Seandainya Semua Pemimpin Seperti Umar Bin Abdul Aziz

in #writing6 years ago

fantasy-782001_1280.jpgsumber

Apakah diantara kita ada yang tidak mengenal sosok Khalifah Umar bin Abdul Aziz?

Umar bin Abdul Aziz adalah seorang pemimpin yang melagenda dari kalangan umat islam. Beliau memimpin Bani Umayyah dari tahun 717 sampai 720 M. Keadilannya, kebijaksannya, dan pro terhadap rakyat tentu membuat semua hati penasaran ingin mengenal lebih dalam tentangnya.

Fathimah binti Abdil Malik (istri khalifah Umar bin Abdul Aziz) pernah berkata “sesungguhnya Umar bin Abdul Aziz rahimahullah telah menyerahkan jiwa dan raga untuk rakyatnya. Dia selalu mendudukan seluruh harinya untuk mereka. Jika ia tiba di waktu sore, sementara masih ada beberapa hajat yang harus ia selesaikan, maka ia pun melanjutkannya hingga malam hari. Bila malam semakin larut, dan seluruh hajat rakyatnya telah selesai, ia pun meminta lampu yang dinyalakan dari hartanya sendiri. Kemudian dia mengerjakan shalat dua rakaat. Setelah itu, ia pun duduk terpekur sembari meletakkan kepala di tangannya. Hingga dia menetes air mata membasahi kedua pipinya, sambil terisak-isak. Dia menghabiskan malamnya dalam kondisi seperti itu, hingga fajar menjelang. Kemudian dia melanjutkan waktu pagi dengan berpuasa.”

Aku pun mendekatinya sambil berkata: “Wahai Amirul Mukminin, barangkali ada sesuatu yang terjadi kemarin, ada apa denganmu?”

chess-1483735_1280.jpgsumber

Dia pun menjawab: “memang betul (telah terjadi sesuatu kemarin), namun biarlah aku dengan urusanku, dan selesaikan urusanmu.”

Maka beliau berkata: Baiklah, jika demikian aku akan memberitahukan kepadamu. Sesungguhnya aku memperhatikan diriku sendiri, ternyata ku temukan diriku telah di beri beban mengurus urusan umat ini; yang kecil maupun yang besar; yang berkulit hitam maupun yang coklat. Lalu aku teringat akan orang asing yang tersesat, orang faqir yang membutuhkan, tawanan yang hilang, dan orang-orang yang seperti mereka yang ada di seluruh penjuru negeri dan di penghujung bumi. Maka ketika itu, aku pun sadar bahwa Allah pasti akan menanyaiku tentang mereka, dan bahwa nabi Muhammad Saw akan membawa hujjah (yang memberatkanku) tentang mereka. Sehingga aku merasa takut jika aku tidak mempunyai alasan dan jawaban di hadapan Allah. Aku khawatir Rasulullah saw tidak akan membelaku dengan satu hujjah pun. Yah, maka aku menakutkan diriku sendiri dengan ketakutan yang membuat mataku menangis dan hatiku gemetar. Dan aku... Setiap kali aku mengingatkan, aku pun semakin gemetar. Dan kini aku telah menceritakannya padamu wahai Fatimah! Maka ambillah pelajaran darinya atau biarkanlah dia berlalu begitu saja.” (sirah Umar ibn Abdil Aziz hal. 46 dan manaqib Umar Ibn Abdil Aziz hal.248-249).

bangkok-1807480_1280.jpgsumber

Duhai, alangkah indahnya bila semua pemimpin itu seperti Umar bin Abdul Aziz terutama di Aceh kita tercinta ini. Dengan demikian, Tentu tidak akan ada kemiskinan yang seperti sekarang.

Untuk indonesia Raya , ya Allah kami mengharapkan di Pemilihan Umum 2019 bisa mendapatkan pemimpin seperti beliau, setidaknya yang hampir menyerupai beliau, karena yang seperti itupun kami tidak punya.

IMG-20180718-WA0016.jpg
IMG-20180712-WA0015.jpg

Sort:  

Congratulations @boy801! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Halo @boy801, postinganmu semakin bagus! Garuda telah memberi penghargaan dengan voting 100 %. Gunakan tag indonesia dan garudakita untuk memudahkan Garuda menemukan tulisanmu.Tetap menghadirkan konten kreatif ya, Steem On!

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63162.99
ETH 2567.19
USDT 1.00
SBD 2.82