Balada Caleg Cadangan

in #steempress6 years ago

Bila di daerah lain kata pemilih pemula menjadi keyword yang ranum namun di daerah saya berbeda halnya. Kami lebih serius menyoal caleg pemula.

Sebagai daerah yang memberlakukan Syariat Islam maka Aceh memberlakukan suatu mekanisme khusus yang berkenaan dengan penerapan syariat Islam tersebut. Mekanisme tersebut adalah bahwa bacaleg harus melewati uji baca Al Quran. Ini menjadi menarik ketika ternyata di negeri syariah ada bacaleg yang tak lulus dalam uji baca Al Quran tersebut.


http://www.google.com

Saya tak menganggap hal ini abai. Bisa jadi orang yang mampu membaca namun karena demam panggung lalu gagal. Namun ada juga yang memang "klo priep". Semua kemungkinan bisa berlaku. Maksud saya dalam test tersebut mereka hanya dituntut bisa membaca dengan aturan standart yaitu betul makhrajul huruf dan tepat tajwidnya. Apa dinanya banyak juga para bacaleg yang berguguran.

Nah kawan, yang menarik adalah ketika dari pihak partai merasa sudah menseleksi dengan ketat para bacaleg namun ada beberapa yang gugur. Beberapa partai tampak kelimpungan menghadapi kondisi ini karena hal ini salah satu hal yang diluar prediksi.

Yang terjadi kemudian adalah partai menjadi agresif untuk meminang caleg pengganti untuk memenuhi kuota. Salah satu kawan saya mengalami hal tersebut.

Beliau adalah praktisi pendidikan. Bergaul dengan peserta didik adalah kesehariannya. Malam itu kami duduk di sebuah warung kopi. Ia jadi gelagapan ketika disasar oleh sebuah parnas didaulat menjadi calon legislatif cadangan. Sebenarnya saya baru kenal dengannya dikenalkan oleh seorang steemian juga.

Raut wajahnya masih tampak bingung. Saya menerka mungkin ia masih dalam kondisi "hampa udara", dimana ia sendiri masih antara percaya dan tidak bahwa ia masuk dalam daftar caleg.

Setelah panjang lebar mengalirnya diskusi saya tanyakan suatu hal apakah ia benar ingin terpilih. Butuh beberapa jenak menunggu jawabnya. Tampak berpikir keras hingga ia berkata sambil menggelengkan kepala.

Entah apa yang ada dalam pikiran saya ketika tiba-tiba saya berucap "Bang, dulu Abdullah Puteh perlu empat kali bertarung hingga dia terpilih menjadi gubernur. Santai sajalah bang, targetkan saja kali ini Abang ingin memperkenalkan diri pada konstituen".

Beberapa malam berikutnya kami kembali bertemu. Tapi raut bingung tak tampak lagi. Saya menjadi sumringah ketika saya tanyakan apakah ia sudah punya calon konstituen yang solid. Tanpa disuruh ocehannya aliran tentang beberapa keluarganya yang tinggal di beberapa desa yang padat penduduk dan kerabatnya juga tokoh disana. Ia juga berkisah bahwa iparnya punya pengaruh di beberapa komunitas. Lalu juga ia menceritakan akan bersosialisasi dikalangan peserta didiknya, hhmmmm.

Saya tersenyum dalam hati sepertinya sang caleg ini mulai serius. Menurut saya itu bagus paling tidak fokus pada hal yang kita kerjakan adalah wajib hukumnya.

Saya mendoakan semoga Allah punya rencana baik untuk Abang ini. Namun saya ingin katakan agar ia siap kalah, siap bila tidak terpilih.

Selamat bertarung bang !


Posted from my blog with SteemPress : https://malas-nulis.000webhostapp.com/2018/08/balada-caleg-cadangan

Sort:  

Laju deuh timses

Hahaha....
Harus na perjanjian hitam puteh kali nyoe...
Suaraku walau hanya satu sungguh bermakna,
Karena setiap suara yang akan diberikan, itu akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak,
Mudah2an, amanah... Bek sampoe tanyoe yang meuramah...😂

Merambah asai di tubit santan Hana peu peu, nyoe meramah yang na reudom bak pha

Hahaha...
Cocok buat slogan untuk caleg keu gura2

Untong lon Hana jadeh kuek barosa. Man Adak meusikira dibie peng watee nyan, ka jadeh cit u rak keunan. Hahahahaaa

Langsung jadi tulisan, salut buat @bangrully. Ngomong-ngomong siapa sih yang timses?

Syedara tanyoe syit

Cerita mantap tentang politik praktis
Caleq cadangan utk gantikan caleq gagal......
proses ini hanya ada di Aceh krn adanya UUPA jadi utk caleq dari aceh harus ada test baca Alquran.....

Makasih bang, senang sekali Abang sudah singgah sudah singga

Hello @bangrully, thank you for sharing this creative work! We just stopped by to say that you've been upvoted by the @creativecrypto magazine. The Creative Crypto is all about art on the blockchain and learning from creatives like you. Looking forward to crossing paths again soon. Steem on!

You make me glad , thank

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 61588.80
ETH 3006.18
USDT 1.00
SBD 3.64