Kontes menulis : Mengapa saya bertahan di Steemit

in #writing6 years ago (edited)

image

Hai steemian hebat...

Di penghujung hari ini saya baru dapat informasi tentang kontes ini, meski tinggal beberapa jam lagi saya merasa harus ikut serta. Banyak hal yang rasanya ingin saya ungkapkan.

Bertahan di Steemit adalah sebuah hiburan tersendiri, media ini sangat berbeda dengan media sosial lain yang pernah saya kenal. Media ini membebaskan saya berkreasi, membebaskan saya menuangkan ide menulis.

klatschmohn-3430058__480.jpg
pixabay

Dunia menulis telah lama saya tinggalkan, sebuah hobi yang telah saya lupakan pada awalnya. Berkenalan dengan Steemit membuat saya lebih percaya diri untuk memulai kembali.

Tak bisa saya pungkiri reward adalah sesuatu yang juga membuat saya tertarik dengan media ini. Tetapi bagi saya menulis lebih dari sekedar mendapat reward. Menulis adalah obat hati bagi saya. Saya mencurahkan segala emosi disini.

Steemit dapat membantu seseorang merubah kesedihan pribadinya menjadi hal yang bermanfaat dan memotivasi orang lain. Hal buruk sekalipun dapat berubah menjadi hal positif di Steemit.

japanese-cherry-trees-324175__480.jpg
pixabay

Komunitas Steemit di Srikandi, KSI dan Discord sangat membantu saya, memberikan banyak pencerahan dan hal baru. Pada awalnya saya berjalan tertatih di Steemit tetapi mereka yang telah lebih dulu bergabung di komunitas dengan sangat ringan tangan membantu saya berdiri dan menerima kehadiran saya. Mereka yang sangat bersemangat membuat postingan yang berkualitas dan saya tak mau ketinggalan dengan mereka, saya juga memberi andil untuk dunia seperti mereka.

Saya bukanlah penulis profesional seperti beberapa teman di Steemit, saya hanya bermodalkan sedikit pengetahuan tentang menulis dari bangku sekolah dan Magister yang telah saya tempuh.

rose-3430964__480.jpg
pixabay

Di sini, ya di Steemit saya mulai menulis puisi, mendeskripsikan kata demi kata, membuka kembali ingatan saya tentang tehnik menulis dan kaidahnya. Bagi saya reward adalah hadiah, dan Steemit adalah anugerah dan jawaban dari penantian panjang saya akan solusi untuk obat hati.

Saya saat ini berada dalam kondisi kebosanan dengan rutinitas harian, menjadi perawat pelaksana membuat ruang gerak menulis menjadi terbatas, hanya sebatas membuat catatan keperawatan.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika saya berkesempatan bergabung sebagai pengajar di Fakultas Keperawatan, saya dapat menelurkan banyak karya disana.

klee-3424581__480.jpg
pixabay

Steemit membuat hidup saya lebih berwarna, saya dapat membagikan ilmu dan pengetahuan, pengalaman bahkan kejadian sehari - hari di sini. Saya dapat berkarya dalam diam dan terus menambah pundi - pundi reward di wallet.

Saya merasa tak ada kejadian yang sia - sia selama bergabung di Steemit, bahkan sebuah foto yang saya ambil bisa menjadi banyak arti jika saya bagikan di media ini dibandingkan bila hanya tersimpan rapi di galeri ponsel.

Saya menjadi pribadi yang lebih peka terhadap sekitar, menangkap momen berharga meski kecil sekalipun, dan berharap dapat menarik manfaat di sana dan kemudian membagikannya di Steemit. Misalnya hal kecil seperti foto senyuman buah hati saya, terlihat sepele memang, tetapi di Steemit foto itu menjadi hal besar melalui setiap untaian kata yang saya ketik di bawahnya.

magnolia-trees-556718__480.jpg
pixabay

Kisah hidup yang lama saya simpan sendiri dan tak saya ceritakan pada siapapun, dapat saya bagikan meski bukan dalam bentuk curhatan tetapi lebih bermaksud untuk memotivasi orang lain yang mungkin merasa hal yang sama dengan apa yang saya rasakan.

Saya memikirkan banyak hal positif selama bergabung di Steemit dan membuang energi negatif di Steemit dengan memikirkan sisi baik dari setiap peristiwa yang saya alami dengan membagikannya melalui tulisan.

liverwort-3159876__480.jpg
pixabay

Kehidupan pekerjaan yang menuntut saya terus untuk terjaga dan tidak lengah sedikitpun memberi tekanan tersendiri untuk saya. Tetapi Steemit akhirnya bisa menjadi penyeimbang kehidupan saya yang kaku. Bekerja di ICU jujur tidak mudah, menghadapi pasien yang kondisinya tak tentu, jadwal jaga yang padat, serta gesekan dalam tim kadang membuat pikiran lelah.

Di Steemit saya menemukan banyak hal indah, mulai dari pertemanan, informasi baru, tempat wisata, tips, bahkan motivasi hidup. Steemit juga yang mengenalkan saya sedikit demi sedikit dengan kehidupan dunia digital, meskipun dulu saya juga bergabung dengn media sosial lain, tetapi tetap saja steemit punya arti tersendiri bagi saya.

nature-3113318__480.jpg
pixabay

Steemit luar biasa bagi saya dan inilah mengapa saya berusaha agar bertahan di Steemit. Tulisan ini saya buat dalam rangka berpartisipasi dalam kontes yang diadakan oleh @rayfa yang bertemakan "Apa yang membuat kamu bertahan di Steemit". Jika sahabat ingin ikut serta silahkan klik link berikut ini : https://steemit.com/writing/@rayfa/kontes-menulis-apa-yang-membuat-kamu-bertahan-di-steemit-387baf75f1976.

Semoga bermanfaat, salam steemian hebat, sampai jumpa lagi.

daisy-712892__480.jpg
pixabay

Sort:  

Semangat terus menulisnya mbak, karena dengan menulislah kita bisa menuangkan apa yang kita rasakan, dan dapat dibaca dikemudian😁👍

Iya benar, kata pakar menulis adalah salah satu obat jiwa.😀

Bener mbak, teruslah menulis tulisan yang bermanfaat, agar menjadi ladang pahala juga untuk kita kedepannya. 😁

Menulis itu adalah suatu hobi atau bakat sesorang yang patut di beri penghargaan setinggi-tingginya.. Salam sukses kak @rikanurrizki. Semoga kakak selalu yang terdepan di antara yang lain.

Terima kasih atas supportnya, sukses juga untuk adek y 😇

Bagus banget kata-katanya menulislah terus kak 👍🏻👍🏻👍🏻

Terima kasih ya dek 😇

Keren kak Rika. Semangat terus menulisnya ya...

Terima kasih sitti

Bangus tulisan nya buk...
Tetap semangat ya👍👍
Sukses selalu buk🙏

Terima kasih supportnya ya. Sukses juga untuk @denysatika.

Harus terus semangat kak, makin bagus aja tulisan kak Rika.

Terima kasih supportnya, semangat juga untuk irma ya 😇

so inspired kak 🌹.. teruslah menulis dan menulis, never give up!

Terima kasih mita 😀

Terima kasih atas partisipasinya

Senang dapat ikut serta, terima kasih kembali telah hadir di postingan ini. 😍

Salam kenal kak @rikanurrizki
Postingan bunda @rayfa tentang pemenang kontes nya membawa saya kemari😊

Selamat ya sudah menang .
Semangat terus menulis nya.
Tulisannya bagus sekali 😊

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67167.55
ETH 2610.59
USDT 1.00
SBD 2.67