Membaca Secepat Kilat

in #steemit6 years ago

20180724_113957.jpg
Membaca adalah aktifitas mata dan otak untuk memperoleh sejumlah informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh setiap orang. Dalam ajaran Islampun membaca menjadi perintah pertama dan utama sebagai jendela awal pemahaman untuk mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, membaca bukanlah menjadi kebiasaan yang mudah dilakukan oleh seseorang meskipun ia tahu betapa pentingnya membaca bagi kehidupannya. Membaca terasa membosankan dan membuang-buang waktu dalam jangka waktu yang lama. Apalagi dalam keadaan sibuk membaca menjadi tidak sempat dan terlewati begitu saja.20180724_114244.jpg

Dilain sisi setiap orang juga ingin membaca tetapi belum menemukan strategi yang jitu agar dapat membaca secepat kilat, yang tidak membutuhkan waktu yang lama termasuk saya. Bagaimanakah caranya?

Saat saya berkunjung ke pustaka Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Jaya tanggal 18 Juli 2018 dalam kegiatan rutin Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Aceh Jaya saya menemukan satu buku yang sangat membantu kemampuan baca buku yaitu buku "Teknik Membaca dan Mengingat Masa Kini " karangan Yeni Ikawati.
20180724_113436.jpg

Lembar perlembar saya buka, ternyata banyak petunjuk di dalamnya tentang tips membaca secepat kilat dan mengingat setajam pedang, banyak metode yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Untuk membaca buku yang tebal, jurnal, artikel, dokumen dan lain-lain dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dalam waktu cepat. Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh karyawan, guru, siswa, mahasiswa, dan berbagai profesi lainnya tanpa kecuali saya.

Ada 4 (empat) strategi membaca kilat yaitu previewing, skimming, scanning dan clustering. Keempat strategi ini akan saya jadikan materi utama bedah buku pada pertemuan FAMe Aceh Jaya selanjutnya Kamis, 26 Juli 2018 di Pustaka Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Jaya. Saya akan mempersiapkan sejumlah game dan materi praktik langsung bagaimana membaca secepat kilat dan mengingat setajam pedang.

Beberapa gambar di atas sengaja saya tampilkan sedikit terbalik untuk merangsang kecepatan baca awal anda. Saya yakin anda telah membaca dan melihatnya dengan benar dan ingin berkomentar, ya kan? Penasaran dengan ilmu dan skill membaca secepat kilat dan mengingat setajam pedang? Ayo bergabung di acara tersebut.

Sort:  

Wah, besok kk yang kasih materi ya?😀

Ya Yelli cantik, kakak coba belajar semoga nantinya berjalan lancar.

Menunggu penjelasan selanjutnya

Insya Allah, ayo bergabung besok di Aceh Jaya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 64063.60
ETH 2742.49
USDT 1.00
SBD 2.67