Pemburu Ombak Sorake - Surfing Nias [Jelajah Silampung]

in #travel7 years ago

Ya'Ahowu - Welcome Nias

Pulau Nias memang menarik dan eksotik. Selain budaya yang masih terjaga dengan baik, di pulau ini banyak pantai populer yang sangat cantik.

Keindahan pantai di Nias tidak hanya dikagumi oleh turis lokal saja, tetapi juga oleh turis mancanegara. Dengan kekayaan baharinya, Nias menjadi salah satu tempat terbaik bagi para pemburu ombak atau pecinta Surfing.

Konon pantai di Nias termasuk salah satu penghasil ombak terbaik di dunia. Pantai yang paling populer sebagai tempat surfing adalah Pantai Sorake.

Mari ikuti rute perjalanan saya dari kota Medan menuju pantai Sorake, Nias berikut ini.

My Route

Medan - Sibolga
Rute yang saya saya tempuh menuju Nias adalah melalui darat dan laut. Pertama saya berangkat dari kota Medan dengan transportasi umum Mitsubishi L300 menuju kota Sibolga, Tapanuli Tengah. Perjalanan memakan waktu 11 jam. Saya berangkat pukul 7 malam, sampai Sibolga pukul 6 pagi. Saya tak bisa tidur, karena perjalanan dari Tiga Balata ke Parapat, berkelok-kelok dan yang paling parah adalah jalan berkelok dari Tarutung ke Sibolga. Wah, seperti naik rollercoaster. Di kota dengan semboyan Negeri Berbilang Kaum ini, saya istirahat dan bersantai sambil keliling kota hunting makanan.

Sibolga - Nias
Dari kota Sibolga, Ada kapal Ferry ke Nias. Ferry ini berangkat malam hari. Perjalanan naik ferry Sibolga-Nias memakan waktu 10 jam. Saya berangkat pukul 9 malam, sampai Gunung Sitoli - Nias pukul 7 pagi. Lagi-lagi saya tak bisa tidur karena ombak besar. Di kota Gunung Sitoli ini saya bertanya-tanya, bagaimana cara menuju Teluk Dalam?

Gunung Sitoli-Teluk Dalam
Gunung Sitoli adalah kota terbesar di Nias. Suasana tampak Sibuk. Di kota ini saya mencari tumpangan ke Teluk Dalam. Berbekal dengan beramah-tamah dengan penduduk, alhasil sebuah mobil kampas makanan bersedia untuk saya tumpangi menuju Teluk Dalam, Nias Selatan.

Perjalanan kami 4 jam. Pukul 2 siang saya sampai di Teluk Dalam.

Teluk Dalam - Pantai Sorake
Sesampainya di Teluk Dalam. Saya menyewa sepeda motor warga setempat. Maklumlah, disana transportasi umum agak susah sedangkan waktu saya terbatas. Hingga akhirnya sepeda motorku menyentuh pasir berkarang di pantai Sorake.

Pantai Sorake

Adalah pantai Sorake, sebuah pantai di kawasan Teluk Dalam, Nias Selatan yang menjadi impianku. Pantai ini ramai sekali dikunjungi wisatawan yang ingin surfing. Konon kabarnya di bulan Juni dan Juli, ombak bisa mencapai 12 meter. Di kawasan pantai ini, banyak kita jumpai cottage atau penginapan. Meski bukan di bulan juni seperti sekarang ini, turis cukup ramai. Mereka rata-rata dari Australia. Bahkan anak kecil penjual kue di kawasan pantai ini fasih berbahasa Inggris.

Pantai ini sangat unik. Tak ada pasir yang terhampar. Melainkan batu karang sepanjang mata kita memandang.

Di ujung pantai, tampaklah ombak tinggi bergulung-gulung dan beriring-iring. Dan si pemburu ombak dengan sigap menangkap sang ombak untuk di tungganginya.

Saya hanya bisa tertegun dan bangga penuh cinta kepada bumi pertiwi, Indonesia.

Location :

Instagram @ ucok_silampung & @ kaki_lasak
Whatsapp +6282166076131

Indahnyaaaaaaaaa.
membuat hati ini berkecamuk untuk mencumbunya

Hehe kesana la broo

Cantik kali lautnya

Untung bkn orang nya hehe

Cantik bener pantainya😁

Pengen kayak si Abang ini wara wiri terus haha

Nice ... :-D

Hehe, makasih bg. Pujian ni kan hehe

Walah kerennn. Onbak mengulung gulung. Langit birunya cerah bersinarr

Editan hehe

Wah abang jago ngedit jaga lasak juga multi talent hehe

Nias keren banget! Saya senang ke sana...

Ksana lg kak :)

Pantai ny indah bgt bang... 😍😍