Travel #2 : I Miss U, Aceh! - Saya Rindu Aceh! (Eng-Ina)

in #travel4 years ago

lampuuk.jpg
My favorite place to spend my own imagination, Lamphuuk. Tempat favorit saya untuk menikmati imajinasi, Lamphuuk.

It has been a few years I did not step my foot on one of the paradise in Indonesia, Aceh. I feel so sad, I do really miss Aceh. I miss all the beauty, coffee, foods, cultures, history, and especially the people. For me, Aceh is important, Aceh is always in my heart and mind.

Sudah cukup lama saya tidak lagi menginjakkkan kaki ke salah satu surga di Indonesia, yaitu Aceh. Saya sedih, saya sangat rindu Aceh. Saya merindukan semua kecantikannya, kopinya, makanannya, budaya dan sejarahnya, apalagi orang-orangnya. Bagi saya, Aceh itu sangat penting, Aceh selalu ada di dalam hati dan pikiran.

run @lampuuk.jpg

It seems there are still a lot of people who afraid to come and visit Aceh. The image of Aceh as a "fanatic and tough" region is alarming tourists and for sure it is very uncomfortable. Especially with the news about war, criminals, and some laws such as caning law, have made people from the outside tend to reluctant about Aceh. Indeed it is all about preceptions, but for me, Aceh is actually very nice and comfortable to visit.

Nampaknya masih banyak orang yang takut untuk datang ke Aceh. Bayangan bahwa Aceh sebagai daerah yang terlalu fanatik dan keras, membuat turis menjadi takut dan merasa tidak nyaman. Apalagi bila terus ada di berita soal perang, kejahatan, dan hukum yang begitu khusus seperti hukum rajam, membuat orang dari luar Aceh cenderung tidak mau memprioritaskan Aceh sebagai tujuan wisata. Bagi saya, semua itu hanya soal persepsi saja, nyatanya Aceh sangat indah dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Each time I got back from Aceh or ask others to visit Aceh, my friends will get excited with my story. They agree with all the beauty about Aceh. But, they keep asking me about security and the people. They even asked me about my dress and habits, they know I do not wear veil or hijab while it is a must in Aceh for moslem women. I keep telling them that I am fine with the way I normally dress up, all the rules and regulations are only for citizen of Aceh, not for tourist like me. Besides, I do not have to manipulate myself and Aceh by pretending to be similar like them, Acehness respects diversity and quiet tolerant. It is much better to be ourself and respect Aceh by being honest to enjoy all the beauty about Aceh and respect Aceh.

Setiap habis pulang dari Aceh atau mau ke Aceh, teman-teman dan keluarga pasti sangat tertarik dengan cerita saya tentang Aceh. Mereka semua setuju dan yakin akan keindahan Aceh. Namun, mereka tetap saja khawatir soal keamanan dan masyarakat Acehnya sendiri. Mereka bahkan menanyakan soal bagaimana saya berpakaian dan berperilaku, mereka tahu saya tidak mengenakan kerudung atau hijab seperti yang diwajibkan dikenakan oleh perempuan Aceh. Saya selalu bilang bahwa saya hiasa saja seperti biasanya, semua aturan itu berlaku hanya untuk warga Aceh saja. Lagipula, saya mau menikmati Aceh dengan menghargai Aceh, tidak mau saya pura-pura hormat lalu berdusta dan menjadi munafik dan mengubah penampilan, selama ini yang saya tahu, Aceh sangat toleran dan menghargai perbedaan. Lebih baik menjadi diri sendiri saja untuk bisa menikmati dan menghormati Aceh.

IMG-20140725-00314.jpg
Hand written Alquran made in 16th Century in Aceh. Alquran yang diulis tangan dibuat abad 15 di Aceh.

A few years ago, I deliberately took my pictures in Aceh. One of young talented photografer from Aceh, "Roket" alias Indra Syech, helped me with this. He took some pictures of me while I was visiting Aceh, meet my friends and GenK, important people of Aceh, and my feeling about Aceh. I want to show everybody outside Aceh how beautiful Aceh and nothing to worry. Aceh is a place to visit, have fun and learn a lot.

Beberapa tahun lalu, saya sengaha mengambil foto saya sendiri di Aceh. Seorang fotografer muda berbakat bernama "Roket" alias Indra Syech membantu saya untuk hal ini. Dia yang mengambil foto saya ketika berada di Aceh, bertemu dengan kawan-kawan dan genK, orang-orang penting di Aceh, dan juga perasaan saya tentang Aceh. Saya ingin menunjukkan semua yang di luar Aceh bagaimana keindahan Aceh dan tidak ada yang perlu dikhawarirkan. Aceh adalah tempat untuk dikunjungi, bersenang-senand dan sekaligus belajar banyak.

IMG-20140725-00316.jpg
One of the most handsome man in Aceh, vice governor. Salah satunpria paling ganteng di Aceh, tahu ya!

I am glad there are so many Steemian from Aceh today, even the largest amount of Steemian in Indonesia. They keep on sharing about Aceh from different point of views. I hope, it will help a lot for others to see Aceh the way I see it. I am not from Aceh, but I am happy to promote Aceh everywhere and anytime.

Saya senang sekarang banyak Steemian dari Aceh, bahkan terbanyak di Indonesia. Mereka semua terus berbagi tentang Aceh dari berbagai sudut pandang. Saya harap hal ini bisa membantu orang si kuar Aceh bisa melihat Aceh sebagaimana saya melihatnya. Saya bukan dari Aceh, dengan senang hati saya pun mempromosikan Aceh di mana-mana.

M.jpg
I miss Aceh! Saya rindu Aceh!

The worst is, I miss Aceh! So much! I want to go to Aceh, soon! I can't wait to have sanger coffee and tymphan, swimming and diving, and especially to meet Aceh Steemian family in Aceh. I love you, Aceh!

Yang menyebalkannya, saya rindu Aceh! Banget! Saya ingin segera terbang ke sana. Saya tidak sabar lagi ingin minum sanger dan makan tymphan, berenang dan menyelam, dan terutama lagi berjumpa dengan keluarga besar Steemian Aceh. Saya mencintaimu wahai Aceh!

Bandung, 10 Oktober 2017

Regards - Salam hangat,

Mariska Lubis

Pict : All taken by "Roket" alias Indra Syech
Foto: Semua karya "Roket" alias Indra Syech

Sort:  

Ayoo kakak.. ditunggu, sekalian kita ke negeri di atas awan, tempat semua kopi2 nikmat itu berasal, kami steemian aceh utara, lhokseumawe, bireun dan aceh tengah siap menemani kakak ngupi :)

Asyik, sambil merajut bersama ya @rayfa...

Hehehehe... ayo.. mari

Ayo kakak..saya dan raisa akan ajak kakak jalan2 nikmati Dataran Tinggi Gayo.. 😉

Menarik...main-main lagi ke ajak..ajak sekalian keluarga liburan ke sabang atau ke takengon...

Iya sudah direncanakan... tinggal nunggu waktu saja...

Selama nyawa masih di kandung badan dan selagi ada kesempatan ayok langkahkan kaki lagi ke Aceh yang menawarkan beragam keindahan dan keramahan #aceh @regiel

Iya dong... sy bolak balik aceh sejak tahun 90an dan masih terus ingin kembali... terima kasih @ragiel.

Wow, luar biasa.
Salam kenal ya aku pendatang baru di komunitas ini. Kabari saja kapan nanti ke Aceh lagi. Namaku regiel aku asli putra Aceh.

Salam kenal juga yah... ya nanti akan diberitahu...

oh jdi begitu yah mbak, jadi kalau tourist bebas yanf pwnting sopan yah mbak?
oke lah, nanti kalau steemit bisa ngasi hujan sbd ke saya pasti mau kesana, hehe

Iya... yang penting sopan saja dan itu berlaku di mana2 juga hehehe... didoakan ya @ekavieka, asyik loh Aceh!

Tidak perlu bernostalgia dengan kata-kata, tapi datang dan buktikan akan kerinduannya.

Tidak ada juga yang perlu dibuktikan bila kata2 itu tak ada artinya... datang itu selalu ada pada restu dan ijinNya, semua ada waktunya... salam hangat @husaini.

Ah cantiknya! Bang @marxause ikutan komunitas seni steemit yuk! Steemit Art Community... https://steemit.com/introduceyourself/@s-a-c/introducing-steemit-art-community komunitas ini diprakarsai @orcheva dari Aceh yang senang dengan menggambar. Terima kasih banyak bang!

Terimakasih kak sudah mempromosikan Aceh. Kami siap menunggu kedatangan kak mariska

Terima kasih @albertjester... ngopi gratis di starblack coffee dong! Hahaha...

Buat kakak sebagai tamu kami ya gratis dong

Asyiiiikkk hehehe...

kapan datang lagi ke Aceh?

Doakan segera yah @steem77.

siap mbak, kami tunggu di Aceh Utara .. Komunitas Steemit Nanggroe sudah siap menunggu

Salam hangat untuk semua...

Kalau saya rindu dengan Bandung. Terakhir tahun lalu saya ke Bandung. Banyak sekali perubahan. Super macet.

Banget! Sekarang sy malas ke mana-mana di Bandung... macet banget deh @dsatria.

jangan bosan y mba [email protected] ke aceh :)

Nggak pernah bosan, hahaha... makasih ya @atirlala.

sama2 mba mariskalubis.

a good post you are a good writer @mariskalubis

Tambah dive log ntar di Sabang ya mbak... 🐳🐠🐟 @mariskalubis

Iya nih, log sy di sabang belum tahun 2000 pun hahaha...

posting yang sangat menarik

Terima kasih bang @edy02

tinggal disini aja mbak mariska.....:-)

Hahaha harus mencari tempat yang dingin di Aceh..,

di takengon yang dingin di Aceh mbak mariskalubis

Iya sih di Gayo juga yah...

This post has been ranked within the top 50 most undervalued posts in the first half of Oct 10. We estimate that this post is undervalued by $17.45 as compared to a scenario in which every voter had an equal say.

See the full rankings and details in The Daily Tribune: Oct 10 - Part I. You can also read about some of our methodology, data analysis and technical details in our initial post.

If you are the author and would prefer not to receive these comments, simply reply "Stop" to this comment.

Sekali coba, tetap mau dicoba lagi.

Aceh sangat menghargai perbedaan ras, suku dan agama kak @mariskalubis.
Berarti kakak sudah tahu betul bagaimana aceh.

Kalau tidak menghargai perbedaan itu tidak akan terbentu Aceh hehehe...

Benar kak @mariskalubis.
Ngomong-ngomong kapan kakak ke Aceh.

Secepatnya... hehehe

Saya juga rindu @mariskalubis... Apa rasanya masakan tanpa bumbu, apa jadinya rindu tanpa bersua.

Seperti saya juga tanpamu bang @ayijufridar... angin seperti tak berudara.

Awas.... Jangan sampai masuk angin Sista @mariskalubis.

Angin masuk bisa dibuang hahahaha

Segera ke Aceh kak. Jangan lupa kabarin kalau ke Aceh lagi ya? Beberapa kunjungan terakhir mu ke Aceh luput dari pantauan radarku.

Iya! Akan saya kabari yah! Saya rindu padamu @acehpungo!

Aceh is the best....
Terimakasih kakak, sukses selalu untuk kakak...
Salam @mariskalubis...

Aceh sangat cantik! Terima kasih @boyelleq.

posenya itu loh,, uh !

ada manis2nya gitu

Nggak pakai gula kok @iamrifk, dijamin asin krn air laut wkwkwk

yayaya, kali ini saya resteem ya postingan mbak @mariskalubis.
thanks sudah mempromosikan provinsi kami ke dunia lewat steemit ini.

Saya akan siapkan Gubuk untuk beristirahat dengan tenang buat Cut Kak @mariskalubis bila nanti ada kesempatan untuk bermain-main ke kebun saya di Aceh, ditunggu ya kehadirannya.

Salam Hangat Selalu

Asyik! Makan mie kepiting ala @dilimunzar nih....

Siap..jangankan kepiting..Tiram juga ada kalau mau cut kak ku @mariskalubis

Semoga keinginan kak @mariskalubis untuk kembali berkunjung ke Aceh terkabulkan, Amiin..

Kami segenap barisan pasukan Steemian Banda Aceh siap menyambut kedatangan kak mariska :D

Amin, terima kasih ya @alvaro017

saya tunggu kedatangan nya ke aceh
salam anak nanggroe aceh @mariskalubis

Salam hangat juga yah @saifullah.aff.

Selamat! Artikel anda masuk peringkat 2 kategori Tulisan Dengan Komentar Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-minggu-15-oktober-2017 ..

sangat mengharukan..!

Coin Marketplace

STEEM 1.20
TRX 0.13
JST 0.141
BTC 60752.79
ETH 2160.86
BNB 543.96
SBD 8.84