Rahasia Agar Bisa Travelling Gratis

in #travelling7 years ago (edited)

IMG_7614.JPG

Hai hai Steemian’s...

Wah, tahun baru sudah berapa hari ya? Tiga, empat atau lima? Hehe...
Tak terasa, seolah baru saja malam kemarin kita mendengar letupan mercon dimana-dimana. Bahkan saya sampai tak bisa tidur karena dentuman suara mercon itu seperti bunyi AK-47 yang pernah saya dengar saat awal-awal tahun 2000-an. Saat dimana daerah Aceh (tempat lahir saya) sedang bergejolak konflik antara militer dan separatis. Tapi itu dulu, kini alhamdulillah sudah aman dan semakin membaik.

Hmm, tulisan kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang rahasia agar bisa travelling gratis nih. Ada yang suka travelling nggak? Hampir tidak ada orang yang tidak suka pekerjaan yang satu ini, jalan-jalan. Yap, pekerjaan mungkin boleh disebut pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia. Oya mengapa saya menyebutnya pekerjaan ya? Selain menjadi hobi, travelling atau keliling ke berbagai tempat atau lokasi bahkan dunia ini juga merupakan bagian dari pekerjaan. Misalnya pekerjaan menjadi jurnalis yang meliput ke banyak daerah. Baik meliput tentang suatu adat dan budaya maupun berbagai destinasi wisata di daerah tersebut. Nah, saya juga pernah nih ke beberapa lokasi dalam rangka liputan. Nanti, edisi yang lain saya akan ceritakan pengalaman saya meliput di sejumlah daerah.

Kita kembali lagi ke jalan-jalan. Ini merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Hanya saja, tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah; ingat ya TIDAK DENGAN MUDAH bukan berarti tidak bisa. Karena apa, tentu saja dianggap membutuhkan biaya yang cukup besar. Memang benar sih, kalau menggunakan uang sendiri mah biayanya cukup tinggi. Buat Stemians yang tidak memiliki dana cukup seperti saya, (mungkin) terbilang mustahil untuk travelling.

But, dont worry. Sekarang ada banyak cara bagi para stemian bisa mewujudkan keinginannya untuk travelling. Meski tidak memiliki dana yang cukup, cara yang paling mudah agar bisa travelling adalah dengan cara banyak-banyak ikut lomba. Lomba apa saja terutama lomba yang hadiahnya jalan-jalan atau dibawa ke suatu tempat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di lokasi tersebut. Ada banyak loh, salah satunya yang pernah saya lihat itu adalah lomba menulis yang hadiahnya perjalanan ke Sumba (lumayankan bisa merasakan Susah Sinyal, hehe), adalagi hadiahnya ke NTT, Papua, Bali, dan lain-lain. Adalagi lomba foto yang hadiahnya jalan-jalan ke berbagai macam tempat di Indonesia dan luar negeri. Wah asik banget ya.

Tahun 2016 lalu, saya mengikuti lomba dan mendapat penghargaan karya jurnalistik terbaik tentang anak katagori Special Mention; Safety on Children dari Unicef dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia. Waahh,, hadiahnya apa? Selain mendapat uang tunai jutaan rupiah, kemudian voucher belanja di situs online, Agustus 2017 lalu saya bersama para pemenang katagori lain juga mendapat kesempatan jalan-jalan ke Sorong dan Raja Ampat, Papua Barat.

IMG_7668.JPG

Bagi saya, momen ini benar-benar tak mungkin bisa saya lupakan. Bagaimana tidak, saya terlahir dari keluarga biasa-biasa saja. Saat kuliah dulu hanya bisa menulis beberapa catatan keinginan jalan-jalan keliling Indonesia. Buanyak banget yang saya tulis. Right, I think it's an impossible and crazy desire. Tapi saya tidak menyangka satu persatu my dreams comes true. Salah satunya itu tadi; selain mendapat piagam, hadiah, tulisan saya juga dibukukan bersama puluhan nominator lainnya, saya juga memperoleh hadiah travelling. Liputan di Sorong, Papua Barat kemudian menikmati Land of Paradise Raja Ampat. Saya menikmatinya selama satu minggu. All free.

Yeay, jadi tunggu apalagi teman-teman. Kalau tidak punya cukup uang sendiri, mari berburu berbagai macam lomba. Siapa tahu beruntung. Saat masih menjadi pesepak bola profesional dulu, pelatih saya bilang gini; (kebetulan posisi saya sebagai striker) jika mendapati bola tendang saja ke gawang, sepuluh kali tendang satu diantaranya pasti mendekati gol. Ternyata dari 10 kali percobaan, saya bisa mencetak dua gol.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba, sebanyak-banyak mungkin. Oya, bocoran lagi nih, selain mengikuti berbagai kompetisi, cara yang juga mendukung agar bisa travelling gratis adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan training dan pertukaran-pertukaran pemuda. Mari berjuang!!!

Sort:  

selalu berjuang kita kan Na. jangan lupa share cerita travellingnya Nana yang gratis-gratis itu. hehe @azharulhusna

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64785.95
ETH 3471.44
USDT 1.00
SBD 2.51