Melalui Gambar Siswa Belajar Menjaga Alam

Hello,sahabat steemit sekalian.
image
Guru, pendidik atau pun pengajar adalah profesi saya saat ini. Namun menjadi guru di SD/MI bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan dan dihadapkan pada beberapa tantangan. Apalagi saya menjadi guru belum lah lama. Tentunya masih sedikit pengalaman saya dalam bidang ini. Walaupun ketika menempuh pendidikan dulu telah saya pelajari teori- teorinya, namun dalam praktek terasa lebih susah.

Setiap hari saya harus berpikir keras untuk mendapatkan tehnik yang cocok untuk saya terapkan. Hal tersebut harus saya lakukan untuk mencegah siswa merasa bosan dalam pembelajaran.

Mengingat siswa SD/MI adalah anak- anak yang masih berusia 6-11 tahun. Usia tersebut adalah dimana biasanya anak-anak masih suka bermain. Ketika siswa masih suka bermain dan guru harus mentransferkan ilmu nya, lalu apa yang harus dilakukan agar ilmu yang ditransfer oleh guru dapat di pahami dan diterima baik oleh murid.

image
Tadi pada saat saya membahas tentang " pemanfaatan sumber daya alam dengan tidak bertanggung jawab", saya menuliskan beberapa contohnya kemudian saya meminta siswa untuk menggambar pohon. Dengan menggambar lalu di cat,saya berharap akan lebih menarik bagi siswa ketika belajar kembali dirumah.
image

Dengan metode menggambar siswa dapat mengkreasikan pemikirannya dalam sebuah gambar dan mengungkapkan perasaan mereka dalam gambar tersebut. Apalagi tema yang saya angkat tentang sumber daya alam, ini akan mengingatkan mereka akan pentingnya menjaga alam yang nanti bisa jadi pengetahuan yang bisa mereka terapkan dalam menjaga alam. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga alam dan kenapa alam bisa rusak.
image

Menggambar yang berwarna menjadi sesuatu yang sangat disukai oleh siswa yang notaben nya masih anak-anak dan membuat mereka tertarik untuk membaca. Dan ternyata siswa sangat tertarik dan begitu bersemangat dalam belajar.

Sekian pengalaman mengajar saya hari ini diharapkan bermanfaat.

Salam sukses sahabat steemit

Sort:  

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, saya kan berkunjung ke blog @puncakbukit

Tetap semangat dalam mengajar ya.. itu sangat bagus

Syukkran @jamal.jeje
Semangat memang sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan
Semangat kembali untuk mu @jamal.jeje

Congratulations @iza.fhonna! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

By upvoting this notification, you can help all Steemit users. Learn how here!

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56542.34
ETH 2391.51
USDT 1.00
SBD 2.30