Virus Semangat_ Bersyukurlah Untuk Hidup

in #story6 years ago

2.jpg

Aku pernah berfikir Tuhan tidak adil, orang lain bisa bersekolah, menikmati masa remaja dengan teman dan keluarga sedangkan aku ... aku sudah mulai berjuang melawan dunia. Apakah hatiku menerima? TIDAK!!!

Namun berjalannya waktu aku mulai bersyukur, di luar sana banyak yang lebih tidak beruntung.

(untuk takdir dan nasibmu, bersyukur)

Jika kalian masih bertanya kenapa dilahirkan miskin?, kenapa tidak kaya seperti mereka?, bersyukurlah. Alloh tidak melihat kalian lahir membawa apa, namun Alloh melihat kalian mati membawa apa. Siapa pun di dunia ini sudah dikehendaki lahir dari keluarga seperti apa pun, itu semua takdir Alloh. Jangan menyalah diri kita terlahir miskin, tapi suatu kebodohan jika kita meninggal dalam keadaan miskin. Bersyukurlah masih bisa menikmati nikmat Alloh, masih bisa merasakan bangku-- sekolah maupun hal lainnya

Kenapa takdir tidak adil? Memaknai kata ‘Takdir’ bahwa: Takdir dan nasib itu tidak sama. Takdir itu suatu ketetapan dari Alloh. Dan, nasib adalah hasil manusia. Awalnya aku juga sering menyalahkan takdir, kenapa takdirku terlahir miskin dan tidak sekolah tinggi. Apa aku terlahir untuk bodoh dan miskin?

Pada saat itu aku menginjak SMA, tapi orang tuaku tidak mengizinkan sekolah. Banyak alasan dibalik itu, karena mahalnya harga pendidikan, mahalnya harga buku dan perekonomian keluarga yang sangat kurang. Aku marah, aku menyalahkan takdir tidak adil. Namun aku bersyukur masih bisa merasakan sekolah walau sampai jenjang SMP.

Berhari-hari aku menangis, berhari-hari pula aku termenung ‘akan jadi apa aku ini tanpa ilmu’. Mungkin Alloh menuliskan takdirku sebagai orang miskin, namun Alloh tidak mungkin menuliskan nasibku sebagai orang bodoh.
Akhirnya, aku memutuskan untuk pergi dari rumah dalam usia belia 17 tahun (merantau). Aku singgah disatu negara yang jauh. Aku bersyukur masih diberi kesempatan untuk belajar.

Belajar, aku mendefinisikan kata belajar bukan hanya untuk anak sekolahan saja, karena belajar banyak macamnya bisa di mana saja dan tidak hanya di sekolah, dengan alam pun kita bisa belajar.
Lagi-lagi aku bersyukur, karena mendapatkan boss yang sangat baik. Aku mengutarakan niat baikku untuk sekolah paket C setara SMA dalam sistem online, dan ia mengiyakan.

Dalam kehidupan manusia yang bersifat mutlak tidak dapat ditolak dan harus bisa diterima dengan ikhlas oleh manusia yang merupakan pemberiaan dari Alloh itu yang disebut TAKDIR. Banyak yang memahami konsep nasib sama dengan takdir, yaitu ketentuan Alloh yang sudah terjatah. Padahal sejak lahir sesungguhnya Alloh telah memberikan potensi pada diri kita.

Maka mulailah hidup dengan bersyukur, karena nikmat syukur tidak bisa terbayarkan dengan nilai apapun. Dari kisah yang aku tuliskan di atas, bisa kita pahami bahwa kita di lahirkan untuk berjuang. Berjuang melawan nasib yang tidak ditentukan jatahnya, ada hikmah dibalik kejadian yang kita syukuri. Hikmah itu berbuah nikmat, percayalah dengan hidup penuh syukur maka nikmat-nikmatnya terus mengalir.

Seperti nikmat yang Alloh lebihkan ke kalian, bisa sekolah dengan nyaman, belajar tanpa memikirkan beban, bahkan bisa hidup bebas bagai capung menerbangkan sayapnya. Bersyukurlah untuk hidup yang Alloh jatahnya lebih untuk kalian, manfaatkan jatah itu dengan baik, sebaik-baiknya. Nasib, keberuntungan, akan memihak dengan orang-orang yang mensyukuri hidupnya.

Semua orang, setiap orang pasti menginginkan takdir dan nasib yang baik. Terlahir kaya dan sebagainya, tapi mereka tidak berfikir bahwa Alloh sudah memberikan yang terbaik. Berjuanglah, belajar, bersyukur, dan biarkan Alloh yang menentukan akhirnya.
Jangan pernah beranggap itu akan sia-sia ataupun tidak ada gunanya. “Saya tidak sekolah, buat apa saya belajar” jangan pernah berfikir seperti itu, ilmumu adalah dunia anakmu kelak. Jadi belajarlah walau kau tak sekolah.

“Hidup memang terkadang tidak adil, namun kita berhak mengadili hidup dengan baik”

@chyintia Taiwan, 05 April 2018

1.jpg

Sort:  

Semangat kaka

Kamu juga 😊

Congratulations @chyintia! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 66902.20
ETH 3248.49
USDT 1.00
SBD 2.64