KAMPUNG HALAMAN KU

in #story3 years ago (edited)

Namanya unik dan lucu memang, Paya Pisang Klat itulah nama kampung halamanku tempat aku dilahirkan dan dibesarkan, hingga aku mengenyam pendidikan SD sampai SMP. aku tinggal di dusun Mata ie, Menurut nenek aku, paya pisang klat itu dinamakan karena banyak pisang yang kelat di kampung ku, dan mata ie dinamakan karena banyak mata air dikampung kami, dikampung aku air nya melimpah, sumur saja kita gali dua cincin saja udah dapat air.

o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAMe3meKgZ58KaUuTi8Htr-01.jpeg
rumah asalku

Kampung halaman ku terdiri dari persawahan dan perkebunan, hamparan sawah yang luas membuat alam nya sangat sejuk dan indah, umumnya masyarakat di kampungku berprofesi sebagai petani yang sehari-hari menghabiskan waktunya di sawah menanam padi, jagung dan kedelai.

o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAN1k3eBC3mssGBv3ry9JW-01.jpeg


o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAMeo5cv6hLACmwSGniNCW-01.jpeg
hamparan persawahan

Kampung halaman ku masih alami dan sejuk, belum ada pabrik dan industry yang berdiri disana, masyarakatnya pun masih natural sekali, sikap gotong royong dan adat istiadatnya masih kental melekat dijiwa masyarakat. Jika ada suatu keluarga yang meninggal ataupun pesta perkawinan masyarakat ramai-ramai bekerja sama gotong royong tampa dikasi upah dan bayaran.

o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAN5mwiQznpennKo8v6Jqk-01.jpeg
antar pengantin

Aku teringat ketika aku masih kecil, kegiatanku sehari-hari sekolah, pulang sekolah sore harinya aku mengembala lembu peliharaanku, tidak ada waktuku untuk bermain –main seperti anak lain yang bermain bola kaki, bercanda sesama kawan-kawan. Jadi pengembala adalah tugasku diwaktu kecil, mengembala lah yang mendidikku untuk tetap sabar dan semagat dalam hidup ini. Dimalam harinya aku mengaji ditempat Teungku bersama teman-temanku.

o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAMdF3Tp7hN2HDz67vSiJJ-01.jpeg
sumur mata air

Ada banyak kenangan-kenangan yang masih tersimpan dibenakku, yang lucu-lucu dan ada pula suka dan duka bersama tema-temanku.
Kampungku kini jauh dimata, tapi masih tetap dihatiku, kini aku tinggal dikota yang penuh dengan aktifitas dan kebisingan , Kota Lhokseumawe. Aku tidak lagi seperti yang dulu kitika aku masih dikampung ku. Semoga kampung halaman ku masih tetap sejuk dan indah dan adat istiadat masih tetap melekat di jiwa masyarakatnya.

o1AJ9qDyyJNSpZWhUgGYc3MngFqoAN538yEUWDsdPReLWPLdt-01.jpeg
pengaliran air ke sawah

ini sekilas tentang kampung halaman ku.

Paya Pisang Klat
Ulee Gle
Kec. Bandar Dua
Pidie Jaya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 56519.24
ETH 2991.31
USDT 1.00
SBD 2.16