Ajari Aku Menulis Walau Sata Kata

in #steemit6 years ago

imageMenulis harus memiliki banyak ide dan gagasan untuk dituangkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Menulis adalah perkerjaan menyenangkan, walaupun terkadang kita sulit mendapatkan ide dan gagasan untuk sebuah cerita

Saya dulu sempat menjadi penulis,dan kemudian saya berhenti karena mengundurkan diri dari reporter Aceh TV. Pengalaman saya pertama mengirim tulisan adalah ke sebuat surat kabar ternama di aceh terkait keluhan jaringan internet. Tulisan saya dimuat dikolom pembaca. Saat itu saya bangga dan merasa mejadi penulis.

Dengan modal kolom pembaca tadi, semangat saya terus terpacu untuk menulis. Mencoba mencari isu hangat yang banyak diulas oleh media-media. Beberapa artikel saya kirim serambi Indonesia. Entah artikel keberapa akhinya muncul opini saya yang pertama dengan judul "save rohingnya"

Dari situ saya merasa sudah menjadi penulis. Padahal menjadi penulis itu tidak gampang. Harus mempunyai pengetahuan yang luas dan membaca banyak buku-buku penulis ternama. Jika tidak mau demikian, tentu saya mendapatkan ide dan gagasan untuk menulis.

Biarpun terkadang kita kesulitan ide dalam menulis, anggaplah menulis itu gampang. Catatlah tentang apa yang kamu lihat sehari-hari dan ceritakan kembali, baik gambar atau video menarik menurut kamu. Temukan sesuatu yang baru dari gambar atau vedio tetsebut.

Saya sarankan menulis sebaiknya juga harus ada gurunya. Meskipu ada sebagian penulis belajar sendiri atau outodidak, tidak ada larangan. Bahkan banyak diantara mereka yang serius menggelutinya menjadi penulis terkenal.

Yang perlu dipamahi sedikit dalam menulis adalah katagorinya. Seperti menulis berita, cerpen dan novel ada spot-spotnya. Untuk berita jangan lupan unsur 5 W +1 H itu harus dimasukkan. Cerpen singkat dan padat tidak berliku-liku. Sedangkan Novel harus banyak konflik ataupun yang membuat orang penasaran terhadap isi ceritanya.yang perting deskripsi,dan Narasi dan dialog harus dimasukkan dalam novel.

Baiklah stemian sekalian. Intinya tanamkan dalam benak kalian menulis itu gampang. Namun harus dibarengi dengan jumlah bacaan. Jika bacaanya kurang tentu saja tulisan kamu kurang berisi. Yang penting jikapun jadi penulis terkenal sikap rendah hati harus dikedepankan. Terimakasih telah membaca sedikit goresan dari saya. Follow dan kita berteman @yusufsupercenter

Sort:  

Benar @yusufsupercenter, sebelum menuangkan sebuah tulisan harus lebih dulu mengisi pengetahuan dengan membaca buku-buku sebagai media pengetahuan itu sendiri.

Ya itulah.. Terkadang suka nulis. Kebanyakan tulisan berulang karena kehabisab bahan. Semoga kita Terus memotivasi diri terus membaca..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57497.94
ETH 3099.12
USDT 1.00
SBD 2.32