Memahami Konsep Dasar Platform Steemit ( Review 30 hari yang berwarna di steemit)

in #steemit6 years ago (edited)

20180224_182000.jpg
Hello Steemians
Pada kesempatan ini izinkan saya berbagi sekelumit pengetahuan dasar yang saya dapatkan dari platform steemit. Sebuah platform yang sangat booming di seentero jagad khususnya di indonesia. Kita ketahui bersama bahwa pengguna steemit makin hari semakin meningkat dikarenakan banyak kaula muda mileneal "zaman now ", yang sudah memahami akan arti pentingnya platform ini dalam dunia blogging, vidio, photography dll. Disini saya akan membahas konsep dasar platform steemit dari pengalama saya pribadi yang melewati 30 hari yang sangat berwarna sebagai pengguna baru di platform sukses ini.

Kenapa saya berkata demikian?
Karena hidup saya lebih memiliki warna dan berarti di saat 30 hari saya berjalan bersama steemit. setiap kali saya membuat postingan seakan-akan saya mencurahkan isi hati dan kepala yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Bagi yang sering menulis diary pasti sangat paham akan pentingnya steemit dalam kehidupan. Steemit bisa kita jadikan sebagai teman hidup, diary kehidupan dimana sejarah bisa kita ciptakan disini. perubahan hidup bisa kita wujudkan di platform super ini. Motto hidup yang mungkin membuat saya insya allah akan terus maju di steemit adalah "one day, one post " satu hari harus ada satu tulisan yang harus saya ciptakan dalam diary kehidupan saya di platform ini.
P_20180301_094409 (1).jpg

Kembali kepada pembahasan konsep dasar steemit, seperti saya ulaskan diatas sebagai pemula tentu pengetahuan dasar saya tentang steemit masih sangat sedikit. Saya sering membaca literasi tentang steemit di beberapa sumber, baik itu beberapa tulisan dari dua kurator kita @levycore dan @aiqabrago maupun postingan beberapa steemian handal kita seperti @abduhawab ,@ayijufidar, @mariksalubis, @rismanrachman dan beberapa steemians handal lainnya yang tidak bisa saya sebut satu-persatu. Mungkin bagi saya pemula itu yang harus saya lakukan untuk terus mengerti konsep dasar dan mengembangkan konsep tersebut dengan terus belajar dari postingan mereka. Kita bisa mencontoh bagaimana mereka menulis, bagaimana mereka menuangkan sebuah ide brilian dalam sebuah tulisan dan mengulasnya secara mendalam sehingga mereka mendapatkan upvote dan penghargaan yang layak terhadap karya mereka. Itu yang mesti kita lakukan sekarang sebagai steemian pemula.

P_20180129_173057.jpg

Namun, disini saya juga akan mengulas sedikit referensi yang saya dapat dengan mencantumkan sumber yang valid tentang bagaimana konsep dasar yang sebenarnya pada platform steemit.

Sejarah Steemit

Saya akan memulai dari sejarah awal berdirinya steemit, seperti kata bung karno" jangan melupakan sejarah". Kata-kata tersebut ada benarnya , kita harus mengetahui sejarah awal munculnya steemit dan siapa pencetusnya.
Steemit adalah perusahaan yang relatif baru, didirikan pada awal tahun 2016 oleh Ned Scott dan Daniel Larimer.
Ned Scott sebelumnya bekerja untuk Gellert Global Group, sebuah kelompok ekuitas pribadi milik keluarga yang memiliki banyak perusahaan makanan Amerika Utara.
Daniel Larimer adalah pendiri Bitshares, yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar ke-11 di antara semua kriptocurrency.

Konsep Dasar

CTO Dan Larimer pernah berkata "Steemit adalah cara baru untuk mengenali kontributor secara online, terutama mereka yang bergabung dengan komunitas kami lebih awal dan tetap dalam jangka waktu lama. Pengguna baru akan diberi sebagian Steem saat mereka mendaftar dan mereka yang memulai atau memperbaiki kualitas diskusi, melalui persuasi, kejelasan, tata bahasa dan format, akan ditingkatkan dengan lebih cepat dan lebih tepat dihargai. "

Steemit didukung oleh teknologi blockchain dan menggunakan kripto yang baru untuk memberikan penghargaan kepada pengguna yang memposting artikel, gambar, komentar, dll.

Cara lain pengguna bisa mendapatkan bayaran adalah melalui sourcing dan up-voting konten populer. Semakin dini seseorang mendapatkan suara sebuah postingan yang menjadi populer, semakin banyak reward yang didapatkan.

Pengguna dibayar setengah di 'Steem Power' (mata uang vesting) dan setengah dalam Steem Dollars, yang dapat ditukar dengan Dolar AS.
source

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa tidak ada sedikitpun kerugian yang kita dapatkan dari setiap postingan yang kita ciptakan di platform ini.Steemit membuka mata hati kita akan pentingnya sebuah penghargaan yang layak terhadap hasil karya seseorang. steemit juga mengajarkankan kita akan pentingnya berintraksi sosial antar sesama pengguna. Itu yang sangat saya rasakan selama 30 hari yang berwarna di dunia steemit. Melalui steemit saya mendapatkan teman baru, kerabat baru bahkan kekerabatan yang terbangun antar steemians sudah layak kita sebut persaudaraan yang kokoh. Semua pelajaran hidup tersebut saya dapatkan di beberapa meet up yang saya ikuti.

Akhir kata, saya hanya berpesan kepada kaula muda pemula dalam steemit, jangan berhenti untuk menciptakan perubahan karena konsep dasar steemit yang sebenarnya adalah menuntun kita untuk berubah dan keluar dari zona nyaman menuju kesuksesan yang hakiki dalam menciptakan masa depan yang berarti dalam dunia steemit. Salam Steemians ! Bravo KSI !

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.031
BTC 61083.24
ETH 2670.20
USDT 1.00
SBD 2.61