Setengah Tahun Saya di Steemit | A Half Year of Me in Steemit

in #steemit7 years ago (edited)

Hari ini, 9 Januari 2018 genap enam bulan atau setengah tahun saya mengenal Steemit--sebuah platform media sosial dengan teknologi berbasis blockchain. Bila dilihat dari jumlah hari, saya telah bergabung selama 184 hari.

Enam bulan ini bukanlah waktu singkat. Kalau di bangku kuliah, seorang mahasiswa sudah melewati sekali ujian semeter. Kalau seorang bayi sudah habis masa pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif. Nah, kalau dalam dunia sepakbola disebut paruh musim. Klub menjadi pemimpin klasemen sementara pada paruh musim sering disebut juara paruh musim (satu musim setahun). Begitulah kira-kira waktu enam dari tiga sudut pandang berbeda.


6bulan7.jpg


Namun bagi saya, waktu enam bulan di Steemit itu begitu cepat terlewati. Rasa-rasanya, baru satu atau dua bulan lalu saya mulai membuat artikel-artikel di Steemit. Meskipun terkadang artikel saya buat tidak ada yang “menghargainya” sama sekali tetapi tetap saya nikmati dengan lapang dada dan enjoy dan tidak perlu menyalahkan orang lain apalagi menjelek-jelekkan orang lain. Inilah dinamika kehidupan di Steemit.

Sama halnya dengan kehidupan kita dalam bermasyarakat. Kehidupan itu tidak selalu berada di posisi atas dan tidak juga selalu posisi bawah. Warna kehidupan ini harus kita nikmati dengan bersyukur dan terukur. Jangan terlalu euforia ketika mendapat berlian menumpuk dalam samudera dan tidak juga tenggelam dalam lesu ketika mendapat tumpukan limbah saat kita meraba.


6bulan6.jpg


Sejarah
Saya bergabung di Steemit, awalnya mendapat informasi dari senior di jurnalis sekaligus atas saya di media online GoAceh.om, @zainalbakri. Pada Senin malam, 3 Juli 2017 persisnya pukul 23.58 WIB, dia memerintah kami bertiga di grup redaksi GoAceh untuk membuat akun Seemit.

Dengan manis, bang ZB--panggilan kami kepadanya melukiskan gaya Steemit kepada kami sekaligus memberi contoh perjalanan manis jurnalis senior lainnya, @ayijufridar. Meski demikian, hastrat saya belum mencapai puncak karena digandrungi rutinitas lainnya.

Baru tiga hari kemudian tepatnya tanggal 6 Juli siang hari saya mencoba mendaftarkan akun Steemit tanpa tutorial. Akhirnya berhasil dan baru tanggal 8 Juli sore, Steemit menyetujui saya sebagai salah satu pengguna. Lalu tanggal 9 Juli tepatnya pukul 11.15 WIB, dengan hati gembira saya melaporkan kepada Bang ZB, kalau saya sudah punya akun Steemit.

Namun sedihnya, karena minim informasi dan saya terlalu bergebu-gebu, postingan hari pertama langsung berhadapan dengan Cheetah. Karena begitu semangat, hari pertama enam artikel saya postkan dalam kurun waktu 9 jam dan tiga di antaranya didatangi Cheetah.
6bulan4.jpg

Rincinya lagi, satu artikel milik orang lain dan saya ambil di salah satu blog dan dua artikel milik saya, namun telah dimuat di media massa tempat saya bekerja.

  1. Ahmad Dani Siap Menuju Parlemen Aceh 2019 (masuk Cheetah); tayang pukul 03:22:39 (UTC)
  2. Misteri Pulau Dikurungnya Dajjal (masuk Cheetah); tayang pukul 03:32:24 (UTC)
  3. Tiga Tanda Orang Berpuasa Mendapat Titel Taqwa tayang pukul 03:37:45 (UTC)
  4. Ujong Blang Lhokseumawe Aneka Pesona Bahari tayang pukul 04:08:33 (UTC)
  5. Kopi Sanger, Cappuccino-nya Aceh tayang pukul 14:50:24 (UTC)
  6. Bersih dan Eksotisme, Itulah Lokasi Wisata Bukit Lawang (masuk Cheetah); tayang pukul 16:34:12 (UTC)

Atas tiga pelajaran berharga di hari pertama itu dan hasil konsultasi dengan Bang ZB, seakan saya bersumpah tidak lagi mengambil artikel milik orang lain tanpa mencantumkan sumbernya, bahkan milik saya sendiri. Ini pelajaran berharga di platform media sosial paling antiplagiat ini.

Alhamdullillah, setelah hari pertama dihantui Cheetah sampai detik ini tidak lagi berurusan dengan robot pintar itu. Atas kejujuran itu, Alhamdulillah juga saya sudah mendapat kepercayaan dari banyak Steemians termasuk kurator Indonesia @levycore dan @aiqabrago. Terima kasih tak terhingga saya ucapkan kepada semuanya.

Sementara perkenalan saya sebagai newbie (pemula), baru saya buat di artikel ke-7 atau hari ke-4. Introduce My Self: Steemit Bagi Saya tayang tanggal 12 Juli 2017.

Di kemudian hari setelah dikoreksi Bang ZB, artikel perkenalan itu tidak sempurna. Kemudian atas saran teman-teman juga saya buat kembali artikel perkenalan persis di artikel ke-23 atau tanggal 6 Agustus 2017. Introduce My Self @mushthafakamal

Data Riwayat

  1. Jumlah follower 1008 Steemians. Terima kasih kepada Steemians semuanya
  2. Jumlah artikel 152 buah. Artikel ganda sebanyak 3 buah
  3. Artikel tersedikit nilai 11 buah, nilainya $ 0.00
  4. Artikel tertinggi nilai $ 20.46
  5. Artikel tidak terkomentari 6 buah
  6. Artikel terbanyak komentar 34 komentar
  7. Artikel tersedikit peng-upvote, 1 Steemians
  8. Artikel terbanyak peng-upvote, 168 Steemians
  9. Reputasi 54.80
  10. Steem power 350.813 STEEM (+327.223 STEEM)
  11. Estimasi nilai upvote 0.33 (VP 100 persen)

6bulan5.jpg
Beberapa follower


Mungkin sekilas perjalanan saya di Steemit selama enam bulan lamanya dengan harapan apabila diberi umur panjang kualitas saya semakin meningkat seiring bertambah ilmu, pengalaman, teman, membaca, dan berdiskusi di komunitas NSC, KSI, dan lainnya.

Sort:  

Selamat hari ke 185......,? Anda berada di platform steemit.
Sudah banyak hal yang bermanfaat telah anda bagikan di sini bersama kami 1008 follower anda.

Terima kasih bang@syehlah telah berkunjung ke sini

Setengah tahun yang luar biasa pak @mushthafakamal. Sukses terus ya

Amin... terima kasih buk ya

Sudah lama juga di Steemian, kamoe mantoeng baroe... Butuh banyak pencerahan dari senior steemian....

Insya Allah, menyo na dalam kawasan Aceh Utara jeut neu merapat ke Krueng Geukueh

Lon di Bekasi -Jawa barat Bang.... Tapi na Lam WA NSC....

Pasti dah banyak hasilkan sob

Saya fokus steem power dulu, hehe

keren om kamal

Hebat cara mengompilasinya... Bagaimana caranya tuh?

Grafik-grafik itu Pak milik Steemit juga. Banyak situs Steemit lainnya..
seperti steemd.com, steemtracked.com, steemreports.com/top-voters, steemworld.org

terus semangat ya! keren!

Insya Allah, terima kasih kak @mariska.lubis

Lanjutkan adinda @mushthafakamal. Semoga anda sukses selalu Salam KSI from CSAT.

Amin, salam NSC, KSI, CSAT

Semoga saling support, saya pemain baru belum paham cara mengoperasikan sosial media, butuh pencerahan artikel dasar. Semoga dapat bimbingan dari senior. Salam santun

Insya Allah, kalau tinggal dalam kawasan Aceh Utara dan ada luang waktu bisa merapat ke M Kupi di Kureng Geukueh, di sana banyak Steemians

Terimakasih aduen @mushthafakamal atas petunjuknya, sebagai pendatang baru saya mulai merasakan nilai komunikasi positif disini, interaksi sesama pengguna media steemit sangat berbeda dengan sosial media seperti facebook dan lainnya. Saleum meuturi aduen dari warga aceh utara yang berada di kawasan besi tua peninggalan exxon mobil. Hehehehe

I wish my bahasa would be better but all I can say ...STEEM ON!!!

Thank you for encouraging me, you're so good at steemit

Sama sama

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63135.01
ETH 2546.56
USDT 1.00
SBD 2.64