THE DIARY GAME: 1/8/2020 Memeriksa dan Mengevalusi Hasil Kebun Mini Organik Saya Sebelum Dipanen

932A357BE8CA484993D8C80CCB951F4E.jpeg

Ini adalah kegiatan menanam sayuran saya yang pertama kali di kebun rumah dan tanpa pupuk. Jadi kegiatan ini benar-benar membutuhkan fokus dari saya. Saya harus memperhatikan banyak hal khususnya tentang faktor-faktor yang bisa menyebabkan kenapa tanaman sayuran saya bisa tumbuh baik dan ada yang tumbuh tidak baik.

Jadi hari ini saya fokus mengevaluasi hasil akhir dari pekerjaan berkebun saya sebelum nantinya akan saya panen.

Cerita Awalnya Cukup Mendebarkan Bagi Saya

Awalnya saya cukup pesimis dengan penanaman sayur pertama saya yang dimulai dari pembenihan dengan biji.

7FB3EE67B46D47F68EBF385F05A3AFDD.jpeg

Pada awal-awal masa pemindahan tanaman ke media yang lebih besar, saya merasa tanaman itu tumbuh kerdil. Saya sengaja ingin mencoba metode organik tanpa pupuk.

Saya masih dalam tahap belajar, dalam artian saya terus belajar tentang kondisi tanah dan kondisi cuaca di rumah saya.

Saya pun masih terus belajar metode terbaik yang akan saya terapkan untuk tanaman sayuran saya berikutnya.

Saya Menjadi Takjub

9875EC10C3CD46A88A4B830E3BC3623F.jpeg

Setelah sekitar sebulan lebih saya menanam 2 jenis sayuran yang populer di Indonesia, yaitu Caisim dan Pakcoy, akhirnya saya melihat hasil bahwa saya tidak sepenuhnya gagal.

Saya menjadi takjub bahwa Caisim bertumbuh baik melebihi ekspektasi saya. Saya memang hanya menanam beberapa caisim, tidak lebih banyak dibandingkan menanam pakcoy. Itu karena pada awalnya saya sangat menyukai pakcoy dan berharap saya bisa menumbuhkan lebih banyak pakcoy.

27B786BA7E744B548127DA2ECB12CDCE.jpeg

Inilah hasil pertumbuhan pada lahan yang tidak terluas. Saya memberi batasan kotak untuk membuat tinggi media tanam dan menghindari dari banjir yang sering datang di daerah saya.

7506C70A2DEA403D99C2F1A00E9DD994.jpeg

Lihatlah ukuran daun Caisim, selebar telapak tangan saya dan itu cukup menakjubkan untuk sayuran yang saya tumbuhkan secara organik tanpa pupuk.

Tinggi tanaman Caisim pun sempurna! Saya menjadi lebih berani untuk menanam Caisim untuk selanjutnya.

Caisim VS Pakcoy

Sejujurnya untuk Pakcoy, saya tidak cukup puas karena tidak sesuai ekspektasi saya. Bagian batangnya terlalu kecil dan pendek.

BAE494A57A57492AB4977AD602EFC209.jpeg

Tapi hal yang disyukuri adalah batang batang pakcoy tumbuh cukup banyak.

Untuk tanaman Caisim, saya akan meneruskan menanam sayuran ini. Tetapi untuk Pakcoy, mungkin saya akan mempelajari metode lain.

Jadi beberapa hari lagi tanaman ini siap dipanen untuk pertama kalinya. Saya sangat memiliki dua jenis sayuran yang bisa saya bandingkan.

Nantinya setelah panen saya juga membandingkan rasa kedua dari mereka saat dimasak.

79CD0E00EA0145C09BA818588BC126D5.jpeg

Sampai bertemu di sesi saat saya memanen mereka nantinya! Sampai bertemu di The Diary Game saya hari berikutnya.

STEEM ON!

Sort:  

Terima kasih telah berpartisipasi di The Diary Game. Aktivitas berkebun merupakan hobi yang menyenangkan.

Mohon maaf dan izinkan saya memberikan sedikit saran untuk postingan The Diary Game anda hari ini. Menurut saya alangkah baiknya anda tidak hanya berfokus pada satu kegiatan yang anda tuliskan. Menceritakan aktivitas sehari-hari secara sederhana akan memberi nilai lebih terhadap buku harian anda.

Wah terima kasih sarannya sangat berguna sekali untuk saya. Karena saya baru pertama kali ini mengikuti the diary game.

Semoga saya bisa lebih baik lagi di next day nya.
Salam

Dan satu lagi saran saya yang merupakan aturan yang disarankan oleh tim steemit, yaitu membuat postingan pengantar dengan judul This is me atau perkenalan diri anda dan linknya selalu anda cantumkan diakhir postingan. Anda dapat melihat postingan This is me steemian lainnya sebagai referensi.

Ini akan sangat membantu steemian lain terutama dari luar negeri yang menyukai postingan buku harian anda untuk mengetahui latar belakang diri anda.

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.
Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Salam dari @anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 62025.78
ETH 2417.09
USDT 1.00
SBD 2.49