Tip Mengatasi Belenggu Ekonomi Yang Sempit karena keterbatasan Modal

in #writing6 years ago

Menanam Terong Ungu

Iswandi Usman

Dikisahkan cara bertani dengan modal seadanya dan cara sebisanya. terong.jpg

Tanaman terong merupakan tanaman musim kemarau. Artinya, tanaman terong tahan panas dengan keadaan tanah yang kering dan berbatu. Tanaman terong sangat mudah dibudidaya, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Selain mudah. Perawatan tanaman terongpun tidak sulit, dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Tanaman terong akan berbuah 35-38 hari setelah tanam. Setekah tanaman terong mulai berbuah dan kita mulai memanen yang pertama, maka kita dapat memanennya untuk yang selanjutnya itu antara 3-4 hari setelah panen pertama. Setiap kali usai memanen, kita hanya butuh menyemprotnya dengan perangsang dengan sedikit campuran pestisida untuk mengusir hama ulat dan belalalng yang memakan daunnya, serta hama lain yang mengganggu bunga. Untuk Semprot perangsang saya biasanya menggunakan perangsang murah saja dan mencampur sedikit ajinomoto ke dalam tangki semprot yang berguna untuk mempercepat perangsangan bunga. Ketika saya bertani terong ungu pada masa itu. Harga jual terong ungu perkilonya mencapai 6000 IDR. Tapi saya tidak banyak menanamnya, hanya berkisar 500 batang. Namun, hasilnya cukup buat jajan dan biaya dapur, dan sisanya bisa saya tabung. Rata-rata penghasilan saya dari penjualan terong tanaman saya itu berkisar 200kg per panen. Nah. Selamat mencoba. Semoga keterbatasan biaya untuk memulai usaha tidak menjadi belenggu yang kian membuat kita terpuruk dan terjerembab kemiskinan. Punay modal 200 IDR anda sudah bisa memulai usaha untuk menpadi2.jpggatasi belenggu ekonomi yang semakin sempit begini. Beli bibit 25000 IDR / bungkus untuk merek Bintang Asia. mudahkan. uang sisa 17500 IDR itukan bisa buat beli kopi saat bekerja dilahan. Jika anda mulai menanam terong ungu tanggal 26 Maret 2018, maka Mei 2018 anda sudah menikmati hasilnya. Jangan lupa berdoa dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Memulai usaha dengan modal besar anak kecilpun bisa. Merakit usaha dari nol modal itu, siapa yang bisa? Melakukan satu hal yang bermanfaat jauh lebih baik daripada melakukan banyak hal yang tidak bermanfaat.

Salam Kreative

Sort:  

Makasih atas infonya. Terong, sayuran yg enak di buat menu apa aja.. saya paling suka terong sambal terasi. Terong juga banyak mengandung vitamin A yg cocok untuk kesehatan mata. Memang kalau lagi musim panas begini cocok di tanami terong. @monalisa mampir di post saya ya.. bantu upvote juga😁 makasih..

Terimakasih kembali nurmidirman atas kunjungannya. jangan lupa upvotenya juga saya akan mengunjungi posmu juga. Kita harus membudidayakan kebersamaan dan kekompakan untuk meraih sukses. bukankah begitu?

Ya..kita harus saling membantu biar lebih maju. Saya sudah upvote monalisa..

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60025.27
ETH 2417.33
USDT 1.00
SBD 2.42