Let's Do POWER UP.....!!!!!

in #steempower6 years ago (edited)

Header.JPG

Image Source
Istilah Power Up mungkim sudah tidak asing lagi bagi para pengguna steem. Power Up adalah sebuah tindakan mengkonversi steem menjadi Steem Power (SP). Selain dengan cara Power Up, Steem power juga dapat di peroleh melalui pembelian dengan mata uang krypto melalui media-media exchange seperti @blocktrades.

Namun sekarang timbul pertanyaan kenapa Steem Power sangat penting ? Jawabannya sangat simple karena Steem Power adalah sumber daya yang sangat di butuhkan oleh sebuah akun dalam berinteraksi dalam dunia steem. Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya bila sebuah akun tidak memiliki sumber daya, yang pasti akun tersebut tidak akan memiliki daya guna untuk berinteraksi alias mati suri.

Jika diperhatikan setiap pembuatan akun steemit secara normal (tidak melalui cara instan) selalu mendapatkan delegasi steem power sebesar 14 SP bahkan ada yang mendapatkan 27 SP. Hal ini dimaksudkan agar akun tersebut memiliki daya guna sehingga dapat melakukan interaksi di dunia steemit. Singkatnya steemit telah menciptakan formulasi pemberdayaan melalui pendelegasian Steem Power kepada akun-akun baru yang dibuat.

Disaat harga Steem Dollar dan Steem melonjak, banyak teman-teman melakukan penjualan kedua aset tersebut secara besar-besaran. Dalam pandangan saya, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena tindakan ini hanya melihat steem dan steemit untuk kebutuhan jangka pendek. Seharusnya sebagian dari penghasilan yang diperoleh dapar di konversikan menjadi Steem Power. Mungkin caranya bisa dengan memanfaatkan sbd dan selanjutnya melakukan pembelian steem melalui market dan lakukan power-up.

Keuntungan Power Up

Saya melihat setidaknya seorang pengguna akan mendapatkan tiga keuntungan saat melakukan Power Up yaitu meningkatkan curation reward, mendapatkan passive income, dan dapat melakukan pemberdayaan

Meningkatkan Curation Reward

Keuntungan terbesar jika melakukan power up adalah dapat meningkatkan curation reward. Voting value sebuah akun sangat tergantung kepada jumlah Steem Power yang dimiliki. Semakin besar Steem Power maka akan semakin besar voting value yang di miliki. Dengan sendirinya curation reward juga akan meningkat.

Untuk voting value ini dapat di hitung dengan menggunakan Upvote Calculator yang di sediakan pada www.steemnow.com atau dapat juga menggunakan fitur simulasi pada www.steemworld.org

Calculator.gif

Mendapatkan Passive Income

Ketika tindakan Power Up dilakukan maka otomatis sejumlah steem yang telah ditentukan akan berubah menjadi Steem Power. Bagi sebagian pengguna hal ini di anggap merugikan karena Steem Power tidak dapat di jual kapan saja, untuk mengkonversinya kembali dalam bentuk steem maka harus melakukan tindakan power down yang akan memakan waktu 13 minggu.
Bagi saya tindakan power up tidak memiliki kerugian karena saya menganggapnya sebagai salah bentuk investasi. Steem yang terpendam dalam bentuk steem power akan mendapatkan passive income. Coba perhatikan jumlah Steem Power yang dimiliki selalu mengalami pertambahan walau sangat kecil. Inilah yang saya maksud dengan passive income yang di dapati lewat Steem Power. Besaran passive income ini sangat bergantung pada jumlah Steem Power yang di miliki.

Dibawah ini adalah tampilan jumlah Steem Power yang saya miliki pada tanggal 28 January 2017 pukul 10:55. Jumlah Steem Power pada wallet saya adalah 1.427,540. Dengan claim cuartion reward terakhir 0,017.

Passive Income 01.gif

Dan yang dibawah ini adalah jumlah Steem Power yang saya miliki pada tanggal 28 January 2017 pukul 21:07 (lebih kurang selisih 10 jam dengan gambar diatas). Steem Power yang saya miliki adalah 1.427,570. Dalam rentang waktu 10 jam tersebut saya tidak melakukan claim terhadap reward apapun.

Passive Income 02.gif

Maka jika dilakukan analisa secara sederhana dalam waktu lebih kurang 10 jam, Steem Power saya meningkat sebesar 0,030. Inilah yang saya maksud sebagai passive income dari Steem Power. Menurut saya pertambahan ini akan semakin besar jika saya memiliki Steem Power yang lebih besar.

Dapat Melakukan Pemberdayaan

Ketika sebuah akun memiliki steem power yang besar maka hal ini sangat mendukung untuk dapat melakukan pemberdayaan lewat pendelegasian Steem Power.

Delegation.jpg

Delegasi Steem Power adalah meminjamkan sebagian Steem Power untuk dapat di gunakan oleh akun lainnya. Dengan adanya delegasi ini maka akun-akun baru akan memiliki daya guna yang lebih baik hingga nantinya akun-akun baru tersebut akan mampu mandiri karena telah berhasil mengumpulkan Steem Power lewat aktivitas kurasi ataupun tindakan power up.

Bagaimana Cara Melakukan Power-Up

Untuk melakukan Power Up bisa di tempuh dengan dua cara sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya yaitu lewat konversi steem atau melakukan pembelian melalui exchange.

Power Up Melalui Konversi Steem

Berikut ini cara melakukan Power Up dengan menggunakan konversi Steem. Silahkan klik pada tanda panah di samping jumlah Steem dan pilih Power Up. Kemudian klik tombol power, masukkan nama akun dan password. Lakukan eksekusi konfirmasi dengan cara klik tombol sign-in.
![Power Up Steem.gif]()

Power Up Melalui Media Exchange

Untuk melakukan Power Up melalui media exchange maka di butuhkan sejumlah mata uang crypto tertentu. Berikut ini adalah contoh pembelian Power Melalui Media Exchange @blocktrades.
![Buy Power Up.gif]()

Kesimpulan

Melakukan tindakan power-up adalah tindakan investasi jangka panjang dan akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Sebaiknya setiap reward yang di dapatkan tidak seluruhnya di cairkan, namun lakukan Power Up paling tidak 50% dari jumlah reward dan sisanya silahkan dipergunakan untuk pencairan ataupun digunakan untuk kebutuhan trading. Namun itu semua berpulang kepada keputusan masing-masing.

Semoga bermnafaat


@dodybireuen


Sort:  

Benar sekali bg @dodybireuen. Power up sangat penting bagi sebuah akun, dan dengan sarannya ini nanti kedepannya akan saya coba power up penghasilan saya. Terima kasih sarannya bg.

Sangat bermanfaat

kalo bagi pemula seperti saya bang,sangat lama menunggu tertimbunnyA steemp power..dan kalau kita simpan di sbd dan steem ada kemungkinan cepat jadi pundi2 bang..gmn mnurut bang @dodybireuen ?

kalo saya akan menyimpannya dalam bentuk steem, dan bagi pemula lebih baik focus untuk meningkatkan steem power lebh dulu. Jangan berpikir untuk melakukan pencairan dalam rupiah kecuali sudah sangat membutuhkannya.

siap bang!!
tp kenapa abg simpannya bnyak di steem?kenapa bukan di SBD?
Secara harga SBD selalu lebih tinggi dari harga Steem?

Because I'm Steem Lover ;)
Bagi saya strategi paling aman adalah menyimpan aset dalam bentuk steem, jika harga steem turun maka bisa dilakukan power-up

tapi jika harga steem lebih tinggi dari sbd, maka akan sulit untuk mendapatkan steem dengan perbandingan 1:1 (1 sbd = 1 Steem). tapi itu semua kembali ke pribadi masing-masing

sipp bang..saya sudah mengerti..intinya trgantung keputusan pribadi ya bang..
harus lebih bnyak belajar lg ni ma bang @dodybireuen,,trima kasih info dan pmbelajaran singkatnya ya bang

terima kasih bg informasinya, dengan penjelasan ini saya semakin mengerti tentang steem power.

ini masukan atau ide yg sangat baik, namun saya belum bisa menukar kan karna sbd maaih minim sekali hehehe..

keren bang analisanya

Terima kasih informasinya bg @dodybireuen

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 67033.58
ETH 3521.90
USDT 1.00
SBD 3.20