Sertifikasi TPP

in #strputra2 years ago

Assalamualaikum Wr.Wb
Perkenalkan nama saya Win Budiara,ST saat ini saya bekerja di Program P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.
Pada Kesempatan ini izinkan saya menyampaikan sebuah topik yaitu Sertifikasi, sebuah tema yang saat ini sedang menjadi trending dikalangan Pendamping Profesional di seluruh Indonesia.
Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 bertempat di Kantor Reje Desa Paya Tumpi I Kecamatan Kebayakan,kami Tim TAPM dan Korcam (Koordinator Kecamatan) 14 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah mendapatkan mendapatkan Sosialisasi Sertifikasi dari TPP Aceh yang disampaikan oleh TAPM Propinsi pak Busra,ST, sebelum beliau memaparkan ttg sertifikasi tsb, Koordinator Propinsi bapak Zulfahmi Hasan menyampaikan pengantar dan nanti diakhir close statement,ttg betapa pentingnya sertifikasi ini bagi TPP sehingga kita dapat diakui oleh lembaga eksternal dan akan diadakan Bimtek oleh Lembaga Asesor , sertifikasi ini berlaku selama 3 Tahun. Selanjutnya pak Busra sebagai Narasumber menjelaskan dengan rinci ttg sertifikasi pendamping sesuai SKKNI No.201 Tahun 2021 berikut dengan skema utk semua jenjang ,dimana ada 3 hal yang akan diuji yaitu Verifikasi Portofolio; Wawancara; Menghubungi pihak ketiga,
secara pribadi saya sangat berkeinginan mengikuti sertifikasi ini dengan skema Okupasi dimana saya harus menyusun Portofolio ttg Pendampingan yang sudah saya lakukan selama ini, karena sebelum dalam program ini,saya pernah bergabung di Program PNPM MPd dari 2009 s/d 2014 dimana disanalah saya belajar Pemberdayaan dari nol,saat ini utk menyambut sertifikasi ini saya sedang berupaya mengumpulkan bukti-bukti kerja, foto, Berita Acara dan Daftar Hadir apa yg telah saya kerjakan dalam pendampingan di desa-desa dalam Kabupaten Aceh Tengah, sebagai gambaran saja Sertifikasi utk TPP secara bertahap akan dilakukan terutama untuk PLD terlebih dahulu,jadi kalau kita lihat lebih dalam utk sertifikasi terdiri dari skema : PLD (8 Unit Kompetensi,23 Elemen,69 Kriteria Unjuk Kerja), PD (15 Unit Kompetensi,39 Elemen,115 Kriteria Unjuk Kerja), TAPM Kabupaten (14 Unit Kompetensi,35 Elemen,102 Kriteria Unjuk Kerja) dan begitu selanjutnya berjenjang keatas yg tdk saya jelaskan detail disini, demikian sekilas ttg Sertifikasi TPP yang saya fahami, semoga Allah memberikan kekuatan lahir dan batin dalam saya menyusun dan melengkapi bahan Portofolio, Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Atasan,Rekan Kerja dan Orang Tua, Keluarga yg telah memberikan support selama ini, ibarat kata pepatah TAK ADA GADING YANG TAK RETAK. untuk itu saya mohon maaf atas segala salah dan khilaf.
Wasallam

IMG-20220824-WA0040.jpg

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66244.62
ETH 3320.00
USDT 1.00
SBD 2.70