Alasan Dibalik Postingan Saya Yang Seringkali Menyinggung Tentang Kesehatan

in #writing6 years ago

image

Saya terlahir dengan berat badan yang sangat rendah sehingga sempat menyebabkan orang tua dan dokter yang menangani saya mengalami frustasi. Namun karena kehidupan kita Allah yang atur, Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk hidup sampai hari ini. Saya masih diberikan kesempatan untuk beribadah, belajar dan berkarya.

Mendengar cerita dari keluarga tentang fakta ketika saya dilahirkan, cukup membuat saya merasa sedih. Selain itu saya juga memiliki antibody yang ketahanan nya sedikit lemah. Saya seringkali mengalami sakit akibat kelelahan sehingga hal ini lah yang membuat saya jarang menghabiskan waktu diluar rumah seperti remaja lainnya.

Seperti sudah menjadi rutinitas bulanan, setiap dalam sebulan sekali saya pasti mengalami sakit, sekurang-kurangnya adalah sariawan. Tubuh saya membutuhkan kadar vitamin C lebih tinggi daripada tubuh orang normal. Saya juga harus mengkonsumsi air putih lebih daripada orang normal, hal ini membuat saya harus selalu mebawa air putih kemanapun saya pergi, termasuk ketika sedang proses pembelajaran dikelas. Saya merasa lemas,  meskipun sudah mengkonsumsi vitamin dan kaplet penambah darah. Hal ini membuat saya enggan untuk ikut organisasi yang kegiatannya melebihi batas kemampuan saya. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan lain saya harus rela pindah dari Universitas Syiah Kuala, ke Universitas Teuku Umar (selain karena ibu saya yang terkena penyakit kanker payudara).

Dari pengalaman saya yang harus selalu mengkonsumsi obat agar tetap bisa beraktivitas seperti orang normal, membuat saya ingin banyak mengetahui tentang fakta-fakta kesehatan baik secara medis maupun kepercayaan masyarakat. Cukup lama bergelut dengan dunia IPA juga membuat saya sedikit banyak mengerti tentang medis (meskipun pada akhirnya saya kuliah di jurusan sosial).

Karena saya memiliki sifat kepo yang luar biasa, saya selalu tertarik untuk membaca apapun itu yang menyangkut tentang kesehatan saya. Termasuk mencari tau arti dan manfaat nama obat yang tertulis pada kemasan. Selain itu, karena saya jarang beraktivitas diluar rumah, saya mencari kesibukan lain yang tidak menghabiskan banyak tenaga misalnya membaca.

Banyak membaca buku tentang medis dan jurnal-jurnal kesehatan membuat saya lebih banyak tau tentang kesehatan. Saya ingin berbagi kepada orang lain, sehingga yang membaca bisa mengambil manfaat. Itulah alasan mengapa tulisan saya seringkali menyinggung tentang kesehatan.

Apa yang kita tanam itulah yang kita tuai, semoga tulisan saya selalu bisa memberikan manfaat bagi orang lain, tidak hanya sebagai penghilang jenuh.

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 63701.36
ETH 3076.90
USDT 1.00
SBD 3.81