CERITA EKSPEDISI MERAH PUTIH INDONESIA

in #story6 years ago

DSCN6000.JPG

Selamat Sore teman-teman Steemit....

Pada postingan kali ini saya akan melanjutkan cerita mengenai kegiatan ekspedisi panjat tebing Leupung Aceh indonesia. Tim kami memberi nama kegiatan tersebut "Ekspedisi merah putih". Pasti teman-teman bertanya kenapa diberi nama demikian. Hal itu karena kegiatan kami didasarkan pada hari ulang tahun negara provinsi indonesia (17 agustus 1945) dan sebagai warga negara indonesia kami berhak dan berkewajiban untuk memperingati hari yang sakral tersebut.

Oh iya teman-teman pada suka dengan olahrga alam bebas yang satu ini gak? Bagi anak mahasiswa pencinta alam tentunya tidak asing dengan panjat tebing ini. olahraga ini merupakan salah satu yang harus bisa dikuasai atau paling tidak bisa.

oh iya kembali ke topik pembahasan, disini saya akan berbagi mengenai perjalanan saya dan tim dalam melakukan kegiatan ini

selamat membaca....

1 .Persiapan Fisik
DSCN6060.JPG

Latihan fisik salah satu poin yang harus ada dalam berkegiatan di alam bebas termasuk panjat tebing. Jadi, bagi teman-teman steemit yang ingin berkegiatan di alam bebas harus latihan fisik terlebih dahulu. tim saya latihan fisik selama 2 bulan.

2 . Materi Ruangan
CIMG1453.JPG

Selanjutnya adalah materi ruangan. tidak hanya sekolah atau kuliah yang harus belajar. Dalam olahraga panjat tebing juga ada materi ruangan yang mana agar ilmu kita bertambah dan dapat mengerti bagaimana mekanisme olahraga panjat tebing ini. Materi ruangan yang diberikan meliputi "manajemen ekspedisi, tali temali, fundamental panjat tebing dan teknik pemanjatan"

3 . persiapan alat
DSCN5964.JPG

Berbicara mengenai persiapan alat. pembahasan ini yang apabila diceritakan terlalu panjang nih :). jadi saya ringkas aja yah. Dalam olahraga ini banyak sekali alat yang harus dipersiapkan misalnya perlengkapan shelter, perlengkapan panjat (sit harness, tali, webbing, pulley dan lain sebagainya), dan perlengkapan penerangan. jadi bagi teman-teman steemit yang inign melakukan kegiatan ini harus diperhitungkan secara teliti.

4 . Simulasi kegiatan
CIMG1346.JPG

Dalam kegiatan apapun itu teman-teman harus ingat bahwa perlu dilakukannya simulasi. artinya kita ingin melihat dari persiapan yang telah kita lakukan apakah sudah cocok apa tidak untuk kegiatan tersebut serta harus ditentukan terlebih dahulu lokasi simulasi. tim saya menetapkan lokasi simulasi di tebing mata'i aceh besar. Kegiatan wisuda yang tidak rumit saja adaa simulasi terlebih lagi olahraga alam bebas yang kategori olahraga ekstrim.

5 . Kegiatan
CIMG1302.JPG

poin ini yang menjadi akhir dari cerita saya yakni ekspedisi panjat tebing leupung aceh indonesia :). Pada poin ini kita hanya tinggal menerapkan ilmu yang kita dapat pada tahap pra kegiatan. setelah kita belajar untuk bisa selebihnya tinggal pengalaman saja itulah prinsip saya. Dan juga semua atas kuasa tuhan karena di olahraga alam bebas itu memang resikonya besar dan tinggal cara kita bagaimana meminimalisir resiko tersebut....

Terima kasih telah berkunjung dan melihat postingan saya yang sederhana ini. semoga kita sama-sama dapat berbagi pengalaman kita masing-masing dalam platform Steemit ini.

beberapa dokumentasi yang saya abadikan baik.

DSCN5983.JPG
gambar 1. kegiatan mencari ketinggian tebing

DSCN6038.JPG
gambar 2. makan siang di hutan

DSCN6009.JPG
gambar 3. mencari titik kordinat (navigasi darat)

Salam dari saya Steemit aceh @topansiagian

Sort:  

terima kasih @maloka
yang penting saling berbagi pengalaman:)

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 60626.97
ETH 3358.90
USDT 1.00
SBD 2.45