Apakah layak menjadi bijak..?

in #wise7 years ago

Saya baru saja membaca esai ini yang berjudul 'Apakah layak menjadi bijak?' dan aku sangat menyukainya. Saya mendorong Anda untuk melakukan hal yang sama seperti yang saya pikir penulis menyentuh beberapa aspek penting dari perbedaan antara menjadi bijak dan cerdas. Namun, saya tidak setuju dengan perbedaan penulis antara keduanya dan jawaban saya mendapat sedikit lebih lama dari yang saya harapkan, jadi saya memutuskan untuk posting di sini.

image

Pertama-tama tidak disebutkan di manapun dalam esai bahwa tujuan bersama dari keduanya cerdas dan bijak adalah dapat bertindak dalam situasi yang tidak diketahui. Apakah kita berbicara tentang situasi yang diketahui, kemampuan untuk bertindak benar-benar hanya tentang berapa banyak pengalaman yang telah dikumpulkan dan seberapa besar pengetahuan yang dapat diambil dari pengalaman. Dengan mengekstrak pengetahuan dari pengalaman, saya hanya bermaksud belajar bagaimana bertindak pada saat situasi yang sama terjadi.

Baik orang bijak dan cerdas harus mengekstrak pengetahuan dari pengalaman mereka, namun menurut saya bedanya adalah bagaimana mereka menggunakan pengetahuan.

###Kebijaksanaan
Saya melihat kebijaksanaan sebagai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dengan tepat ke situasi yang tidak diketahui. Untuk melihat apa yang umum dan apa yang berbeda antara situasi saat ini dan apa yang telah dialami di masa lalu. Bertindak kemudian didasarkan pada heuristik bagaimana menyesuaikan perilaku yang bekerja di masa lalu dengan situasi baru ini.

###Intelijen
Padahal intelijen lebih menurut saya tentang kemampuan untuk menghasilkan kemungkinan bagaimana bertindak, untuk memprediksi efek apa yang akan dilakukan tindakan tersebut, dan mencari secara efisien meskipun alternatifnya, yang mencakup hanya mengevaluasi yang relevan dan memperluasnya lebih jauh sambil mengabaikan yang tidak relevan.

Tentu saja yang saya jelaskan di sini hanya penyederhanaan, karena tidak ada dua situasi yang identik, jadi setiap orang harus bijak sampai tingkat tertentu dan orang bijak biasanya mempertimbangkan lebih banyak alternatif. Tapi saya harap Anda mengerti maksud saya.

Saya penasaran untuk melihat apa pendapat Anda tentang esai dan jawaban saya terhadapnya.

####Terima kasih sudah membaca!

@hr1

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58478.70
ETH 3158.37
USDT 1.00
SBD 2.43