Tips Mengatasi Stress Untuk Orang yang Berkepribadian Introvert

in #steempress6 years ago (edited)


pixabay

Stress adalah respon alamiah tubuh bila seseorang mengalami masalah atau kelelahan. Stress adalah kondisi yang sangat umum terjadi dan akan segera hilang bila kita sudah menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Namun banyak hal yang dilakukan untuk mengatasi atau meredakan stress agar tidak berlanjut ke tingkat yang lebih parah. Cara mengatasinya untuk tiap orang berbeda-beda. Bagi yang berkepribadian extrovert (terbuka) dengan yang introvert (tertutup) tentu akan berbeda cara menghadapi dan menyelesaikan segala persoalan yang dihadapi. Berikut adalah tips mengatasi stress untuk orang-orang yang berkepribadian introvert (tertutup) berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Istirahat atau tidur yang cukup

Tidak banyak beraktifitas dan meluangkan waktu untuk tidur akan melenturkan sel-sel saraf yang tegang. Bila kita kurang tidur dan istirahat, akan membuat kita menjadi cepat marah, kurang konsentrasi dan mudah stress. Sedikit tidur juga membuat kita cepat lelah untuk melakukan hal-hal yang diinginkan

Menangis sepuasnya

Jangan ragu untuk menangis dan menumpahkan air mata anda. Menangis adalah cara yang efektif untuk meluapkan perasaan yang tertekan. Setelah puas menangis perasaan akan lebih lega sehingga fikiran pun jernih.

Chatting dengan teman

Bila stress dengan suatu masalah maka pengalaman saya pribadi lebih memilih curhat dengan teman yang saya percaya lewat chatting. Saya akan memilih salah seorang teman yang tahu akan persoalan yang sedang saya hadapi dan menceritakan tentang apa yang saya rasakan. Meskipun tidak ada solusi namun setelah mengetik kata demi kata dan meluapkan segala hal tentu akan membuat fikiran tenang.

Menelpon seseorang yang bisa dipercaya

Orang yang berkepribadian introvert seperti saya lebih nyaman curhat lewat telepon daripada ngomong langsung. Bila saya sedang menghadapi masalah yang sangat besar, saya akan menelpon abang saya @razack-pulo untuk curhat. Menelpon keluarga atau saudara adalah alternatif pilihan yang bisa digunakan.

Mengunjungi tempat-tempat yang disukai

Saya sangat menyukai pantai, alam pegunungan dan persawahan atau taman untuk saya kunjungi. Menikmati pemandangan dan panorama alam yang indah tentu akan menyejukkan hati dan perasaan.

Menulis

Menulis di diary atau laptop dan mengetik huruf demi huruf tentang apa yang dirasakan akan membuat fikiran menjadi lebih tenang. Beruntungnya sekarang sudah ada steemit untuk menulis dan berkarya. Mendapat reward dan dukungan dari teman-teman akan menjadi penyemangat tersendiri dalam menghadapi hari.

Menggambar

Bagi yang hobby menggambar, ini bisa menjadi pilihan dalam mengatasi stress. Menggambarkan dan menciptakan sebuah bentuk yang indah. Tambahkan warna-warna ceria di gambar yang ada buat. Bila anda cukup puas dengan hasil gambar yang anda buat, anda bisa membagikannya di steemit. Mendapat penghargaan dari teman-teman terhadap gambar yang dibuat akan ikut memperindah hari kita.

Membaca

Membaca buku-buku motivasi juga bisa dijadikan pilihan dalam mengatasi kegalauan yang ada. Gunakan kata-kata motivasi sebagai penguat agar lebih semangat. Buku La Tahzan bisa sebegai referensi. Saya juga sering membaca novel-novel terjemahan dan membuat fikiran saya mengembara ke tempat-tempat yang indah.

Berdoa

Ini hal yang paling penting dan utama sekali.
Menyerahkan segala persoalan yang kita hadapi kepada-Nya dan ridha akan segala ketentuan-Nya bahwa semua yang terjadi dalam diri kita bahwa inilah yang terbaik yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya. Yakinkan hati bahwa Allah memberikan masalah tidak akan melebihi kemampuan kita dan yakini juga bahwa Allah masih sangat sayang terhadap kita.


pixabay

Demikian tips-tips sederhana dari saya dalam mengatasi stress dan persoalan yang sedang saya hadapi. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Wassalam,

@sittishabir


Posted from my blog with SteemPress : http://sittishabir.com/2018/07/12/tips-mengatasi-stress-untuk-orang-yang-berkepribadian-introvert/

Sort:  

Mungkin juga perlu mendekatkan diri kepada yang maha kuasa😀

Iyup benar. Ada tu di point terakhir...berdoa.

Tulisan yang sangat menarik, sukses terus sitti

Makasih kak Rika

postingan yang sangat membantu, terimakasih

Yang namanya kita hidup mustahil nggak pernah stress ya kan? Tapi kalau kita tahu apa tipe diri kita, akan lebih mudah untuk menanganinya, stress juga perlu di manage supaya nggak merajalela hehehe.

Yups...benar banget Ihan

seperti membaca Al-Quran

Yups dek itu harus...membaca al-qur'an akan membuat fikiran lebih tenang

Terima kasih tipsnya siti

Posted using Partiko Android

Sama-sama say

Sejujurnya, tipe introvert akan susaaahhh jika stress. Apalagi klo ga terbiasa/tidak ada tempat utk curhat. Maka opsi berdoa, tidur dan jalan-jalan adalah yang biasa saya lakukan, kak. Karen, mau nangis pun udah gak bisa hahaha

Yups, yg penting harus semangat dan jangan larut dalam kesendirian...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 64432.28
ETH 2648.26
USDT 1.00
SBD 2.78