MEMAHAMI KONSEP DASAR PLATFORM STEEMIT (Comunitas Steemit Indonesia @wandacbr)

in #steemit6 years ago (edited)

image

Banyak pemula Steemian yang masuk ke sistem atau komunitas steemit tanpa mengetahui bagaimana cara bekerja, hanya bisa bingung dan sering mengabaikan platform tanpa dengan benar-benar mengetahuinya, ini sungguh sangat disayangkan bagi seluruh komunitas Steemit. Bahkan sangat banyak pula steemian yang berpengalaman berjuang untuk bisa sukses dalam komunitas ini. Dan saya merupakan seorang Steemit Pemula juga, yang masih berjuang untuk memahami konsep platform agar bisa lebih baik lagi untuk kedepannya.

▪ Dibawah ini saya ingin membahas tentang beberapa prinsip dasar untuk menjadi sukses dalam steemit.

A. Mengerti dengan mekanisme platform, seperti:

  1. Mendapatkan penonton/pengikut.
  1. Model kepemilikan.
  2. Meningkatkan mekanisme.
  3. Teknologi platform.

B. Berinteraksi, menciptakan jaringan dan membentuk suatu hubungan, seperti:

  1. Mengomentari pos orang lain.
  1. Menggunakan steemit chat.
  2. Menggunakan discord chat.
  3. Melakukan interkoneksi jaringan melalui media sosial lainnya.
  4. Buatlah diri kita kreatif dan gunakan atau kembangkan Super Power yang kita miliki.

![image]()

Sebelum kita mulai terjun ke dunia steemit, alangkah baik kalau kita perlajari dulu apa itu steemit dan kenapa bisa terkenal banget bahkan sampai keseluruh dunia. Awalnya kita mesti buktiin terlebih dahulu kenapa steemit ini bisa terkenal banget sampai keseluruh dunia. Mungkin salah satu caranya dengan melihat ke volume perdagangan (Coinmarketcap) atau nilai steemnya yang semakin hari semakin meningkat. Di tahun 2016 nilai satuan steem cuma seharga $0.9 saja, dan sekarang kalau tidak salah sudah mencapai $3,20. Saya rasa inilah data yg kuat utk membuktikan bahwa steemit semakin meningkat atau terkenal.

![image]()
> Steemit ini merupakan sebuah komunitas atau forum yang penggunannya untuk bisa mencurahkan isi konten kita atau postingannya sehingga bisa mendapatkan penghasilan atau membangun ATM Duit . Saya sudah mempelajari sedikit secara dasar apa itu steemit, perasaan saya sangat berdebar-debar setelah saya tahu tentang steemit, dan saya rasa para pemula steemian semua juga merasakan hal yang sama dengan apa yang sudah saya rasakan nantinya. #### SUMBER

Selanjutnya, ketika kita menjadi member di forum Steemit dan berbagi konten, kita juga dapat mendapatkan duit (dollar), berdasarkan seberapa banyak orang yg upvote postingan dan komentar yang kita postingkan di forum Steemit. Jadi forum steemit ini tidak cuma post kita yang dibayar, akan tetapi komentar-komentar kita yang bagus atau bermutu juga akan di bayar.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bahas tentang Steemit, bahkan saya juga sudah mengambil screenshot dan langkah-langkah tutorial yang bermanfaat untuk membantu kita memahami lebih dalam lagi tentang steemit. Karena pada hakikatnya steemit masih sangat baru, jadi saya butuh waktu untuk merangkum semuanya sebaik mungkin. Jadi untuk artikel kali ini saya akan dibahas secara dasar saja dulu tentang steemit.

▪Pada dasarnya steemit memiliki 3 jenis wallet yang akan diberikan kepada kita setelah kita mendaftar:

1. Pertama ialah Steem dollar (SBD).

Contoh:
image

Steem dan Steem Dollar dapat ditransfer ke wallet lain entah itu wallet users atau wallet exchanger... Sedangkan Steem Power tidak dapat ditransfer sebelum 2 tahun berlalu.

Line Break.png

2. kedua ialah Steem Power (SP).

Contoh:
image

Steem power ini akan menentukan seberapa kuat kualitas upvoting kita, dengan kata lain semakin besar steem power yang kita punya, semakin banyak dollar yg dihasilkan dari upvote kita.

Line Break.png

3. ketiga ialah Steem.

Contoh:
image

Steem yang dapat ditransfer kapan saja, dan dapat dikonversi ke steem power dalam proses yang disebut dengan powering up atau dapat kita perdagangkan.

Line Break.png

Nah.. jadi kita akan memberikan sedikit gambaran, supaya kita kaji kembali alasan ketika pertama kalinya kita mendaftar atau join ke Steemit.

• pertama:

Kita dikasih gratis Steempower yg bernilai antara $3 sampai dengan $10. Tanpa modal pun kita sudah mendapatkan sesuatu.

• Kedua:

Kita hanya perlu kirim konten atau tulis saja apa yang mau kita tulis, posting saja apa yang mau kita postingkan. Dan jika konten kita bagus atau menarik, kita akan menghasilkan duit. Saya melihat banyak sekali para steemiter yang menghasilkan ribuan steem dollarnya hanya dengan menulis konten.


![image]()
#### SUMBER

Sebelum saya mengakhiri artikel saya ini, ada sedikit hal yang menarik atau kabar gembira tentang steemit untuk kita semua, steemit untuk saat ini masih dalam tahap BETA. Untuk saar ini steemit mempunyai kurang lebih 200ribu member, Artinya besar kemungkinannya kalau steemit ini akan semakin berkembang dan sangat berharga lagi untuk kedepannya. Sekian aja dulu dari saya, dilain waktu saya akan coba sharing artikel tentang steemit yang lebih kepada sisi teknikalnya dan yang konsisten.

image

Berikut Rekan-Rekan Setia Steemian Kandang Lhokseumawe

@alanmirza

@siatteuk

@miswarjr

@hamdani01

@ahmadmufazal

@teuku-umur

@alfavolfo11

@nasirkandang

@wankomo

Salam Hormat Dari Saya

@wandacbr

TERIMA KASIH BANYAK SAHABAT STEMIAN SEMUA

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64386.10
ETH 3142.17
USDT 1.00
SBD 3.98