Simple inspiratif #6 | Hari Ini

in #writing6 years ago

IMG-20180302-WA0005.jpg

Hari ini saya melakukan hal yang selama ini jarang saya lakukan yaitu membaca buku. Tiba-tiba saya tertarik untuk membaca sebuah buku yang berjudul Petunjuk Hidup Tentram Dan Bahagia yang di tulis oleh Dale Carnegie Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1995.

IMG_20180302_103739.jpg

Buku ini bercerita tentang inspirasi hidup manusia. Oleh karena itu saya ingin menyampaikan sedikit kutipan dari buku ini kepada anda mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Kadang-kadang pikiran kita kacau dan berantakan apabila memikirkan hari esok atau masa depan sehingga hidup kita tidak merasa bahagia.

Kutipan singkat ini menjelaskan tentang bagaimana menjalani hidup sehari-hari sehingga hidup kita bisa selalu bahagia. Dari hari ini sekitar lima puluh delapan tahun yang silam almarhum Sibyl F. Partidge membuat sebuah program harian, yakni berpikir secara konstruktif dan menggembirakan. Program ini di beri judul "Hari ini".

HARI INI

  1. Hari ini saya bertekad berbahagia. Abraham Lincoln berkata " Kebanyakan orang berbahagia bila dia menghendaki bahagia dalam pikirannya". Kebahagiaan berasal dari dalam, dari manusia itu sendiri, dan bukan dari luar.

  2. Hari ini saya ingin menyesuaikan diri dengan kenyataan yang ada dan tidak menuruti kemauan saya seenaknya sendiri. Saya akan menyesuaikan diri dengan keluarga saya, pekerjaan saya, serta nasib saya.

  3. Hari ini saya mau memelihara badan saya sebaik-baiknya. Saya akan merawatnya, menjaganya, mengembangkannya dan tidak menyalahgunakan dan melalaikannya, sehingga badan saya menjadi mesin yang sempurna untuk membahagiakan hidup saya.

  4. Hari ini saya mau memperkuat pikiran saya. Saya akan mempelajari sesuatu yang berguna. Saya tidak akan berjiwa lemah. Saya akan membaca sesuatu yang menuntut usaha, pikiran dan konsentrasi.

  5. Hari ini saya mau melatih jiwa dengan tiga cara. Saya akan berbuat baik terhadap orang lain dan tidak berprasangka buruk serta mencari kekurangan-kekurangan mereka.

  6. Hari ini saya mau bersikap wajar. Saya akan bersikap wajar apa adanya. Saya akan berdandan sepantas mungkin dan serapi-rapinya. Saya akan berbicara pelan, bersikap sopan dan berbicara rendah hati. Saya tidak akan mengkritik atau mencari-cari kesalahan orang lain dan tidak akan mengatur dan memperbaiki orang lain.

  7. Hari ini saya mau berusaha hidup untuk hari ini saja. Saya tidak akan menangani dan menyelesaikan semua persoalan hidup sekaligus. Hal-hal yang dapat saya selesaikan selama waktu dua belas jam ini akan saya bereskan semua, sebab kalau saya biarkan terus akibatnya akan mengerikan sekali.

  8. Hari ini saya membuat rencana. Apa-apa yang akan saya kerjakan tiap jamnya saya tulis di atas kertas. Saya tidak akan mengikuti rencana tersebut persis seperti yang telah tertulis, tapi pokoknya saya memiliki rencana tersebut. Dengan rencana ini ada dua hal yang saya hindarkan, yakni terburu-buru dan kebimbangan.

  9. Hari ini saya mau meluangkan waktu barang setengah jam untuk beristirahat dan santai. Dalam waktu setengah jam tersebut saya antara lain memikirkan tentang Tuhan, untuk mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai hidup saya.

  10. Hari ini saya tidak mau merasa takut, terutama tidak mau takut untuk berbahagia, untuk menikmati yang indah, untuk mencintai, dan menyakini bahwa yang saya cintai juga mencintai saya.

Berpikir dan bertindaklah dengan sukacita, sebab dengan demikian anda merasa riang dan gembira.

Semoga kutipan singkat ini bisa bermanfaat untukkita semua dan dengan ini kita bisa menjalani hidup dengan teratur dan selalu merasa bahagia setiap hari.

salam sukses

@bosjel

IMG_20180212_221556-02.jpeg

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65762.16
ETH 3485.95
USDT 1.00
SBD 2.50