Adab lebih tinggi dari pada ilmu

in #steemit6 years ago (edited)

Assalamualaikum guys
Ini adalah artikel saya yg 3 pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita sedikit kpda teman teman pernah kah kamu mendengar kata kata ADAB LEBIH TINGGI DR PDA ILMU biasa kata kata ini biasa terdengar di pondok pondok pesantren khusus ny Indonesia kata kata td bisa kita artikn rugi bagi seseorang yg mempunyai ilmu tinggi tetapi tidak mempunyai adab atau sopan santun biasa kita lihat sendiri contoh nya di kalangan kita orang yg mempunyai ilmu tp tidak mempunyai sopan santun pasti akan jatuh begitu lh sebaliknya nya orng yg tidak mempunyai ilmu tp dia mempunyai adab sopan santun pasti dia di senangi banyak orng dn melambung tinggi, apalagi adab ke pada seorang guru terlebih guru yg alim, guru yg karo ah klo kita bisa senang hati guru itu insyaallah kita akn senang dunia akhirat begitu juga balik klo kita menyakiti hati seorang guru durhaka ke pada guru sesuatu yg buruk bisa terjadi kepada kita.
ada sebuah cerita dulu pernah hidup seseorang yg tampan berkelana mencari ilmu pemuda tersebut pergi ke pelosok" ntuk mencari seorang guru yg bisa mengajari ny ilmu agama ketika tersebut tau siapa yg bisa mengajari ny mknya pergi lh ia kerumah orng itu.
Pemuda: biasa engkau jd kn aq menjadi murid mu
Guru : siapa engkau saya tidak menerima murid
Pemuda: tolong lah jd kn lh saya sebagai murid engkau
Stelah terjadi perbincangan yg panjang dn pemuda tersebut ttap bersikeras ntuk menjadi murid sang guru.
Guru : baik lh saya takut engkau tidak sanggup
Pemuda : insyaallah saya sanggup tuan guru
Guru : okey mulai skarang tugas kamu pagi siap kn kopi ntuk saya dan msak lh air hangat ntuk saya, siap kn makan saya dn bnyak lge yg di sebut kn
Pemuda : siap tuan guru
Hari hari pemuda tersebut berlalu cma ntuk melayani guru nya,Stelah berlalu beberapa tahun sampai lh saat ny pemuda tersebut bertanya kepada guru ny
Pemuda :wahai tuan guru kpan kh saya nisa belajar kpda engkau saya lihat beberapa tahun ini tugas saya cma memasak air hangat ntuk mandi engkau
Guru : dulu saya sudah mengatakan kpda kamu bahwa kamu tidak akan sanggup
Pemuda : iya tuan guru saya sanggup maaf kn saya guru saya sudah lancang bertanya
Pemuda tersebut selalu mematuhi guru ny tidak pernah sekali pun membantah,pada satu waktu pemuda itu hendak memanas kn air ntuk guru ny tetapi ia kehilangan korek api ia mencari di seluruh rumah tidak menemukan ny lalu ia melihat ada satu korek api tp korek tersebut milik sang guru, sangking besar ny hormat ny kepada sang guru ia takut mengambil korek krn takut tidur guru ny terganggu gara" dia, lalu pemuda tersebut memutuskan mencari ke luar di lihat ada satu rumah yg terlihat api lalu menghadiri ny dn berjumpa kepada sang pemilik yaitu nenek yg sudah tua ia meminta.
Pemuda : boleh kh saya mengambil api engkau ntuk memanas air ntuk guru saya
Nenek : boleh wahai pemuda tp dngan satu syarat
Pemuda : apa kh itu wahai orng tua qu
Nenek sebagai ganti nya engkau harus mengantikan ny dngan sebelah mata.
Pemuda tersebut terdiam sejenak dan menyetujui permintaan nenek tersebut krn pemuda itu tidak mau membuat guru ny telat mandi dn ia sangat hormat ke pada guru Stelah transaksi berlangsung pemuda tersebut pulang ke rumah dn melaksanakan tugas ny, tidak lama kemudian sang guru heran melihat tingkah laku muridnya selalu menutupi matanya dn bertanya dn pemuda itu menceritakan kn smua ny lalu sang guru mendekat kpda pemuda itu seraya memegang mata ny dengan kuasa SANG MAHA KUASA mata pemuda itu sembuh sperti semula bhakan lebih menawan dari pada sebelum ny lalu guruny berkata,
Guru pulang lh engkau wahai murid qu bngun lh balai pengajian yg luas dn besar.
Pemuda itu heran beslajar gk pernah kok bngun balai yg besar di karna kn pemuda tersebut merupakan orng yg penuh hormat ke pada guru ny ia tidak berani bertanya kepada guru ny singkat cerita Stelah pulang ke kampung pemuda itu melaksanakan sperti yg di katkn guru ny sehingga pemuda tersebut menjadi ulama terhebat di masa ny.
Smoga bermanfaat
SALAM ANAK STEEMIT IMG_20180412_093926_915.jpg

Sort:  

Betul sekali, dan ini yang sudah parah terkikis pada generasi kita

Iya kak skrng tidak ada lge yg sperti itu uda masa ny

Okey kak @hatu
Jngan lupa upvote saya yaaa @syanaa

Your images looks cool. Want to see more from you. About your homeland

Hahahah tanks my friend

Congratulations @syanaa! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63945.57
ETH 3135.76
USDT 1.00
SBD 4.00