Too Good To Be True

in #writing7 years ago

Hai sahabat steemit sekalian, apa kabarnya ni?? Semoga selalu sehat walafiat..
Oke, sebelum kita masuk dalam pembahasan, mari kita sama-sama nonton video berikut, sebuah lagu yang sangat melegenda menurutku, paling tidak kalian pasti tahu reffnya..

saya sedang membayangkan teman-teman yang nyanyi inggris tapi Cuma ingat ujung-ujungnya aja, kan ada yang model begitu tu.. hehe.. oke, nonton sampai habis ya..

Nah, asik kan?? Lagu tadi berjudul Can't Take My Eyes Off You. yang pertama kali menyanyikannya adalah Frankie Valli. Lagu ini berada di antara lagu hit Valli terbesar, mencapai #2 di Billboard Hot 100 dan mendapatkan sertifikat emas. Itu hit terbesar Valli saat "solo" sampai dilewati "My Eyes Adored You" #1 pada tahun 1975.[1] Lagu ini telah memiliki dampak budaya yang besar, dengan ratusan versi daur ulang, banyak yang telah di tangga lagu sendiri di berbagai negara. Lagu ini adalah pokok dari televisi dan film soundtrack, bahkan tampil menjadi sebagai bagian dari plot dari beberapa film, seperti ketika karakter utama menyanyi atau mengatur versi mereka sendiri dari lagu tersebut. Versi Valli juga digunakan oleh NASA sebagai lagu wake-up untuk misi Pesawat luar angkasa, pada hari ulang tahun astronot Christopher Ferguson. Itu bukan saya yang bilang yaa,.. tapi Wikipedia yang bilang..

Dan lagu tadi sudah di aransemen beberapa kali oleh penyanyi lain, tapi yang ke-kini-an dan asyik menurut saya saat lagu ini dinyanyikan kembali dengan apik oleh walk off the earth (feat Sue). Teman-teman sudah dengar bukan, lagunya menjadi terdengar sangat orisinil tanpa efek elektro, dan elegan ditambah suara cewek yang begitu seksi, dan diselingi dengan beatbox yang cukup menghentak. Oke cukup, bukan itu yang saya ingin bahas.

Yang saya ingin bahas adalah salah satu lirik dari lagu ini sangat popular, dan saya baru tau sekarang. Tapi tak pa lah, sapa tau masih ada teman-teman yang belum tau potongan lirik dari lagu ini yang menjadi sebuah metafor yang cukup terkenal. Sebelumnya, mari kita perhatikan dengan seksama lirik lagunya..

You're just too good to be true
Kau terlalu indah tuk jadi kenyataan
Can't take my eyes off of you
Tak bisa kuberhenti memandangmu
You'd be like heaven to touch
Kau seperti surga yang ingin kusentuh
I wanna hold you so much
Aku sangat ingin mendekapmu
At long last love has arrived
Akhirnya cinta tlah datang
I thank God I'm alive
Syukurku pada Tuhan, aku masih hidup
You're just too good to be true
Kau terlalu indah tuk jadi kenyataan
Can't take my eyes off of you
Tak bisa kuberhenti memandangmu
Mau tau lirik lagunya secara utuh? Klik disini

Jadi kira-kira lagu diatas menceritakan tentang seorang pria yang sangat terpesona dengan seorang gadis, saking terpesonanya sang pria, dia menggambarkan tentang gadis tersebut seperti sesuatu yang begitu indah, sesuatu yang belum pernah dia lihat sebelumnya, yang apabila dia melihatnya maka seolah-olah dia tak mampu berhenti memandangnya, namun si pria juga sadar "kalau itu hanyalah gambaran perasaannya saja, yang bisa saja ketika dia mengetahui aslinya tidaklah sama seperti yang dia bayangkan". Gimana??? Paham??? (ya kira-kira begitulah)


sumber

Menurut saya, bahasa sederhananya begini “sebuah kebenaran yang dibuat terlalu dilebih-lebihkan” alias “bohong”. Jadi kalau PHP (pemberi harapan palsu) untuk jaman sekarang itu agak-agak mirip lah dengan too good to be true.
Nah, dalam perkembangannya, too good to be true ini sudah menjadi sebuah jargon, atau sebuah sindiran untuk mengklaim sebuah perbuatan ataupun perkataan yang kelihatannya normal, tetapi sesungguhnya dibalik itu semua adalah kebohongan.

Misalnya ni, seorang pria datang kepada wanita dan mendekatinya dengan agresif, di awali berkenalan, lalu dia kirim kata-kata romantic, dia kirim hadiah-hadiah indah, dia menaruh perhatian yang begitu besarnya kepada si wanita, lalu mengajak kencan, dan bla bla bla.. namun si wanita juga sadar, kalau rangkaian kegiatan yang dibuat si pria ini termasuk “that is too good to be true” / Terlalu benar untuk jadi kebenaran. Artinya si wanita juga paham kalau tidak semua omongan pria tadi benar, malah banyak bohongnya.


Sumber

Misalnya lagi ni, seorang raja berkata kepada rakyatnya “wahai rakyatku, pilihlah aku lagi, aku akan menjamin kehidupan kalian aman dan damai, aku bisa memastikan takkan ada seorangpun dari kalian akan kelaparan, aku juga memastikan tidak akan ada darah tertumpah selama aku memimpin negeri ini.” Lalu rakyatnya sambil tersenyum dan melambaikan tangan kepada sang raja, dia berkata : “engkaulah raja yang paling agung di muka bumi ini”. Namun dalam hati rakyat juga tahu, kalau semua omongan raja tadi adalah “too good to be true” alias “bohong”. Namun rakyat tersenyum mungkin karna tidak punya pilihan lain selain mengikuti kehendak sang raja.


sumber

Misalnya lagi ni, iklan sebuah produk. Diantara tema-tema bohong yang lain, ini yang menurut saya “paling parah”. Pasti para teman-teman sekalian tahu dong maksud saya. Sudah tau kan iklan rokok sekarang lebay parah. Ada yang bermoto rise and shine, ada yang my great my adventure, ada yang fine cut fine taste. Tak perlu lah rasanya saya sampaikan semuanya disini, teman-teman pasti sudah tau. Iklan yang berusaha menggambarkan produk rokoknya adalah yang terbaik di antara yang lain. Karna tujuan itu, maka jadilah sebuah iklan yang menurut saya makin “gak jelas”. Tapi yang jelas para penonton dirumah juga sudah tahu kalau apa yang sedang dia lihat adalah tidak seperti kelihatannya, kalau bahasa sederhananya “iklan tersebut bohong”, mana ada yang merokok sampai terbang-terbang gitu. Jadi iklan yang termasuk dalam kategori ini juga termasuk “too good to be true”. Berikut Contoh iklan rokok yang gak nyambung.

nah, saya kira teman-teman sekalian sudah paham apa itu “too good to be true”. Nah dalam kasus yang katanya ke-kini-an, kita di platform steemit.com sekarang ini termasuk korban “too good to be true” gak??.. naah, hayoo ngaku.. gimana perasaan kalian sekarang ini tentang steemit??


klik

Secara sebelumnya, kita juga sama-sama tahu dengan "semangat 45" kita kampanye kan steemit ini. Tentunya dengan motif yang berbagai macam, ada yang karna memang hoby menulis, ada yang karna ikut-ikutan, bahkan ada yang bermotif financial. Kita berharap reward yang dijanjikan oleh platform yang luarbiasa ini, yaitu sebuah mata uang virtual dunia maya. Saya sendiri masih sangat dangkal pemahaman tentang steemit ini.

Nah, untuk saya pribadi juga tidak menginginkan yang aneh-aneh di steemit. cuma yaaa gitulah... sapa tau kan bisa jalan-jalan di akhir tahun, bisa punya banyak teman baru walau gak kopi darat, bisa mau berusaha nulis yang bagus gitu. pokoknya banyaklah... oke, walau pembahasan ditulisan ini agak melebar kemana-mana, tapi itulah yang sedang ada di kepala saya..

Padahal kita juga tau, kalau criptocurancy itu sebuah benda, bahkan menurut saya lebih tepatnya sebuah mimpi yang divisualisasikan dalam bentuk angka berharga di dinding akun kita. Nah, tapi yang membuat saya lebih heran lagi ternyata sudah ada juga diantara para member yang sudah lebih dulu bergabung di steeemit mendapatkan reward yang dikonversikan ke mata uang di internet, setelah melalui beberapa "proses penyulingan" barulah bisa mendapatkan hasilnya, yaitu beberapa lembar rupiah. Artinya tuduhan yang mengatakan “steemit is too good to be true”, sudah terbantahkan.

Tentu dengan segala kelebihannya, platform steemit ini sangat menjanjikan bagi pengguna internet yang sudah bosan dan lelah dengan aplikasi online yang cuma hanya bisa posting, suka, berbagi dan seterusnya dan seterusnya. namun pada dasarnya setiap konsumen itu ada "titik jenuh" terhadap apapun produk yang dikonsumsinya. Nah, saya melihat Steemit menawarkan ini. Yaitu dimana para pengguna bisa berinteraksi seperti suka, berbagi dan lainnya tapi "dihargai" oleh steemit. Saya melihat semangat menggebu dari para pengguna baru di steemit ini, sehingga para pengguna juga mungkin sudah lupa akan hal-hal yang utama bagi para newbie ini. yaitu seperti yang dikatakan oleh para qurator "jangan mengharapkan uang", "jangan Plagiat", "posting lah sebagus-bagusnya" dan banyak lagi hal lain yang mulai dilupakan oleh para "anak baru" di steemit ini.

Setelah saya melihat kondisi terkini, saya merasa seperti para pengguna baru di steemit ini sudah mulai melemah dari segi kondisi psikis. Penyebabnya bisa berbagai macam,Seperti misalnya upvote yang kurang, padahal nulisnya udah 2 hari 2 malam, terus kita sering upvote tapi kok gak pernah di vote balik, terus capek mention-mention para senior tapi koq kayak terabaikan gitu, trus lagi dari komitmen pertama saling vote setelah dibuat grup WA tapi koq satupun gak ada respon. dan bla bla bla..

hahahahaha.... hellooooo.... sekarang saya mau teman-teman lihat gambar ini.

Itu gambar setelah saya screenshot dari salah satu paus di steemit, nama akunnya @sweetsssj, coba lihat yang saya lingkar (upvote sebanyak 401 kali, di balas 4 kali, namun lihat berapa yang dia dapat?? cuma 5, sekian dolar bro).. nah, jadi jangan teman-teman sekalian merasa "pilu" gitu ya klo dapat upvote banyak tapi cuma 0, 0, 0,.. santai aja bro. itu si @sweetsssj tahun lalu pasti kecewa sekali dengan hasil yang didapat.. bayangin aja, 401 vote bro.. ckckckck

Pun saya juga sadar, ternyata setelah bermain-main di steemit ini selama 2 bulan, saya tersadar betapa jelek metode tulisan saya. bahkan susunan perkalimat yang rancu, terlalu banyak pengulangan kata, gambar yang asal caplok, bahkan gambar yang buram, pokoknya banyaklah kekurangannya. jika dibandingkan dengan para paus di steemit maka tulisan saya sangat jaaaauuuhh sekali dari kata bagus.

Namun kita juga sadar, tidak mudah untuk mendapatkan upvote yang full dari para follower kita di steemit. terlalu banyak variabel yang mempengaruhi untuk sebuah upvote. entah itu faktor tulisannya yang bagus, atau penulisannya yang bagus, atau gambar yang bagus, atau waktu yang tepat, atau follower yang konsisten, atau nasibmu saja yang lagi bagus.

Jadi buat teman-teman yang dari awal sudah yakin kalau steemit ini tidak termasuk dalam katagori "Too Good To Be True", lanjutkan, dan berusahalah... dan siapa yang sudah mulai jiper dan ingin mundur teratur, yaa silahkan juga.. steemit ini dipikir-pikir buang-buang waktu juga lho... hahahaha...

oke.. sampai jumpa di postingan selanjutnya..

salam hangat, @bonbons

Sort:  

Sepertinya abang pernah larut dalam lautan luka dalam nih, ckckckck. Ini kisah nyata banget, biasanya dialami oleh orang* yang bergengsi tinggi. Sehingga menimbulkan imajinasi yang luar biasa untuk mendapatkan tulisan sebagus ini.
This is very good bro. Im like it.

Hahahha... Imaginasi boleh,.. Tapi kalo luka dalam trus gengsi tinggi?? 🙌🙌🙌

Terlalu panjang dan lebar yang mau awak komentari di tulisan ini...
Sebelum awak komentari tentang materi pokok dari pada isi tulisan, hal pertama awak ingin ajak uwak @bonbons ngopi dulu malam ini.
Kayaknya udah 8 hari gak keluar buat ngopi...
Nanti di korsi panjang pengapit meja sambil memajukan gerak langkah kuda yang disiusul peluncur untuk scak match, sambil menyeruput kopi awak akan berikan komentar tentang isi tulisan uwak...

Gak ada lawan, apa maen??? Hahaha.... Yanbg yang saya heran, koq bisa 8 hr gt ya?? Apakah ada makna tersembunyi di balik angka 8??? Biasa aja brooo.... 😁😁😂😂😂

Ok, aku mau komen panjang juga tentang tulisan nih. Tapi, ku jadiin pe-er aja, ntar ku kumpol pas kita ngopi lagi

Jangan jun, karna kayaknya Banyak kali udah pe-er @jun.imaginer... 😁😁😁

Sebetulnya kalau dari konteks lagu ini, maksud Too Good to be True tak persis sama dengan PeHaPe. Soalnya, tujuan sang pelantun adalah merayu. Kita belum tau, dia bakal bikin kecewa si cewek atau nggak. Aku sepakat dengan pilihan daur ulang lagu ini versi Walk off the Earth ft. Selah Sue. Suara cewek Belgia itu macam menukik dalam waktu narik suara di bagian reff. Enak kali rasanya.
Sekedar berbagi info, situs songfacts.com layak dikunjungi untuk menambah bahan saat hendak menceritakan lagu.

Waduh, baru tau ada situs itu bg @sangdiyus... Makin nambah lagi referensinya ni buat nulis.. Terima kasih bg atas tanggapannya... Jujur tulisan ini terinspirasi dari jargon yang saya baru tau... Too god to be true... Oiya, untuk postingan selanjutnya ditunggu kritik dan sarannya bg...

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54339.14
ETH 2284.19
USDT 1.00
SBD 2.33