You are viewing a single comment's thread from:

RE: Menulis di Platform Steemit Haruskah Panjang?

in #write6 years ago

Saya suka nulis yang panjang, gimana ya? Haha.
Semua itu kembali pada minat masing-masing. Saya pribadi, senang menulis panjang kalau tulisan itu merupakan opini berbentuk analisa. Karena kalau pendek, akan dangkal jadinya.
Akan tetapi kalau untuk tulisan ringan, paling tidak 500 katalah. Tulisan ringan hanya mengandung informasi atau pesan. Bukan kajian. Saya sih fleksibel saja. Dulu pas masih jadi blogger pemula, di awal-awal perkuliahan, saya juga hobi menuliskan hal-hal ringan dan pendek.
Namun sejalan waktu, gaya penulisan berubah. Tingkat pendidikan dan status (agaknya) jadi pertimbangan untuk menuliskan opini atau hasil kajian.
Saya ga khawatir tulisan saya ga dibaca orang, atau kurang diminati. Pegang prinsip pak KBA aja, setiap tulisan pasti punya kelompok pembacanya. Kita nikmati saja apa yang kita tulis selama itu adalah passion dan bermanfaat bagi orang lain. :)

Sort:  

Iya sih kak, disini saya hanya mengatakan bagi mereka yg berpikiran harus menulis panjang2. Alangkah baiknya mmng panjang, penuh makna dri pd tulisan tsb. Namun kalau pun gak pnjang ya tidak jdi masalah. Selagi itu bermanfaat. Hee...iya kak, saya ada baca tulisan pak KBA tntang itu. Terimaksih kak sudah memberikan pendapat dlm postingan ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 58211.91
ETH 2476.26
USDT 1.00
SBD 2.38