Cot Uleu Raja Timoh || Bukit Pelangi

in #aceh5 years ago

image

Foto "Cot Uleu Raja Timoh" ku beri judul sekaligus namanya, bukan E tapi EU mulut tak perlu dibuka lebar, biasa aja.. ! Dengan satu napas bacanya.

Terinspirasi dari lagu "Gank Tengkorak - Uleu Raja Timoh" ciptaan Zulfan Amroe and the genk, serta cerita rakyat yang berkembang dalam masyarakat Aceh.

Di akhir tahun 2015 silam tepatnya kamis, 3 desember 2015 sore hari sehabis hujan , moment ini ditangkap kamera handphone dengan resolusi seadanya, di sebuah bukit di kota Jantho, dekat dengan kantor bupati Aceh besar, iya...! pas di ujung turunan jalan sebelum tikungan, lanjut jalan.

Aku bersama teman se-angkatan ku di UKM Mapala Hukum Unsyiah, kala itu tengah berkendara motor hendak kembali ke lapangan tempat di mana kegiatan Diksar XVI UKM Mapala Hukum berlangsung, tepatnya di Gampoeng Bueng 'ya..!' kota Jantho juga masih Aceh Besar.

Aku dan temanku ini baru saja selesai berbelanja logistik di pasar, 'lagi - lagi...!' kota Jantho, kali ini kabupaten Aceh Besar, untuk kebutuhan beberapa hari kedepan dikarenakan telah menipisnya logistik panitia di lapangan, yang bila tidak sampai pada waktunya pasti mereka kelaparan, dan apabila kami iseng tidak kembali pasti mereka kelabakan, lalu kemasukan setan hutan (marah besar), dan akhirnya pingsan karena nggak makan. Becanda deng...

Jadi, nama teman ku itu Nailul Authar Hasri panjangnya... alias Ramong, begitu kami menyapanya. Ketika itu dalam perjalanan kembali, Ramong yang merangkap sebagai supir secara tiba - tiba menghentikan laju motor yang kami kendarai, padahal kami harus segera kembali ke tempat kegiatan, aku pun heran dan bertanya;

"Kenapa mong.. ? Mogok... ?".

"Cak ko liat ponk, keren li wak pelanginya...", sambil menggelengkan kepala dan menunjuk pelangi dengan jari tangannya.

"Jangan ko tunjuk pakek jari wak..., bengkok nantik jari ko tu", celutuk ku.

"Mana pulak bengkok, ada - ada aja ko...", spontan dia menoleh sekenanya karena terhalang helm.

"Oou...alah ko ni, macam orang nggak pernah liat pelangi aja ko, meu gampoeng that..! (Kampungan kali..!)", kataku.

"*Bah meu gampong keudeh...!, nyang peunteng 'kodak' ilee... *(biarin aja kampungan...!, yang penting 'foto' dulu...)", jawabnya.

image

"Omak... mong, keren juga ni aku pengen jugak lah sekali, hahahai...".

"*Eeeh... peugah gob meu gampoeng, atra kah meu gampong shit, alaah... hai gam! *(Eeeh... bilang orang kampungan, padahal situ kampungan juga, alaah... kau ini!)".

image

Kembali ke laptop, "Uleu Raja Timoh" atau pelangi di dalam dongeng, adalah salah satu cerita rakyat yang hidup dalam masyarakat Aceh menceritakan tentang keindahan pelangi yang kebanyakan kini orang Aceh sendiri terutama generasi muda kurang tahu akan hal itu (ini opini pribadi), yang kemudian diangkat menjadi sebuah lagu yang di peruntukkan untuk anak - anak atas dasar kegelisahan si pencipta lagu, karena kurangnya lagu - lagu yang layak untuk di dengar oleh "aneuk manyak tjut" zaman now.

Berikut lagu serta cuplikan video "Genk Tengkorak - Uleu Raja Timoh" :

Berdasarkan penjelasan cuplikan video yang di unggah untuk pertama kali pada tanggal 1 september 2015 oleh akun youtube Agus Fernanda @senja.jingga sekaligus merangkap sebagai penyanyi bersama @Iqbalubit dan Fuady Keulayu @fooart , serta Zulfan Amroe "Uleu Raja Timoh", menceritakan tentang ekor pelangi itu berada di gunung dan kepalanya berada di laut mencari makan.

"Duen...! Ijin putaa musik beuh...! (Bang...! Izin putar musik ya...!)". :D

Berikut lagu serta cuplikan terbaru video "Uleu Raja Timoh", :

Qiuuu...
Teurimong geunasah, wassalam.

Ponk.djonk

Sort:  

qyuuu.....
hajar

yayaya hopong mang keu kulet

Congratulations @mikramaulia! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @mikramaulia! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Brazil vs Belgium


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @mikramaulia! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Home stretch to the finals. Do not miss them!


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @mikramaulia! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @mikramaulia! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 1 year!

Click here to view your Board

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @mikramaulia! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.22
TRX 0.06
JST 0.029
BTC 23342.46
ETH 1661.88
USDT 1.00
SBD 2.74