Sapaan Pulau Hole di Danau Toba [Jelajah Silampung]

in #travel6 years ago


Danau Toba

Jangan dikira di danau Vulkanik terbesar di dunia yang begitu luas ini hanya ada pulau Samosir ya. Di danau Toba dengan panjang 100 km dan lebar 30 km ini juga ada beberapa pulau, bahkan berpenghuni juga seperti di pulau Samosir. Diketahui ada sekitar 9 pulau ada di danau Toba. Yaitu :

  • Pulau Samosir, Toba Samosir
  • Pulau Sibandang, Muara, Tapanuli Utara
  • Pulau Tolping Silalahi
  • Pulau Tulas, Sianjur Mula-mula
  • Pulau Tao, Simanindo
  • Pulau Simamora, Humbahas
  • Pulau Sitakke-takke Humbahas
  • Pulau Sirukkungon, Sibatu Loting
  • Pulau Hole, Sipolha, Simalungun

Banyak bukan?
Tapi belum semuanya saya kunjungi. Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya saat menyapa salah satu pulau di Sipolha, Simalungun, yaitu Pulau Hole.

Pulau Hole

Lokasi



Sumber : Google Map

Pulau ini terletak di Kampung Baringin, Sipolha, Simalungun, Sumatra Utara, Indonesia. Pulau mungil dengan luas kurang lebih 4 hektar ini, hanya berupa lahan saja dan tidak berpenghuni.




Untuk menuju kemari, kita memulai perjalanan dari kota Permatangsiantar atau Simalungun. Perjalanan dari kota ini menuju arah Parapat, kurang lebih 40 km, tetapi berbelok ke kanan mengikuti jalan Simarjarunjung. Kira-kira 5 km setelah bangunan Rumah Ikan, kita turun menuju Sipolha, kampung Baringin. Jalan yang kita lalui berkelok dan berbatu.

Dari kampung Baringin ini, ada perahu yang bisa mengantarkan kita ke pulau Hole. Jika ramai, ongkos hanya 10k saja. Ga jauh kok, kurang lebih 15 menit perjalanan perahu nelayan.

Menyapa Pulau Hole




Saya belum menginjakkan kaki ke pulau Hole. Pada kesempatan ini, saya hanya ingin menyapanya dari atas bukit Sipolha. Alasannya simpel, pulau akan terlihat lebih cantik jika dari kejauahan hehe. Betul tidak?

Yuk kita kemon melihat keindahan pulau Hole, dari puncak Sipolha




Salam Kaki Lasak, Kemanapun Kaki Dilangkahkan

Follow Me :
Steemit @ kakilasak
Facebook @ husaini_sani
Instagram @ ucok_silampung & @ kaki_lasak
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

APAKah dahulu nama nya Hore Island Bang ?
Hahahahahhaha

Haha.. Td nya judul mau aku buat suatu sore ber hore hore di pulau hole

Tanggung jawab ya Bang @kakilasak. Kalau saya ke Medan ajak saya ke pulau-pulau itu...hahaha

Hahahaha.. Datang aja dulu :p

Makasihya hehe

Foto nya Cakep2 banget bang.. Jd pngen jalan2 ksna.. 😁

Danau Toba emang bgs :)

Kpn ya sy bisa ksna.. 😁😁

Mau dong ke puncak sipolha😄

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 69344.89
ETH 3347.76
USDT 1.00
SBD 2.74