Punya masalah dengan MENULIS?!

in #writing6 years ago (edited)

Anda merasa punya masalah dengan MENULIS ?

Tentu Anda tidak sendiri, karena saya bersamamu hehe



Menulis sebenarnya bukan hal yang sulit bagi saya. Saya juga sering mengaku bahwa menulis adalah hobi saya. Jelaslah, menulis bukan hanya tentang tulisan rapi dan bermakna kan? (contohnya saja tulisan ini)

Namun, saat memulai menulis selalu saja saya kesulitan. Entah menentukan tema, bentuk tulisan hingga bagian-bagian yang ingin saya tuliskan. Mengikuti seminar tentang menulis? Bukan hal menarik bagi saya, rasa-rasanya semua pemateri menyampaikan hal yang monoton (sombong ya). Mungkin juga karena saya mengikuti seminar abal-abal atau memang saya saja yang banyak tak mengerti tentang dunia kepenulisan. Bukan tanpa usaha, saya mencoba berbagai hal untuk memacu diri untuk terus menulis. Daaan... meski belum seutuhnya berhasil, saya bisa jamin akan ada sesuatu yang berubah dalam diri terkait tulis-menulis. Kamu mau mencoba, berikut beberapa yang saya lakukan :

1. Buku harian

Buku harian dengan sampul kain tenun khas Sulawesi, karya anak bangsa

Belajar menulis dengan media buku harian adalah hal paling efektif untuk melatih konsistensitas kita dalam menulis. Walaupun cerita yang dituliskan adalah cerita-cerita pribadi, cenderung tak penting dan kadang sulit dipublikasikan. Rutinitas menulis buku harian akan terus mengasah kemampuanmu menulis dan menemukan ide-ide baru dalam memulai bercerita. Coba deh ingat-ingat cerita menarik apa yang ter jadi hari ini dan tuliskan di buku harianmu! Selain sarana latihan, buku harian ini juga jadi tolak ukur perkembangan kemampuan menulismu nantinya.

2. Foto dan gambar

Cek instagram @nourica43

Jika kamu punya koleksi foto atau gambar-gambar yang dapat membantu dalam proses awal menentukan susunan abjad yang akan kamu tuliskan. Hal ini akan sangat baik bagi kita yang sulit menemukan ide awal tentang sesuatu yang ingin kita tulis. Minimal kita pasti akan mulai dengan sesuatu yang berhubungan dengan foto atau gambar tersebut kan?

3. Media sosial

Di dunia kekinian dimana sesuatu yang maya lebih nyata dari yang tampak sekalipun, media sosial merupakan hal yang harusnya dimiliki setiap orang. Meng-upload cerita disertai foto maupun tidak, jadi hal yang biasa dilakukan bahkan oleh orang yang tak sering berbicara dalam perkumpulan. Manfaatkan media sosial kamu untuk menuliskan hal-hal bermakna yang snagat ingin kamu tulis. Dan publikasinya akan sangat membantu perkembangan menulis kamu, terlebih dengan berbagai komentar netizen dan jumlah like-nya.

4. Akun steemit

Bukan endorse yaaa. Saya mengenal steemit dari seorang teman yang dengan penuh semangat menjelaskan tentang steemit dan segala sesuatunya. Setelahnya saya mencoba membuat akun steemit dan tentu saja dengan tertatih mencoba mengisi lembar demi lembaran ini. 


Begitulah bentuk usaha yang sampai saat ini masih dan akan terus saya lakukan. Kedepannya juga mungkin akan menambahkan beberapa bentuk usaha lainnya. Apapun, yang terpenting adalah "terus-menerus". Semoga saja sharing ini bisa menjadi pengingat terbaik bagi saya dan sesuatu yang bermanfaat bagi beberapa lainnya. Terimakasih untuk teman-teman yang menginspirasi Kak @ammyozon, Kak @yellsaints24 dan @nitajuniartirks

Keep learning, keep writing!


Coin Marketplace

STEEM 0.33
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66407.27
ETH 3219.07
USDT 1.00
SBD 4.34