Cerita pemburu SBD/Steem dan postingan berkualitas mendapatkan upvote lebih rendah daripada postingan sampah

in #story7 years ago (edited)

Hallo sahabat stemians
Apa kabar sahabat hari ini ? saya yakin dan mendoakan semoga sahabat stemian dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat berkarya di platform ajaib Steemit.Inc
IMG_20170823_125414-01.jpeg
sumber gambar
Hari ini, jam ini, detik ini dan saat ini saya sedang berusaha keras mengharmonisasikan isi kepala dengan gerakan jari tangan saya menekan keyboard di netbook agar menghasilkan kata-kata yang tepat untuk sebuah artikel yang baik dalam versi saya untuk postingan hari ini di steemit. Menulis artikel layaknya seorang penulis masih menjadi mimpi bagi saya, meski semuanya berawal dari mimpi. Faktanya, realitas berkehendak sesuai dengan niat, usaha, doa serta hasrat mencapai tujuan dan membaca ini. Saya baru bangun pagi kemudian berjalan selangkah demi melangkah pada proses dan waktu hingga tiba.

Paragraf berikutnya, saya dipaksa rakus menyeruput kopi dan menghisap rokok lebih dalam dan mendalam mencari kalimat pembuka yang enak dibaca dengan isi pembahasan. Kepulan asap rokok yang terhembus, berterbangan memancing indra mata melihat keadaan sekeliling. Disebelah kanan dari arah depan saya duduk, terlihat sticker logo KSI yang tertempel di laptop sang pemilik. Muda, ganteng dan sangat bergairah dengan telor setengah matang, kopi dan rokok marlboro yang tersaji di meja. Lalu saya bangkit dari tempat duduk, berjalan ke kamar kecil warkop Taufik 1 Kutablang sambil melirik ke arah layar laptop sang pemuda karena penasaran dengan apa yang dikerjakannya.

Menulis artikel atau membuat postingan menjadi kegiatan yang lumrah dan sedang mewabah di beberapa warung kopi di Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe. Steemit menjadi candu dan sukar tersingkirkan diantara padatnya aktifitas dan rutinitas harian. Bertambahnya para pengguna menjadi motivasi, warna dan corak tersendiri dalam pergaulan digitalis. Bagi pengguna baru bermain di steemit menjadi pengalaman unik dan menjanjikan dibandingkan media sosial lainnya. Steemit bisa menjadi media pembelajaran mengekpresikan diri, mengasah kreatifitas dan sarana mendapatkan ilmu, sahabat, persaudaraan bahkan pacar baru hingga uang. “Bu na, kupi na, rukok pi na : Istilah dalam bahasa Aceh”. Menarik bukan ?


IMG_20170822_193732.jpg
sumber gambar

Baiklah, sekarang saya mencoba untuk kembali pada isi pembahasan yang ingin saya sampaikan dari tadi he he. Pertanyaan satu ini pernah hadir dan menjadi kegalauan saya dan sahabat @novale ketika kami baru-baru bergabung dengan steemit atau juga kegelisahan bagi para sahabat stemian lain.

  • Kenapa postingan yang berkualitas mendapatkan upvote dan rewards yang lebih rendah dibandingkan postingan yang menurut kita biasa saja. ?

Menilai sebuah postingan berkualitas atau tidak bukanlah perkara mudah, mengingat di steemit sendiri tidak ada aturan baku untuk mengeksekusi bobot dari sebuah postingan dan sangat terkesan subjektif. Disini saya ingin memberikan sedikit ilustrasi tentang seorang penyanyi profesional yang sudah menjuarai beberapa ajang festival di tingkat nasional maupun internasional. Namun ketika terjun ke dunia hiburan. Album sang juara dengan lagu-lagu yang berkelas dan tekhnik vokal yang ‘wah ‘ gagal dipasaran sedangkan penyanyi jadi-jadian dengan lirik lagu yang kampungan dan mendayu-dayu justru mampu mencuri perhatian besar penikmat musik tanah air. Kenapa bisa demikian ?. Tentunya banyak faktor X yang mempengaruhi sebuah kesuksesan dalam persaingan industri musik. Selain attitude, teknik vokal dan kriteria formal lainnya. Nah, disinilah tantangannya, kemudian jadi semakin menarik ???

Berburu SBD dan STEEM

Semenjak bergabung dengan steemit pada bulan Desember 2016 kemudian mulai aktif bermain pertengahan bulan Januari 2017. Saya lebih senang mendefinisikan diri saya sebagai pemburu SBD dan Steem, mungkin terdengar kurang elok, sekilas motivasi tak bermutu. Tapi saya harus jujur, itulah diri saya, saya bukan penulis dan fotografer profesional seperti kebanyakan stemian lainnya. Saya hanya paham, bertahan dan mencoba untuk sukses di platform steemit. Ini menjadi tekad para stemian dan saya sendiri, agar tidak mudah menyerah dengan keterbatasan. Banyak pengguna dan profesional berhenti berkarya secara teratur dari platform Steemit dan itu bukan contoh jejak seorang petarung.


contactors-2138995_960_720.jpg
sumber : Pixabay.com

Berburu memicu adrenalin. Berburu membutuhkan pengetahuan. Berburu mewajibkan si pemburu mempelajari seluk beluk dan informasi detail tentang hutan (platform) yang akan dijelajahi. Meningkatkan kemampuan menggunakan senjata (postingan) serta memilih jenis senjata yang tepat sangat berperan untuk mengenai target. Jika saya mengalami kesulitan menggunakan senjata canggih, maka saya akan beralih menggunakan senjata yang lebih sederhana, jika itu lebih efektif. Kondisi alam di hutan yang sering berubah dan buruan (upvote) yang selalu berpindah selera juga menjadi tantangan lazim untuk menajamkan kelihaian berimprovisasi dan adaptasi dengan situasi terkini. Jangan pernah menyerah, berani gagal, hari ini gagal, besok gagal, lusa masih gagal, lusa raya pasti berhasil adalah semangat yang patut diperjuangkan. Buang jauh rasa nyaman dengan ilmu yang anda miliki, krakk. Ha ha.

Tanpa terasa tulisan ini menjadi semakin panjang untuk saya dan mungkin kurang terarah. Jangan panik, yang penting sel otak dan jemari tangan saya mulai menikmati menyusun kata demi kata hingga berbentuk kalimat meski terpatah-patah, khakk. Jadi buat stemian yang senang berburu dan sedang berburu upvote dari kurator indonesia. Cobalah untuk menyajikan postingan yang menarik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan KSI (Komunitas Steemit Indonesia) sebagai motivasi untuk menghasilkan kualitas postingan yang lebih baik. Teruslah berkarya maksimal, karena manfaatnya lebih abadi daripada nilai SBD/Steem yang naik turun. Bagi yang senang menulis, fotografi atau bidang kreatifitas lainnya, kembangkan semua bakat dan minat stemian di platform ini. Banyak penulis senior dan fotografer profesional yang sudah menjadi bagian dari Keluarga Besar KSI dan bersedia membantu dengan senang hati, jangan sungkan..!

Ops, satu lagi, stemian juga harus membiasakan diri untuk berburu upvote dari paus luar negeri dikarenakan keterbatasan voting power yang dimiliki oleh kurator indonesia. Perbaiki penampilan dengan style yang lebih menarik nan unik. Banyak yang sudah berhasil, saya juga masih belajar trik-trik dari mereka yang notabene pendatang baru. Usahakan berhemat kata-kata. Jangan boros. Belanjakan sesuai kebutuhan. Karena para paus besar lebih menyukai postingan yang singkat, padat dan jelas agar tidak membingungkan mereka dengan cakap bahasa inggris kita versi google translate, ha.ha. (Lon lagenyan chit : Aceh)

Demikian cerita singkat saya hari ini, semoga bermanfaat dengan segala kekurangannya, akhirnya saya mengucapkan terimakasih bagi sahabat stemian yang berkunjung dan membaca postingan sedehana ini hingga akhir.
Hormat saya @harferri

Sort:  

Nyan ka hie calon kurator Indonesia Raya. Tapi selama nyoe memang banyak sampah di Steemit.

Indonesia raya pu lusa raya hahaha.. sampah bisa di daur ulang dan bisa menghasilkan produk baru, kon nyo meunan hahah

Salut dengan semangat dan kata2 anda yang menurut saya sabgat terarah dan enak dibaca, jangan menyerah teruslah berkaya @harferri tetap senangat

Terimakasih sahabat lama @silvia, mesti tetap smangat dan terimakasih atas dukungan selama ini dari teman2 di kutaraja

Lon lagee nyan cit, hahaha bereh bang, ini untuk membuka wawasan kawan2 termasuk saya sendiri untuk lebih berkompeten di steemit.. Thanks for sharing :)

Tanyo sit lagenyan mandum he he, yang penting KSI tetap kompak, bersama kita belajar meningkatkan kualitas pribadi dan semakin kompetitif, terimakasih, sahabat @kemal13

This post has been ranked within the top 80 most undervalued posts in the second half of Aug 24. We estimate that this post is undervalued by $14.23 as compared to a scenario in which every voter had an equal say.

See the full rankings and details in The Daily Tribune: Aug 24 - Part II. You can also read about some of our methodology, data analysis and technical details in our initial post.

If you are the author and would prefer not to receive these comments, simply reply "Stop" to this comment.

Hehe.. terimakasih sudah hadir @happyphoenix

Bagus sekali, meskipun demikian, tulisan ini terus berusaha mengetik apa yang ingin di sampaikan, intinya teruslah menulis, meskipun tulisan nya tidak nyambung kadang2 atau tidak sesuai sastra bahasa indonesia, atau tidak sesuai teknik para penulis, namun terus di perbaiki, kemudian terus berusaha berimprovisasi di steemit, dan belajar mencari sahabat2 baru baik di dalam maupun luar negeri agar mandiri, karena hal seperti itu juga membuat keluarga ksi terbantu menjaga nama baik, serta tidak banyak berharap kepada orang lain.

Mungkin itu maksudnya bang? Mohon maaf juga kalo komentar saya ngaur
Haha

Iya benar sekali sahabat @rizal damti, disini saya ingin menekankan untuk terus belajar dan memperbaiki kualitas postingan karena manfaatnya jauh lebih besar dari SBD atau Steem, anggaplah itu sebagai bonus .. harapan kita semua stemians jangan minder tetapi terus berusaha memberikan usaha yang terbaik untuk setiap postingan.. harapannya kita menjadi pribadi yang mandiri dan makin berkualitas... terimakasih sudah hadir dan menyumbang pendapat anda teman.

Di steemit seperti yang anda sarankan, harus bawa beberapa senjata untuk berburu. Karena keadaan di hutan sering berubah. Kiasan yang bagus teman @harferri
Saya setuju.

Terimakasih @mirzacho, supaya kita tidak canggung dengan perubahan he he

Selamat mr. @harferi ..sebuah ulasan yang luar biasa, tulisan tersebut sudah mewakili kegundahan, kegaulauan dan pemikiran saya selama bergabung di steemit.
Saya baru begabung di platform steemit ajaib ini di may 2017 lebih kurang sudah 2 bulanan itupun atas sharing informasi dari sang leader steemit sukses mr @novale. Terima kasih saya ucapkan kepada mr @novale yang selama ini sudah banyak sharing info mengenai kiat-kiat agar sukses di steemit.
Selama 2 bulan ini saya terus mecoba mempelajari dan mengulas secara mandiri mengenai cara kerja steemit ini. Awalnya saya mencoba-coba memposting content-content sederhana mulai dari foto 1 lembar, puisi hingga akhirnya saya mengerti apa itu sebenarnya steemit. Benar sekali apa yang sahabat @harferi ulas, dengan join di steemit banyak hal positif yang bisa kita peroleh, kita bisa belajar dan melatih diri untuk menjadi seorang penulis, dari tulisan2 sederhana hingga tulisan yang sifatnya komplek seperti sebuah artikel, dari sebelumnya malas menulis akhirnya pinter dalam menulis dan juga sbg photographer, designgraph, novelis and etc, serta hal2 positif lainya.
Dari berbagai postingan yang saya buka dan baca di masing2 topik, sempat terlintas dalam kepala saya persis seperti topik mr @harferi post kali ini"postingan berkualitas mendapatkan upvote lebih rendah dari junk post". Ada post yang sederhana sekali, introduceyourself mampu memperoleh upvote hingga 100 lebih, kemudian ada post2 candaan yang secara konten low quality juga memperoleh upvote demikian dan banyak post2 lainnya. Dari situ akhirnya saya mencoba bertanya kenapa mereka2 ini bisa meperoleh upvote begitu tinggi padahal postingannya biasa2 saja. Haaah...rupanya ada sesuatu dibalik itu smua xixixixi...ntah apa sy pun tak tau
Harapannya semoga dengan adanya postingan dari mr @harferi ini para steminian bisa lebih kreatif lagi dalam memberikan postinga2nya
Semoga creator steemit juga membaca ulasan ini agar lebih bijak lagi dalam memberikan reward.
Saran saya mr harferi agar di ulas juga dalam english version. Many thanks
Keep smile n spirit..
Upvote my post also mr. Wkwkwk

oke mas bro, done ... saya pikir ini menjadi semua pertanyaan bagi yang baru-baru bergabung dengan steemit, saya sendiri menyukai tantangan ini..meskipun saya juga kurang setuju dengan postingan sampah kecuali plagiarisme... he he selamat berburu kawan

Artikel yang bagus dan bermanfaat. Terima kasih telah berbagi teman

terimakasih...di steemit kita punya peluang yang sama untuk sukses, yang membedakan hanyalah semangat untuk berjuang he he

Kalau kata pencari cinta, Cinta itu datang karena sudah terbiasa. Begitu juga dengan menulis, suatu saat akan menghasilkan tulisan yang berkualitas karena sudah terbiasa menulis. Terus berkarya sambil membangun relasi dengan steemians dari seluruh dunia.
🤗

kata-kata yang indah kawan, terimakasih untuk motivasinya, salam

Sama-sama kawan.🤗

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 58248.35
ETH 3136.18
USDT 1.00
SBD 2.36