Main Bersih di Steemit

in #steemit6 years ago

image
Meski sangat berambisi untuk menang, selalu ngotot untuk berhasil, hingga saat ini saya tidak ingin curang. Sudah sejak lama saya mendidik diri untuk selalu meraih kemenangan dengan cara bersih, sportif dan terhormat. Menang sebab saya mampu dan pantas mendapatkan, bukan dengan jalan pintas semacam mengandalkan kekuatan di luar kemestian.

Entahlah, mungkin sebab saya tidak bisa berbangga pada diri sendiri jika menang dengan cara buruk. Dan saya tidak ingin berdusta tentang pencapaian. Lebih baik kalah tinimbang menang dengan cara buruk. Itu pilihan. Komitmen sejak dulu.
imageBTS video klip "Meusyen Raya" album Saban Sama: Apache13 ft Solomon Kingdom

Di Steemit, meski ada cara pintas untuk mendapatkan jumlah vote besar, yaitu dengan menggunakan bot, saya tidak menyusur jalan itu. Menurut saya, untuk apa? Itu tidak bisa bikin hati saya bahagia. Tidak akan menyenangkan menyadari fakta "wajarlah menang, toh curang!". Meskipun mungkin orang lain tidak tahu dan enggan peduli, bukankah hati nurani kita bisa bicara dan menyadari? Hukuman terburuk adalah yang diberikan oleh diri sendiri. Rasa bersalah berkepanjangan akan membuat kita tak tenang sama sekali.

Pakai Bot? No, meskipun tidak berdosa, tapi saya kira untuk apa? Salah satu hal yang paling asyik di Steemit adalah melihat hasil vote yang besar. Tapi jika hasilnya sudah diketahui dari awal, hilang asyiknya. Tak ada lagi sensasi "harap-harap geli" di sana. Terkadang memang ada yang tidak peduli pada sensasi, tapi bagi saya itu adalah hal yang sangat asyik untuk dinikmati.

Bagi saya, mendapatkan hasil yang kecil di Steemit adalah proses. Mendapatkan hasil besar adalah keberuntungan. Saya berharap dapat besar, tapi jika nyatanya dapat kecil, ya sudah. Ya wajar, saya mendapatkannya dengan cara lurus dan normal saja. Di Steemit saya hanya menempuh cara biasa, semacam berteman baik dengan banyak Steemian, mengikuti acara-acara semacam meet up atau acara temu biasa, dan mengintip waktu membuat postingan agar lebih cepat terendus oleh banyak Steemian. Itu saja.
imageSumber: WAG Steemian

Bermain bersih juga menyangkut dengan bagaimana engkau mengelola nurani, kata guru saya. Bagaimana cara kau mendapatkan hasil dari perjuangan adalah cermin bagaimana hatimu. Tidak ada orang yang berhati bersih mau takluk pada jerat hasrat berlaku curang. Tapi perkara memakai bot, saya tidak menuduh itu curang. Itu boleh, hanya saja ia akan membuat sensasi "harap-harap geli"mu kurang. Bahkan hilang.
image

Sort:  

Haaaa... Yakin aku banyak kali yang tersinggung post bang @gulistan ini. Hihi.

Salam hormatku bang.

Semoga Apache tetap berjaya dan selalu ada dalam hati masyarakat Aceh khususnya.

Saya gak berniat nyinggung sebenarnya. Kan gak menyalahkan, cuma saya aja ogah. Ehehehe

Amiiin ya Rabbana. Terima kasih that ateuh doa.

Heee.. Gak nyinggung tapi nyindir bang ya. Haa.
Oke bang. Sama-sama. Salam kenal dariku.

Saya pernah hampir kepikiran untuk pakai bot. Setelah bertanya kepada steemian senior, mereka juga menganjurkan untuk tidak menggunakannya. Hehehe.

Teman-teman saya juga melarang, berhubung pada dasarnya saya emang gak suka, jadi klop juga. Ehehe

Ke depan, era bot akan berakhir dengan hadirnya SMTs

Kabar baik. Persaingan lebih nyata dan bersih.

Orang yg katanya " pintar" di steemit bilang, kualitas no 2. Cara Yg di rekom tebar jaringan dan komunikasi dgn orang "hebat". Yg ga di rekom main bot.
Aku ga kduanya, jd biasa aja hehe

Ahahahhaa
Memperluas hubungan baik itu aku setuju. Memperbanyak teman. Asal gak ngemis sama teman sendiri. Biarkan mereka memberi atau tidak. Kan gitu, bang?

Yes brada, terkadang kita lebih bangga melihat angka $ 0,01 dibandingkan $ 10,0 tapi sogok. Lebih baik apa adanya.

Arrasyi wal murtasyi fin nar. Inan meuneumat tanyoe beh. 😂😂

Aku percaya "sensasi harap-harap geli" ini adalah proses penting. Rasa bersalah adalah hukuman tersakit. Makasi bg..

Ini dia motivator hebat dengan bahasa yang sederhana namun tepat sasaran.

Jujur dinda, itu menjadi mimpi buruk buat saya pribadi, saya pernah melakukannya untuk beberapa kontrak kotor dengan bid bot, saya tidak pernah menang dan sambil menggigit bibir saya tidak akan berhubungan dengan nya lagi, ini lebih kepada sebuah confession dihadapan dinda dan sahabat yang lain. Pikir 2 kali jika ingin melakukannya lagi. Syukran.

saluut...smg ttap istiqomah..
saya ntah knapa kmrn tu saya kasih hape ke kwan, trus di maen maenin pula wallet saya...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63914.63
ETH 2664.93
USDT 1.00
SBD 2.77