Pramugari Wajib Berhijab Untuk Rute Penerbangan Banda Aceh

in #travel6 years ago (edited)

Sumber Foto: Rakyat Aceh

Haloo, Selamat malam steemians! Hari ini saya harus kembali ke medan juang untuk kembali menimba keterampilan dan pengalaman (tamong sikula lom) setelah sebelumnya libur panjang selama dua pekan, sepekan di akhir tahun dan sepekan di awal tahun. Senin kembali datang, sayapun harus kembali kemperaduan.

Saya berangkat dari Kopelma Darussaalam menuju Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) di antar oleh teman-teman dari racana unsyiah. Waktu sedang tidak bersahabat, saya agak terlambat tiba ke SIM.

Begitu tiba sudah panggilan terakhir untuk bording. Saya tidak sempat memuseumkan keadaan untuk sekedar wefi maupun cipika-cipiki. Atau sekedar mengucapkan jutaan terima kasih.


Berhijab

Pemandangan hari ini agak sedikit berbeda di dalam kabin pesawat batik Air rute Banda Aceh-Jakarta. Di dalam kabin saya melihat banyak mawa-mawa berkerudung merah berdiri cantik tebar senyum penuh pesona.

Jika di pandang dari kejauhan, tampilannya seperti mawa-mawa. Bahkan saya sempat mengira mereka adalah petugas avsec bandara SIM yang sedang membantu awak kabin. Namun ternyata perkiraan saya meleset, mereka ternyata pramugari.


Style cara penggunaan kerudung memang terlihat belum modis, hanya sebatas mensawak saja. Hampir mirip seperti gaya pakai kerudung teman-teman SMA saya saat 7 tahun yang lalu. Sedikit culun kalau di nostalgiakan kembali.

Bisa jadi ini merupakan kebijakan baru dari manajemen batik air yang mulai menerapkan penggunaan hijab bagi pramugari perempuan (muslim) untuk rute penerbangan Banda Aceh.

Sebelumnya, pada Senin (25 Desember 2017) saya kembali ke Aceh dengan pesawat Batik Air, Namun saat itu, tidak terlihat para awak kabin yang menggunakan hijab. Ketimbang penasaran saya memberanikan diri untuk bertanya saja.

“Ada aturan baru mbak ya soal penggunaan hijab” ? tanya saya saat pada salah satu pramugari.

“Iya mas, ada kebijakan baru sama pihak bupati kalau ke Banda Aceh harus pakai hijab,” Jawab pramugari.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pramugari tersebut, ternyata tidak hanya maskapai Batik Air dan keluarganya Lion Grup yang menerapkan kebijakan ini. Maskapai lain yang menjadikan Aceh sebagai wilayah bisnis juga menjalankan ‘kewajibannya untuk menutup aurat’. Terutama untuk rute Bandara SIM, yang lain mungkin juga sama.

Sebelum mengakhiri perbincangan, kakak pramugari melihat gelagat saya yang mencurigakan dan bertanya “ada apa emang mas ?”. Saya @muhammad.azkia hanya menjawab dengan menunjukkan jari jempol sambil mengucapkan “nyan cap, bereh, bereh, bereh”.

Sort:  

Bek tuwo neu Upvote balik ke akun @teukumuhas.
Hehe

Ka bereh, siap that nyan rakan @teukumuhas.
Nyo $ hana can sagai, hana peningkatan.

Welcome Azkia.

Informasi yang menarik. Ban teupeu lon awak pramugari ka ditem sok hijab ketika landing di Aceh. Seugohlom jih yg lon teupeu awak citilink ketika landing di Banda langsung mengganti rok mini nya dengan rok panjang dan langsung mengenakan hijab.

Tapi apa jadinya bila awak lion air sok hijab dengan rok teuplah trok bak kiing.. hehehe
Semoga lion air juga segera menyusul.

Thank you brother @jamsphonna ka ne piyoh bak akun long.

Iya bang, menurut informasi dari pramugari di pegah karena na kebijakan baro dari bupati yang mengharuskan pramugari mandum maskapai agar berjilbab menyo terbang ke Aceh, menansit saat terbang keluar dari SIM. Tapi long kalon wate trok CGK na sit 2 ladies yang berpakaian seperti sebelumnya, mungkin nyan non muslim.

"sok hijab dengon rok teuplah bak keing" nyan mungken tamsil jih lage ureng sok baje baro, tapi leuwe bekah thong....ahahha..tapi minimal ka jitem sawak ule jih dile..

Alhamdulillah... semoga kedepannya ga cuman di Aceh aja ya diwajibkan, tapi di seluruh indonesia yang beragama muslim para pramugarinya harus wajib pake hijab :D

Paling tidak Aceh menjadi referensi rule model bagi pemangku kebijakan transportasi udara dalam mengambil keputusan soal penggunaan hijab bagi pramugari, terutama bagi pramugari yang beragama islam.

Beres banget tu. Cuma sejak kapan ya? Soalnya akhir tahun saya jemput kkq liat pramugari masih rok kebelah sepaha 😅

Saya kemarin senin (08/01/2018) kebetulan terbang dengan pesawat yang pramugari sudah berhijab. Mungken kebijakan penggunaan hijab itu kado untuk tahun 2018. hahha, jangan liat roh kebelah, nanti gagal fokus 🤠

baru tahu nih... sejak kapan?

Iya kak @mariska.lubis, kata salah satu pramugari maskapai Batik Air, kebijakan pengguna hijab mulai berlaku sejak awal tahun 2018 bagi semua maskapai yang ke Aceh. Btw, saya tadi rencana ingin hadir di kegiatan pertemuan KSI chapter Jabotabek dengan KSI chapter Bandung, chapternya kakak. Itu kesempatan saya untuk belajar steemit langsung dari sesepuh, sebab informasi dari bang @amuchtar kak @mariska.lubis hadir disana. Sayangnya saya @muhammad.azkia belum beruntung, uda lama muter-muter di parung bareng uber, alamat lokasi (padepokan persilatan cingkir) gak berhasil muncul di google map driver.

Dapat info dari bang @akbarrafs (pendamping sy di film "rumah online"). Besok ke Aceh kah kak ?..

Mantap jiwa, terima kasih rakan @joelkhairy sudah singgah. #SI.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 65137.70
ETH 3198.14
USDT 1.00
SBD 3.87