Nuansa Bali di Lampung Selatan [Jelajah Silampung]

in #travel6 years ago (edited)


"Sani sedang berlibur di Bali ya?"
"Wah, ke Bali gak bilang-bilang ya"
"Asiknya di Bali, jangan lupa oleh-oleh ya"


Hampir semua menyangka saya sedang di Bali saat saya mengupload foto di atas pada gambar story media sosial saya. Bagaimana tidak, arsitektur Bali seperti Pura, Patung dan ornament Bali lainnya memang khas Bali. Saya tidak sedang di Bali, tetapi berada di Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan. Tepatnya di desa Sumbernadi dan Bangunrejo.



Pada jaman Orde Baru, pemerintah memang menggalakkan program Transmigrasi. Lampung adalah salah satu daerah penempatan transmigrasi dari Jawa dan Bali. Tak heran, banyak sekali desa di propinsi Lampung dengan mayoritas Jawa dan Bali. Tentu saja adat dan istiadat mereka di pakai juga di sini.

Desa Sumbernadi, Keutapang, Lampung Selatan yang saya kunjungi bisa dikatakan mayoritas bersuku Bali. Saat kita menyusuri perkampungan ini, tak ubahnya kita berada di Bali. Bahasa yang mereka gunakan, bangunan pura pada rumah-rumah mereka serta cultur mereka masih sangat kental Balinya.




Mereka cukup ramah, bahkan saat saya menyapa dan berniat berfoto di Pura pak Mambal, di Sumbernadi, mereka dengan ramah mempersilahkan.

Kebhinekaan ini bukan menjadi pemecah konflik atau perseteruan, tetapi justru sebagai pemersatu yang menjadi kekayaan kita. Bhineka Tunggal Ika



Lokasi

Desa Sumbernadi dan Bangunrejo
Ketapang - Lampung Selatan
INDONESIA

Salam Kaki Lasak, Kemanapun Kaki Dilangkahkan

Follow Me :
Steemit @ kakilasak
Facebook @ husaini_sani
Instagram @ ucok_silampung & @ kaki_lasak
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

Nuansa bali yang hebat seolah olah sedang di bali

Thank you for taking part in this months #culturevulture challenge. Good Luck.

Hampir sama kayak di Bali.

Ulasan menarik tentang perjalanan wisata, saya suka semua postingan anda tentang objek wisata yang anda kunjungi. Photo yang ditampilkan sangat menarik dan bagus-bagus, Semoga semakin berjaya dan sukses selalu

Wah makasih udah di apresiasi. Aminn, sukses juga buat mas Ody :)

Wah baru tau

Hehe iya bg

Memang luar biasa perjalanan-perjalanan lasak anda ya Bang. Saya ingin seperti anda :D

Saya pengen seperti anda, lucu dan menyenangkan :)

ajak saya juga ya bang @rastaufik10, biar vertttuuuss kita melasak

Yok rame2 hehe

Benar-benar kaki yang lasak, kemana-mana sampai, hahaha

Libur panjang bg hehe

mantap post-nya bang @kakilasak, kapan kita lasakin kaki bareng nih ?

Boleh, siapa takut? Haha

Salah satu sisi lain dari prog transmigrasi. Asimilasi budaya... Nice

Yupss.. Asimilasi, tepat kali bahasanya :)

kereeen ... rupanya Lampung juga kaya akan wisata budaya ya bang

Iya bg.. Multi etnic :)

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 61041.41
ETH 2947.17
USDT 1.00
SBD 3.85