Malaka - (Real) antara hubungan sosial dan keadilan publik

in #writing6 years ago


Image Source

Melihat perkembangan steemit hari ini sangat luar biasa dan saya sebagai pemula menjadi bangga berada di platform yang hebat ini, banyak pengguna media sosial lain yang memilih menetap disini untuk menjadi hebat sebagai penulis blog, sebagai photografer, sebagai youtuber, maupun puisi.
Pada bulan pertama mereka sangat antusias dalam menulis artikel berbentuk pengenalan diri sebagai pemula dengan menggunakan hastag #introducemyself, dengan mengenalkan nama lengkap, tanggal lahir, pekerjaan, bahkan ada yang menceritakan perjalanan mereka sampai berada disini, di platform Steemit yang hebat ini.
mereka juga tidak lupa menyebutkan nama nama orang yang mereka anggap sudah mempunyai banyak pengalaman sebagai stemians, dalam bahasa kerennya disebut dengan kurator.
bulan selanjutnya mereka kebanyakan mengeluh daripada membuat postingan dikarenakan beberapa sebab yang sulit dijelaskan, dan sebagian dari mereka memilih berhenti untuk menjadi steemian yang hanya mendapatkan nasehat bohong dari para senior.

Dalam hal menjadi stemian sejati saya kerap bertanya kepada beberapa orang yang sudah lama di steemit, petanyaan saya mengacu kepada reward yang akan didapatkan, pertanyaan saya juga kerap mendapat jawaban yang tidak memuaskan dari segi perbuatan, mereka hanya bisa prospek dan teori kepada pemula dengan bahasa seolah mereka mempunyai Steem Power yang tinggi alias pelit upvote, saya malu melihat anak aceh mengemis upvote kepada orang yang sebangsa dan setanah air, nyatanya tidak pernah mendapatkan upvote setelah dengan bersusah payah mengatur bahasa pujian kepada kurator, bahasa aceh nya EK Kalieh yang didapatkan oleh para penyanjung yang baru meniti karir disteemit, terjemahan dengan upvote tidak pernah mereka realisasikan kepada semua pemula yang berada di Aceh yang sudah bersusah payah dan bersungguh sungguh mengerjakan sebuah postingan sampai mereka meninggalkan pekerjaan pokok lainnya.
Ada beberapa hal yang membuat saya heran, padahal ini adalah Steemit sebuah platform hebat yang pernah saya temui.

  • Kejanggalan

Sebagaimana yang kita tahu bahwa apabila kita membuat sebuah postingan hebat maka kita akan mendapatkan reward yang memadai dari stemian lain, tetapi keanehan mulai terjadi setelah adanya istilah Kurator untuk sebuah daerah atau tempat atau pun untuk sebuah hastag #tag, sebelumnya saya meminta maaf atas tulisan ini namun inilah alasan yang membuat saya selalu berpikir untuk kepentingan bersama, saya mewakili para pemula lainnya untuk menanyakan kejanggalan ini dalam sebuah postingan #menantifajar.

  1. Siapakah kurator #Indonesia...???
    Sebagaimana yang sudah kita tau bahwa mbak @mariskalubis mempunyai skill bahasa yang hebat dalam membuat postingan, dia patut menjadi kurator untuk sebuah tag #Indonesia dan dia juga kerap menyambut pemula steemit dengan antusias dalam bentuk sebuah semangat bagi pemula, itu adalah sesuatu yang hebat, suatu saat kelak dia akan menjadi kurator, saya yakin.

  2. Siapakah kurator #Aceh...???
    @leycore dan @aiqabrago adalah orang Aceh, menurut yang saya ketahui mereka adalah sodara sekandung yang beruntung dalam steemit, namun mereka memilih untuk memberikan reward kepada orang yang mempunyai hubungan sosial saja, saya merasa kecewa ketika melihat postingan anak Aceh yang banyak menyebutkan nama mereka berdua tetapi tidak pernah mendapatkan penghargaan dalam bentuk upvote dari mereka berdua, saya tau keterbatasan voting power yang dimiliki oleh kurator, namun bila mereka tidak pandai mengatur upvote maka kurator gagal adalah kurator seperti mereka.
    Saya kira masih banyak yang bagus untuk menjadi kurator dalam segi mendidik dan segi bahasanya sebagai kurator aceh seperti :

  3. @teukumukhlis

  4. @binjeeclick

  5. @jumaidafajar

  6. @abunagaya

  7. @abduhawab

  8. @rooneey

Dan masih banyak lagi yang tidak saya sebutkan karena saya lupa nama akunnya apa, Setelah saya melihat postingan mereka saya terkesan dan banyak mendapatkan inspirasi dari postingannya, bagi pemula, baiknya anda mengikuti orang orang hebat khususnya anak Aceh mandiri yang mempunyai skill murni.

Ini adalah sebuah bahasa emosional yang mewakili stemian pemula Aceh, ini adalah kritik membangun bukan menjatuhkan, ambillah sisi positive nya, jangan ambil sisi negative nya.


Image Source

Setelah saya bertanya kesana kemari dan mempelajari beberapa postingan lokal dan interlokal bahwa tag tidak menentukan upvote, yang menentukan upvote adalah komunitas dan persahabatan dan banyak mengemis meminta belas kasihan dari orang hebat.
Yang membuat ivent pun jarang memberikan upvote kepada pesertanya, padahal mereka tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, hanya membuat voting power mereka berkurang.

tetapi itu adalah hak mereka, dan hak saya adalah memberikan masukan, apabila ini termasuk masukan kasar, maka maklumilah karena saya seorang pemula yang masih miskin kata kata sopan.

Semoga ini dapat membuka pikiran bagi orang lain, dan membuahkan solusi bagi pemula lainnya, biarkan saya menjadi korban cacian mereka asalkan perubahan dapat terjadi lebih baik lagi kedepan untuk pmemberikan penghormatan bari orang baru di atas bumi Steemit.
Bila ada kekurangan dan kesalahan yang dianggap fatal maka berikanlah masukan kepada saya baik itu kritikan pedas atau pun bahasa yang membuat saya bisa bangun lebih baik lagi disini.
Sekian Salam @azuari.

Sort:  

welcome to steemit,
Get to know how to earn more on your posts and get more followers.
Make new friends and interact.
We can share our thoughts.
In the steemit school, we have ultimate contest challenges where you get to win and make investments.

You need support from a community to grow and earn easily on steemit.
I recommend one for you.
Meet over 3k + steemians.

Steemit is a business, we will teach you how to succeed

join the steemit school on discord https://discord.gg/pqWrzBn

okay thanks a lot, I will be there to gather together more.

Congratulations @azuari! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You got a First Reply

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @azuari! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 1 year!

Click here to view your Board

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @azuari! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 69947.15
ETH 3908.93
USDT 1.00
SBD 3.71