Youtube Channel #2 - Perkembangan Taufik Al Mubarak Channel

in #youtube6 years ago (edited)

IMG_20180120_090302.jpg

Tanggal 23 Januari 2018, untuk pertama kalinya saya memposting video di channel Youtube baru: Taufik Al Mubarak Channel. Video yang saya unggah ketika itu adalah ekspresi kegembiraan para pemuda Vietnam menyambut kemenangan tim sepakbola U23 mereka atas Qatar. Ketika itu, saya dan dua orang teman (Riadi dan Nabil) lagi jalan-jalan berkeliling kota Ho Chi Minh. Kami berniat menyambangi War Remnants Museum untuk melihat-lihat benda peninggalan perang Vietnam. Di sepanjang warung makan yang kami lewati, para penonton sepakbola melalui layar televisi tak henti-hentinya bersorak-sorai, terutama tiap kali pemain timnas mereka menggiring bola ke arah gawang lawan.

Kami keluar dari museum perang itu ketika malam sudah gelap. Di jalan-jalan mulai dipadati para pemuda yang membawa bendera nasional mereka berupa bintang kuning berlatar merah itu. "Timnas mereka menang," kata Riadi, teman saya, yang mengetahui hasil pertandingan timnas U-23 antara Vietnam dan Qatar itu dari iPhone miliknya. Makin lama, makin banyak para muda-mudi berhamburan di jalan, ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda motor dan mobil bak terbuka. Para gadis berkulit putih mengecat wajah mereka dengan bintang kuning kecil.

Kebetulan hari itu, saya memakai baju warna merah yang bergambar palu arit; Riadi pakai baju dengan gambar bintang kuning, sementara Nabil hanya baju bergambar peta Vietnam. Klop. Di jalan, kami kerap disapa oleh orang Vietnam. Mungkin saja dianggap sebagai orang Vietnam juga. Soalnya, wajah kami bertiga memang mirip wajah orang Vietnam. Karena, semakin ramai orang yang berkonvoi di jalan, kami pun menyempatkan diri mengambil gambar (foto dan video). Tak ingin ketinggalan dengan orang-orang Vietnam, saya pun mengupload video orang-orang berkonvoi itu ke Channel Youtube. Itulah video pertama yang saya upload ke Channel Youtube baru, yang saya buat pada 15 Januari 2017.

Awalnya, saya berencana mengupload video-video traveling saya ke Vietnam (dan juga Cambodia) ke channel lama saya Taufik Al Mubarak. Channel itu rupanya duluan disuspend oleh Youtube, bahkan dua hari sebelum keberangkatan saya ke Kuala Lumpur. Padahal, channel itu sudah memiliki 1000 subscribers dengan lebih 1 juta viewers. Apa boleh buat, kita hanya numpang pada platform orang. Suka-suka mereka, kapan mau ditangguhkan (suspended) dan kapan mau dihidupkan lagi. Mereka yang buat aturan. Kita cuma pengguna.

Lalu, bagaimana perkembangan channel baru saya setelah dua bulan mengudara? Saya akui perkembangannya tidak begitu menggembirakan. Sudah ada 30 video yang saya upload, dengan jumlah viewers baru di kisaran seribuan. Sementara jumlah subscribers atau pelanggan cuma 70 orang saja. Kecewakah saya? Kata itu sudah lama saya coret dari kamus hidup saya. Namanya saja berusaha, pasti tidak pernah mudah dan instant.

Saya percaya dengan ungkapan yang sering diulang-ulang oleh pakar motivasi (dan kemudian menjadi klise), bahwa "usaha dan kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil." Saya akan terus fokus dan membangun channel youtube baru ini, sebagai salah satu investasi online.

Sort:  

Wah bereh bang, ka fokus upload video bak youtube lom?

Ka lon mulai lom...na video 120 boh ata di Kamboja dan Vietnam...bek rugoe. Sekalian takeubah keu arsip haha

Zaman now. So yg Kreatif dan inovatif akan menguasai pasar....😄

Setubuh... generasi milenial harus kreatif dan inovatif

Nyan ka mulai lom. Pokok jih beurata

Harus meunan lah...sayang that le stok video, bek hana meuho ba

Sigogo saho geu se.. Abeh geu pawang..hahaha

Nyoe mainan awai hai. Cuma ata awai ka di-suspend, nyoe tapeugot ata baro

Menarik ohya bagaimana cara memasukkan youtube ke steemit bagi tipsnya donk bang @acehpungo

Mudah kok, tinggal copy saja link video YouTube dan paste di halaman posting.

Bereh bg @acehpungo.
Teruslah berusaha dgn tekun setekun-tekunnya, insha Allah hasilnya akan berbuah manis.

Siap. Insya Allah akan tekun dan rajin plus hati-hati biar tidak kena suspend lagi

Subscribe 999,5 dan Viewer 9.999,5, ka ngop Lom. Tp ta meudoa, beu meuhasee lam rek sigo dr yt kali Nyoe. Aminn.

Payah takarat lom Oja, pue lom stok video ka jai that, hana suah re-uploader sare haha

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67421.43
ETH 3217.92
USDT 1.00
SBD 2.66