagi saya. Saya anggap wallet itu tabungan. Saya harus menambah isinya meski hanya sejumlah tak seberapa besar.
image

Sebab harga pasar tak dapat diduga. Jika hari ini saya berhenti, tabungan saya di wallet tidak akan bertambah lagi. Sebaliknya jika tabungan saya bertambah, mana tahu harga suatu waktu melonjak, isi wallet saya sudah banyak tentu akan membuat saya sangat bahagia. Beberapa teman saya telah gugur, saya tidak. Steemit saya anggap ruang berkarya dan bekerja Tidak ada kata berhenti untuk keduanya.
image

Sort:  

Sangat setuju dengan ide ini bg, semoga semua steemian punya kesadaran yang sama dan tidak pernah berputus asa dalam berkarya. :)

Saling menyemengati di bulan berkah. Insya Allah berpahala. Yang penting jangan berputus asa.

Intinya adalah jangan berputus asa

Bek kendo abg panyang oek. Ikat ija kroeng. Ta meugolong kali nyoe!

Peristiwa seperti saat ini mengingatkan saya kembali pada masa awal bermain Steemit. Saat itu, saya masih sangat bersemangat membuat postingan meskipun harga sbd/steem ketika itu masih di sekitaran belasan ribu rupiah. Tidak pernah terbayang dalam benak saya bahwa harga sbd/steem akan melonjak drastis seperti saat akhir tahun lalu.

Mungkin, moment bahagia tersebut suatu saat akan kembali terulang. Dan saat ini lah kesempatan bagus bagi kita untuk menabung, sebelum kita akan bertemu kembali dengan moment tersebut.

Congratulations @gulistan! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on any badge to view your Board of Honor.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last announcement from @steemitboard!

Do you like SteemitBoard's project? Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 61875.79
ETH 3013.13
USDT 1.00
SBD 3.69