Awal puasa dan buka bersama

in #steemit6 years ago

Hallo semua!! Gak kerasa sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Padahal baru kemarin rasanya lebaran tahu-tahu sekarang sudah puasa. Banyak hal yang perlu kita syukuri di bulan puasa ini selain karena amalan baik yang dilipat gandakan atau perasaan penuh syukur ketika berbuka puasa. Tapi terkadang kalian anak rantauan merasakah ingin bukber dengan suasana bersama keluarga tapi tuntutan seperti pekerjaan atau kuliah mengharuskan kita untuk menjalankan puasa jauh dari keluarga.
20160511_140108.jpg

Kalau terhitung sudah 3 tahun ini aku menjalankan puasa jauh dari rumah, ya karna aku harus kuliah di Semarang dan bapak ibu ku bekerja di Grobogan. Meskipun terkadang 2 minggu sekali aku pulang tapi sepertinya tidak bisa ku bantah kalo ternyata lebih nyaman menjalankan ibadah puasa dengan keluarga. Kalau dirumah setiap bulan puasa aku tak perlu menyiapkan apa-apa karna menu sahur dan buka ibu ku selalu memasak dan bukan Cuma menu utama kadang juga disiapkan es buah dan sedikit takjil. Oh ya… ibuku itu memang mahir untuk membuat kue tradisional terutama kue-kue basah. Kue kecil yang dulu sering disiapkan biasanya putu ayu, kolak/setut pisang dan makanan tradisional lainnya.

Aku ingat 1 makanan ringan yang sering dibuat oleh ibuku, dan aku lupa namanya. Seingatku itu adalah campuran antara adonan tempung terigu yang diisi dengan pisang dan gula jawa. Cara masaknya dengan dikukus selama 30 atau 60 menit dan dimakan. Cara memakannya bisa ditambah parutan kelapa atau langsung makan juga bisa. Hmm.. aku ingat kalau ibuku memasak itu aku bisa habis 2 biji sebelum makan nasi. Mungkin kalau aku pulang kampong nanti aku bisa meminta ibuku membuatkannya dan akan ku share ke kalian hehehe…

Nah, kembali lagi ke topik kalau dibandingkan memang lebih menyenangkan berpuasa di rumah. Tapi terkadang aku juga bersyukur karna selama hampir 3 tahun merantau, aku sering berbuka dengan orang-orang terdekat. Contohnya saja dilingkungan kost ku aku sering merayakan berbuka dengan teman satu kamar ku kadang malah dengan teman-teman satu kostan. Dimulai dari memasak bersama dan makan buka bersama, begitu pula dengan sahur. Dulu waktu semester 4 aku sering buka puasa didalam kelas ya karna dulu aku pernah menjadi asisten laboraturium dan juga pernah mengikuti kelas malam. Suasana buka di kelas berbeda dengan suasana berbuka dikostan, ya kalau dikelas aku hanya berbekal aqua gelas yang disediakan kampus dan makanan ringan seperti gorengan atau batagor yang dibeli didepan kampus. Dan setelah membatalkan puasa kuliah dimulai kembali atau bahkan break hingga selesai sholat magrib.
ciwi2.jpg
Tapi, semua orang pasti juga tahu kegiatan rutin di bulan puasa adalah buka bersama, hahaha… ini nih yang terkadang menghabiskan kantong. Ya, karna kadang yang ngajak bukber itu banyak dari teman SMP, SMA, Kuliah, kost dan UKM dan kadang lebih dari itu. Tapi intinya adalah kebersamaan yang dapat kita rasakan selama bulan ramadhan.
Memang bagi orang-orang moment ramadhan sungguh moment yang bisa digunakan untuk kumpul bersama. Begitu pula dengan anak rantauan meski terkadang makan buka atau sahur sendirian tapi ada beberapa hal yang perlu kita syukuri salah satunya adalah kebersamaa. Bukan Cuma dengan keluarga tapi teman sahabat itu juga keluarga yang baru. Aku tak tahu bagaimana ramadhan ku nanti. Tapi aku berharap semoga ramadhan kali ini memberikan berkah bagi kita semua. oh ya foto-foto ini adalah foto 2 tahun yang lalu hehehe... maklum aku belum bisa ngeshare foto terbaru...
P_20160622_183849.jpg
Sudah ya STEEMANIA, ini ceritaku mengenai bulan ramadhan dan moment kebersamaan. Kalian pasti juga punya moment yang sama, mari kita syukuri moment ramadhan ini dengan mengingat kewajiban kita dan berlomba-lomba mencari amal baik. Karna belum tentu kita bisa merasakan ramadhan tahun depan. Dan bagi yang merantau seperti aku, gak perlu khawatir karna waktu bersama keluarga menjadi sedikit. Karna kita masih memiliki keluarga yang lain yang bisa diajak menikmati moment bersama keluarga kost atau keluarga kampus misalnya. See you guys! Tunggu tulisanku selanjutnya….

Sort:  

Selamat menjalankan ibadah puasa 😊😊

iya sama-sama anda juga selamat menunaikan ibadah puasa

Ya sama-sama

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63186.04
ETH 3392.68
USDT 1.00
SBD 2.50