Selamat Ulang Tahun Bang @razack-pulo, Hanya Tulisan Sederhana Ini Yang Bisa Kuberikan.

in #writing6 years ago (edited)

image

Pada kesempatan kali ini, aku ingin bercerita tentang bang @razack-pulo. Teman-teman di steemit pasti tidak asing dengan namanya bukan? Yah, banyak para steemian yang menulis tentang beliau, tetapi hari ini aku tidak menulis tentang dia sebagai seorang steemian namun aku akan menulis banyak hal tentang dia dari sudut pandang yang lain, yaitu sebagai adiknya, adik kecilnya yang sering dipanggil Dek Nong.

Umur kami hanya berpaut 6 tahun, kami lahir di bulan yang sama hanya beda tanggal 4 hari. Aku memanggilnya Bang Dak. Sepanjang hal yang kuingat, aku tidak menghabiskan masa kecilku dengannya, dia tidak bermain denganku dan mengajakku jalan-jalan. Aku kembali memutar memoriku dan mencoba untuk mengingat sesuatu tetapi tidak kutemukan sesuatu yang berkesan kecuali dia membeliku sebuah tipe-x model terbaru ketika aku duduk di bangku kelas 3 SD. Waktu itu aku menangis minta dibelikan tipe-x sama Umi. Entah bagaimana ceritanya, yang jelas waktu itu aku berfikir dia yang membelikannya untukku. Aku senang sekali.

Waktu kami kecil, kami hampir tidak pernah bicara, bila ingin menyampaikan sesuatu sering aku meminta Umi menyampaikannya. Karena yang kutahu di rumah dia minim bicara, hanya bicara hal-hal penting saja. Aku menjadi begitu takut dan segan.Tetapi dalam diam aku mengaguminya dan menyukai hal-hal yang dilakukannya. Ketika aku SMP dia les bahasa Inggris dan aku ikutan minta les bahasa Inggris di tempat dia les sama umi, namun sayang aku tidak menyelesaikannya waktu itu. Sampai akhirnya kami berpisah, dia ke Banda Aceh dan pergi untuk kuliah di Fak. Kedokteran Unsyiah. Jarak antara kami semakin jauh.

Pada tahun 2004, aku pergi kuliah dan tinggal bersama dengan Bang Razak dan abangku satu lagi yang hanya berpaut usia satu tahun denganku. Pada awal-awal kuliah aku agak kesulitan beradaptasi di kampus. Aku tidak memiliki teman yang cocok untuk berbagi, apalagi tugas kuliah yang semakin menumpuk. Aku lumayan stress waktu itu butuh seseorang untuk curhat. Timbul ide untuk menulis surat pada Bang Razak, aku mengetiknya di komputer. Dan menyuruhnya membacanya.

Dia menjawab dengan surat yang diketik juga, sudah diprint dan diserahkan padaku. Dia mengatakan, kita tidak harus punya banyak teman akrab. Cukup satu atau dua orang saja. Intinya dia menjelaskan tentang definisi teman dan memberikan tips bagaimana caranya beradaptasi di tempat baru. Alhamdulillah aku tidak memiliki kendala apa pun lagi sampai aku tamat kuliah dan melanjutkan K3S (praktik di rumah sakit) untuk memperoleh gelar profesi.

Aku kembali stress karena aku dimarahi di depan umum oleh seorang kakak perawat. Aku memutuskan untuk berhenti sementara. Aku menelepon Bang Razak, untuk menanyakan pendapat. Dia memintaku jangan berhenti dan terus memberikan semangat. Akupun menyelesaikan praktik profesiku dan wisuda untuk ke dua kalinya.

Sampai saat ini kami masih minim bicara. Bila ada acara kumpul-kumpul keluarga, aku hanya mendengarkan dia berbicara dan jarang menanggapi, namun aku lebih nyaman berbicara dengannya lewat telepon. Aku sering curhat dengannya bila ada masalah. Masalahku rasanya lebih ringan dan cepat selesai bila sudah bercerita dengannya. Dia selalu siap membantu kapan pun kuperlukan. Aku begitu menyayanginya. Kami tidak pernah bertengkar, bahkan aku tidak pernah dimarahi olehnya.

Meskipun kami jarang berbicara bila berjumpa, namun uniknya, aku bisa bercerita banyak hal dengannya ketika kami berdua dalam mobil. Pernah dua kali aku pulang dari Banda Aceh menuju Bireuen dengannya. Aku bisa berbicara di sepanjang perjalanan. Dan dia menanggapi dengan sangat antusias. Aku bercerita mulai dari hal-hal yang penting sampai hal-hal unfaedah sama sekali. Itulah moment terbaikku bersamanya. Satu hal yang paling kuingat, dia pernah berkata, bahwa dalam hidup ini kita harus ada target. Sampai akhirnya dia mengenalkanku pada steemit. Hehe...

Begitulah secuil kisahku bersama bang @razack-pulo, dia adalah sosok pengganti Alm. Bapak kami, aku tidak tahu bagaimana kehidupanku tanpa dia. Saat-saat terberatku adalah di saat dia mengambil spesialis di Palembang, aku tidak pernah menghubunginya karena ku tak ingin mengganggu dirinya dengan masalah-masalahku, tapi Alhamdulillah dia sudah kembali lagi di antara kami semua. Biarlah kisah ini tercatat dalam lembar sejarah kehidupanku.

image

Dan hari ini adalah hari ulang tahun bang @razack-pulo, aku ingin mengucapkan :

Selamat ulang tahun Bang Dak, semoga panjang umur dan tambah sukses untuk ke depannya. Jangan pernah bosan mendengar curhatku ya... Dan hanya tulisan sederhana ini yang bisa kuberikan...

Sort:  

Terima kasih de nong @sittishabir, postingan ini adalah hadiah terindah.... 😍

Hehe akhirnya yang ulang tahun datang. Sama2 Bang Dak

Wah emg bakat nulis keknya tersalurkan jg oleh bg @razack-pulo ke kakak.
Salam kenal yah kak @sittishabir :)

Hehe... Aku menyukai banyak hal yang bang Razak lakukan termasuk menulis, walaupun tulisanku belum terasah dengan baik. Hehe. Salam kenal kembali @jamanfahmi

Mengesankan
Selamat ulang tahun dokter @razack-pulo

Entah knapa.. Terharu mmbaca surat sederhana penuh makna ini.. Happy bday ya abgnya kak siti, bg @razack-pulo.. Smoga mkin sukses dan berkah umurnya..

Iya dek, k2 pun terharu waktu menuliskan tulisan ini. Makasih ya atas kunjungannya.

Wah kebanyakan abg memang sprti itu ya kak. Tpi sllu dihati 😊
Barakkallahufi umrik abgnya kk @sittishabir pak dokter @razack-pulo, semoga senantiasa dalam lindungan Allah Swt. 🙏

Amiin... Yup, mungkin tulisan ini bisa jadi gambarannya...hehe... Makasih ya atas kunjungan dan komentarnya...

Iya sama2 kakak

Ternyata oh ternyata! Selamat ulang tahun untuk Bang Dak @razack-pulo semoga berkah setiap lini kehidupan yang dijalani😇

Amiiin... Makasih doanya untuk Bang Dak. 😄

Hubungan kakak dan adik tak tergantikan, selamat ulang tahun untuk abang sitti @razack-pulo...

Benar sekali kak @rikanurrizki. Makasih kak atas ucapannya...

Hehehe ceritanya mengesankan kak @sittishabir
Dan selamat ulang tahun buaT pak dokter @razack-pulo sekaligus abgnya kak sitti

Makasih dek atas ucapannya dan kunjungannya...

Selamat Ulang Tahun Untuk bang @razack-pulo
Semoga semakin Dewasa dalam Bersikap semakin Bijaksana dalam Berbuat,.
Yaa itulah Hakikat dan setiap Gerak atas nama seorang abang,. Kami peduli dengan semuanya,. Tetapi dengan berbagai cara yang kami lakukan dan dengan berbagai cara yang ingin kami arahkan, walaupun itu tiada nyata di depan adik-adik kami
Itulah hakikat seorang Abng.

Hehe... Yups, benar sekali, lain orang, lain cara dalam mengungkapkan rasa sayangnya. Yang jelas hubungan dalam keluarga takkan pernah tergantikan. Amiiin... Makasih doanya dan kunjungannya...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66620.20
ETH 3494.63
USDT 1.00
SBD 2.72