Sisi lain Steemit - Apakah komunitas dalam Steemit penting?

in #steemit6 years ago (edited)

image

Pixabay

Mari kita berbicara soal komunitas. Pandangan pribadi saya, komunitas dalam Steemit itu memang penting. Semua Steemian bebas berkomunitas tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Bagi saya, Steemit itu sendiri adalah komunitas. Ia adalah komunitas global bagi Steemian di bawah logo yang sama. Saya kurang sepakat jika ada orang-orang yang mengajak Steemian lain untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Di mana komunitas tersebut memiliki nama atau logonya sendiri.

Sejak bergabung bersama Steemit, saya tidak ingin berafiliasi ke dalam komunitas mana pun. Bagi saya, duduk satu meja sambil menikmati kopi dengan sesama Steemian lain juga bagian dari sebuah komunitas. Kita bisa saling mendukung dan berbagi informasi secara terbuka, belajar bersama, dan sama-sama berpikir bagaimana kita dapat mengembangkan akun sendiri. Itu pernah saya alami secara pribadi dengan beberapa Steemian. Kami saling belajar dan berbagi pengalaman.

Apa yang terjadi kemudian - ketika para Steemian membentuk sebuah komunitas di bawah embel-embel dan logo tertentu - ternyata seperti yang saya duga. Beberapa Steemian yang saya tanyai malah memilih untuk tidak membahas hal tersebut. Terlalu banyak drama di sana. Hukum alam berlaku. Sepanjang-panjang lidah yang dijulurkan, ternyata ada lidah yang lebih panjang lagi.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Steemit tidak seperti yang kita bayangkan. Kita tidak bisa kaya dalam sekejap. Ada baiknya kita memberikan pemahaman yang benar tentang Steemit kepada pendatang baru. Pemahaman yang benar tentang postingan, tentang komunitas, atau tentang penggunaan tag.

Kembali lagi ke komunitas dan tak perlu muluk-muluk. Jika Anda ingin berkembang di sini, maka komunitas meja kopi yang Anda bentuk juga akan dapat berkembang jika Anda memiliki visi yang sama, dibandingkan jika Anda bergabung dalam sebuah komunitas besar yang terlalu diatur dengan aturan-aturan yang membingungkan.

Jika Anda terlalu berharap datangnya kurator untuk melirik postingan Anda, maka Anda akan siap-siap untuk kecewa. Apalagi jika Anda orang baru dan tidak memahami jejak-jejak kurasi. Satu hal lagi, janganlah terlalu membandingkan reward yang Anda dapatkan dengan postingan orang lain. Semua membutuhkan proses yang panjang.

Steemit adalah komunitas yang global. Kualitas postingan bukanlah hal yang utama dalam teknologi ini. Tapi jangan juga Anda membuat postingan asal-asalan. Ini juga akan merusak reputasi Anda. Bukankah sebaik-baik perkara adalah pada pertengahan?

Postingan ini saya tulis ala kadarnya setelah berjumpa dengan seorang Steemian baru. Postingan ini bukanlah kebenaran yang mutlak! Sebagai orang muda tentu saya banyak kesalahan. Ambil yang baik dan buanglah yang buruk menurut Anda.

Sort:  

Kita bisa saling mendukung dan berbagi informasi secara terbuka, belajar bersama, dan sama-sama berpikir bagaimana kita dapat mengembangkan akun sendiri. Itu pernah saya alami secara pribadi dengan beberapa Steemian. Kami saling belajar dan berbagi pengalaman.

That what makes STEEMIT beautiful.. 😍😘

Sepakat dengan @teukumukhlis...seharusnya kehadiran steemit membuat kita bertambah teman, bukan malah menjadi terkotak kotak. Banyak hal yang ada di media sosial ini, dan itu dapat bersama didiskusikan.
Terlebih seperti kami yang baru berselancar di steemit. Namun prinsip saya hanya satu, gunakan steemit dengan bijak dengan mempost hal hal yang berguna dan menarik. Ini akan mendorong minat dan motivasi kita untuk menulis dan membiasakan menggunakan medsos secara benar. Saleum @agustiarismail

Terima kasih, Bang. Semoga sukses. Hehehe, sang peurlee tameusaba meu sithon.

Nyan keuh nyan... Ureung saba luah lampoh hahahaha

Loen ikit bie nilai keudroneuh @agustiarismail

penting bagi saya karena bisa berbagi ilmu terutama yang bermanfaat.

Sukak bacanya, jelas gag bertele tele.. 👍

Thanks. Mencoba untuk menguraikan tali-tali kusut.

Saya tertarik dg statement ini
"Kualitas postingan bukanlah hal yang utama dalam teknologi ini. Tapi jangan juga Anda membuat postingan asal-asalan. Ini juga akan merusak reputasi Anda. Bukankah sebaik-baik perkara adalah pada pertengahan?"
Jika saya justru menulis suka2 hati jaa (bukan bhs indo yg baik dn benar)
Toh yg baca juga org indo.
Hanya saja masih terjebak dg "tag" yg sok2an Inggris 😅
Terimakasih Krn postingan ini kereeen
Kalau d Lhok meet Skali Napa🔪🔪🔪🔪
Wa 082368677767

Takut saya, karena bawa 🔪🔪🔪

Setuju, ulasannya bagus, cukup dibawah satu logo, makin banyak komunitas malah jadi semakin terkotak-kotak

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by teukumukhlis from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Bagi saya pribadi steemit adalah salah satu komunitas yang berguna.
Bisa kita analisa selama ada steemit para pemuda pemuda yang biasanya hanya nongkrong doang dikedai kopi. tapi sekarang mereka berbeda dan sudah ada perubahan dengan pola pikiran yang jernih untuk memekirkan sebuah postingan yang bermanfaat untuk postingkan keakun steemit mereka.
Dan saya ucapkan terima kasih atas postingan anda yang bermanfaat bagi kami @teukumukhlis

Tapi jangan terlalu serius, jangan sampai tak ada waktu untuk berdiskusi secara nyata.

Mantap @teukumukhlis. Komunitas ujung ujungnya ditakutkan Steemian menjadi terkotak kotak. Ah sudahlah haha biarlah saya menjadi Steemian yang merdeka saja. Haha

Pilihan yang bagus. Merdeka dan bebas tanpa doktrin tertentu.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 65665.03
ETH 3585.68
USDT 1.00
SBD 2.53