Batik Merupakan Identitas Indonesia

in steempress •  last month

Dear Steemian, Apakah Anda Pecinta batik? Saya pribadi kerap sekali mengenakan batik sebagai identitas Indonesia. Batik tidak hanya berupa kain, tetapi sudah menjadi gaya hidup dalam keseharian. Batik merupakan identitas dan adat-istiadat yang memiliki makna dan simbolis di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kain ini memiliki nilai estetika yang menjadi wajah Indonesia yang dikagumi di kancah Internasional.

Keberadaan batik telah diakui hingga mancanegara. Taiwan, salah satunya. Batik tidak hanyadikenakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di Pulau Formsoa ini, tetapi juga penduduk setempat dan wisatawan manacanegara. Pada acara pergelaran kebudayaan, pengenalan batik sealu djadikan agedan acara atau dresscode. Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut sebagai ajang promosi kebudayaan Indonesia ke kancah internasional.


Acara pameran sekaligus promosi kebudayaan yang terbesar dan dihelat pada tahun 2018 adalah Indonesia Weekend. Acara yang diprakarasai oleh Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI Taipei, bekerja sama dengan kelompok UKM. Indonesia, dan beberapa sponsor besar di Taiwan. Pada acara tersebut juga berlangsung fashion batik yang menampilkan para modelnya rekan-rekan PMI dengan menggunakan desain dengan konsep batik. Meskipun bukan seorang model yang mempelajari yang kerap belengak-lenggok di atas catwalk, penampilan mereka begitu piaway dan indah dipandang.


Batik bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Banyak tokoh dunia dan desainer internasional sangat terpesona oleh batik.

Keragaman batik yang begitu indah, kerap menjadi inspirasi oleh desainer yang memasarkan produknya ke luar negeri. Ini tentunya menjadi nilai tersendiri dalam rangka mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke kancah internasional.

Taiwan, 21 September 2018

Salam hangat

@ettydiallova




Posted from my blog with SteemPress : https://aksaradiallova.org/2018/09/21/batik-merupakan-identitas-indonesia/
Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Benar kak @ettydiallova.

Real Pribumi :)

·

Yupz! @ayuramona
Style Budaya nysantara.

Sama. Saya juga cinta batik. ..salam kenal mbak.

·

Salam kenal kembali Mba @wahyulestari.
We Love Batik.

Batik memang banyak sekali peminatnya, ya, Kak. Seorang diplomatku (Turkish Diplomat), beliau sukaaaa banget dengan batik. Bahkan belajar memahami tentang batik dan sejarahnya, dan teramat cinta dengan motif terang bulan. Ah, jadi kangen deh dengan beliau, yang telah kembali ke negaranya.

Kalo saya sendiri, jarang pake baju batik sih, bukan ga suka, tapi lebih suka dengan asesoris yang dari batik. :)

·

Banyak penduduk lokal Taiwan yang mengikuti pelatihan pembuatan batik pada acara-acara tertentu, Kak Al. Bahkan 95 % pesertanya justru masyarakat negara lain yang ingin tahu lebih banyak tentang budaya Indonesia.

Batik telah mendunia yah.

Keren kak...
Saya senang ketika melihat orang menggunakan batik, terlihat lebih menarik...
😊😊

Posted using Partiko Android

·

Betul sekali @yose90.

Kentara Indonesia sekali, jika batik dikenakan pada acara resmi di luar negeri.

Wanita jd makin anggun dgn memakai batik
Sedangkan pria jd makin gagah dgn memakai batik 👍

batik itu keren ya, aku lihat foto di atas meski batiknya dikreasikan jadi beberapa macam model tetap terlihat keren