Panduan Steemit #14: Amankan Akun Steemit Anda!

in #steemit6 years ago (edited)

Amankan Akun Steemit Anda!
By Bahagia Arbi | Steem Ambassador and @fundition Ambassador |

STEEMIT LOGO WITH TEXT.png

DQmYaM3BhsiPsrNvX8NDsvnkkr6bsPW2P2UnPgYvGLU13LF_1680x8400.jpeg

Berkenalan dengan Steemit

Apa kabar para Steemian Indonesia yang baik, Saya sangat senang bila Steemian Indonesia telah menemukan postingan ini, dan semoga ini akan membantu Anda sepanjang perjalanan Anda menemukan sekoci agar tidak tenggelam di Samudera Steemit dalam upaya menemukan ikan-ikan bernama Steem dan Steem Blockchain Dollar (SBD).

Saya mendapatkan informasi tentang platform Steemit sejak Juli 2017 tahun yang lalu dari seorang sahabat baik saya, terima kasih @abduhawab, dan terus terang informasi tersebut telah mengubah hidup saya dalam banyak hal.

DQmbZNXEyJSGypsWTc4cG7eHckjX9u4YLaqQGLu2aXsGRrz_1680x8400 (1).jpegSaya dan @abduhawab

Saya telah menulis lebih banyak selama 8 bulan terakhir ketimbang sebelumnya, saya telah membuat lebih dari 400 tulisan dan membagikan ribuan lembar foto. Hal itu membantu saya melatih kemampuan imajinasi menulis, mengolah kata dan masih banyak hal positif lainnya. Terpenting dari semuanya adalah mengenal banyak rekan baru di Steemit.

Jika Anda tertarik mengikuti perjalanan saya di Steemit, silahkan dperiksa Daftar Isi blog saya. Selama di Steemit pula, saya telah menghabiskan waktu ratusan jam mengajarkan orang lain tentang Steemit, memandu mereka melalui langkah awal mereka di Steemit, dan umumnya hanya mempromosikan platform dan membantu teman-teman menemukan kesempatan yang sama seperti yang saya miliki.

Mengabari Sahabat dekat

Hanya beberapa jam setelah saya bergabung, saya melalukan obrolan lewat WhatsUp dengan teman saya @hermanrn, dan ketika saya bangun keesokan paginya, dia sudah memiliki beberapa postingan langsung. Ini sangat menggembirakan saya kala itu.

Ternyata, saya baru menyadari bahwa @hermanrn hanya butuh waktu 15 menit mendapatkan Master Key dari Steemit. Ini hal yang luar biasa karena biasanya seorang pendaftar di Steemit mendapatkan verifikasi Akunnya paling cepat 3 Hari setelah melakukan registrasi.

Mungkin saja amalan Herman RN memang lebih baik ketimbang saya yang harus menunggu Password Steemit selama 1 bulan. ;)

DQmaehUzL7gjzUwUyeogxd2W9QwJkcfkFb7YQe7DVDv5fvS.jpegSaya dan @hermanrn


Amankan Akun Anda

Steemit, seperti yang halnya Media Sosial lain tentu saja mengharuskan Anda untuk bertanggung jawab atas keamanan Akun Anda sendiri. Tidak ada orang yang sembarangan mengubah ulang kata sandinya berkaki-kali (karena itu adalah risiko keamanan yang sangat besar), dan dalam hal ini berlaku aturan terserah Anda, bagai mana menjaga keamanan akun Anda adalah mutlak tanggung jawab Anda.

Dalam Serial lanjutan Panduan Steemit, saya ingin mengajak Anda melakukan pengamanan terhadap Akun Steemit Anda. Namun, sebelum itu, saya ingin Anda mengenali aturan Steemit terkait Kata Sandi, lihatlah Gambar di bawah ini:

U5dtcsTUKEUSfcRbJiGvx72K2cuLxgt_1680x8400.pngJaga Password Anda ya?

Steemit memberikan banyak kemudahan kepada Penggunanya terkait pengamanan Akun. Untuk membantu menjaga akun Anda tetap aman dan memungkinkan banyak fleksibilitas, serta penggunaan aplikasi pihak ketiga, akun Anda memiliki 3 kunci pribadi (Private Key).

Anda dapat menemukan kunci Anda melalui halaman Wallet Anda, atau langsung lewat link Permission.

Saya akan membahas fungsi ketiga Private Key yang dapat Anda gunakan untuk Login atau masuk ke Steemit sesuai dengan aktivitas Anda. Hal ini sangat penting agar Master Key Anda bisa disimpan saja di tempat yang aman seperti dalam email, dokumen komputer, smart drive, dan dicetak untuk disimpan di dalam kotak khusus di rumah Anda.

Inilah 3 Private Key Akun Steemit:

Private Posting Key - Kunci ini digunakan untuk mekakukan kurasi (Upvote), memposting sebuah konten, memberi komentar, mengedit postingan, dan membuat hubungan pertemanan. Saran saya, Private posting key ini harus Anda gunakan sebagai sandi masuk Anda ke Akun steemit. Dan simpanlah yang aman Master Key Anda.

Private Active Key - Kunci ini digunakan untuk transfer, melakukan power up / down, dan melakukan penukaran atau trading pada Wallet Anda. Kunci ini harus tetap Anda jaga dengan baik, karena pada dasarnya ia setara dengan nomor pin untuk kartu ATM Bank Anda.

Private Owner Key - Ini adalah kunci utama Anda, "kata sandi" Anda yang sebenarnya. Key ini adalah salah satu yang harus disimpan baik-baik dalam brankas Anda (diamankan dengan baik). Private Owner key tidak hanya memiliki semua fungsi dari yang kunci lain yang saya sebut di atas, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatur ulang semua kata sandi Anda.

Steemian Indonesia yang baik, mari kita jaga Akun Steemit kita agar kita lancar berenang dan menyelam di Samudera Steemit yang dalam.

Salam sukses luar bisa buat Anda.

Keep Steem ON!

DQmYaM3BhsiPsrNvX8NDsvnkkr6bsPW2P2UnPgYvGLU13LF_1680x8400.jpeg

Special Thanks for @cryptocurator that has given his full support by delegating 300 SP for me.

DQmUPvnn5dT6wgBTzLvWSEWt6q4UG57KvA9mr4GjCFSC9b9.png

My Partner in #promo-steem: @anggreklestari

DQmSujKmdJFZBLxrTLs1czycLQL6ntEiB4mda7yVHSPB8Sq_1680x8400.jpeg

Sort:  

Jaga password Steemit serupa menjaga kekasih hati. Jangan sampai hilang. Gawat kalau hilang. :D

Keep on the track, because Steem

hilang boleh.asal jangan di ambil kawan 😂@anggreklestari

Wkwkwkwk kocak

Sungguh postingan yang memberi arti bagi setiap pembaca untuk kembali berkontemplasi dan memunculkan keinginan dan motivasi berjuang lebih kuat. Memahami steemit dengan sederhana dan menyampaikan bagaikan sesuatu yang gurih dan renyah. Semangat abanganda.

Post yang sangat bermanfaat. Sebagai pemula,saya baru tahu akan sistem keamanan di steemit ini. Trimakasih atas postingan berharga ini. Ya... Lebih berharga dari sebuah akun saya. Jadi aset sebenarnya di akun kita adalah password itu sendiri.

Luar biasa bg. Terimakasih sharing ilmu dan pengetahuannya.

Bermanfaat.

Terimakasih telah berbagi kisah dan informaai penting tentang beberapa key yang mesti dipahami di platform steemit.

Salam @mpugondrong

Sangat bermamfaat ..
Tolong bantu saya bg @bahagia-arbi .
Bagaimana saya bisa menemukan dirimu di media lain agar saya bisa blajar lbih dari mu.
Trima kasih.

postingan yang bermanfaat bg @bahagia-arbi banyak teman-teman kita yang baru pemula di steemit banyak kehilangan sandi.dari postingan ini mereka bisa mempelajari bagaimana cara mencegah kehilangan akun tersebut.sukses selalu bg @bahagia-arbi

Memang urusan jaga-menjaga adalah Kapasitas nya Bang. @bahagia-arbi
Dan tulisan ini sangat Cocok untuk seluruh pemula, bisa jadi untuk seluruh sahabat Steemian yang Lainnya,...Hehehe...untuk kebiasaan mancing Pauss,....akhirnya dia sendiri yang terpancing,.........

Jagalah PASWORD MU

sangat bermanfaat pak ketua @bahagia-arbi
selamat menunaikan ibadah puasa ya hehe

sangat bermanfaat bagi saya yang pemula bang @bahagia-arbi..mohon dukung saya agar sukses di steemit.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64278.20
ETH 3493.42
USDT 1.00
SBD 2.55