Steemit Bisa di Hack?

in #steemit7 years ago (edited)

Saya sangat terkejut dengan postingan @owner99, dimana beliu menginformasikan sebuah akun steemit yang di hack. Beliau mendapatkan laporan dari temannya @jenara kalau SBD miliknya hilang dan berpindah tangan kepada orang lain. Dalam postingan tersebut juga melampirkan sebuah akun yang terduga telah melakukan pencurian dan menghack akun @jenara. (Lengkapnya silahkan lihat di https://steemit.com/indonesia/@owner99/bencana-steemit-emergency)

Saya sebagai orang awam soal steemit tentunya kaget. Ternyata steemit bisa di hack juga, sama halnya dengan media sosial lain seperti facebook, twitter dan lain-lain. Sampai saat ini belum saya temukan cara menghack steemit ataupun cara agar tidak hack dan tidak terjebak dalam phishing . Ada tulisan dalam bahasa Ingris yang berjudul "WARNING!* New steemit Phishing Scam -- Be Very Careful whith Certain Comment "* ditulis oleh @denmarkguy.

Sayangnya tulisan @demarkguy dalam bahasa asing sehingga saya tidak mengerti. Untuk itu saya berharap ada pencerahan dari para senior di steemit. Mengingat media baru ini ada banyak manfaat didalamnya. Sehingga sayang jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Hal yang aneh lainnya saya rasakan ketika @cheetah yang mengklaim tulisan saya copy paste, padahal saya jelas melampirkan sumber utama tulisan saya dari wikipedia. Namun ia mengklaim tulisan saya copy dari media lain. Setelah saya kunjungi media tersebut sangat berbeda dengan tulisan saya, baik gambar yang saya lampirkan di Steemit maupun isi secara keseluhan. Beda cara/gaya bahasa yang digunakan.

Tapi hal itu saya tidak kaget karena masih ada hubungannya dengan apa yang saya tulis. Tetapi saya sendiri merasa curiga dengan akun-akun robot tersebut dan hubungan dengan peristiwa yang di ceritakan oleh @owner99. "jangan-jangan akun robot yang diciptakan di luar pihak steemit telah berkerja dengan baik untuk mencuri akun steem yang memiliki kelemahan dalam ilmu teknologi dan programan. Ini hanya kecurigaan saya saja. Bukan asli benarnya.

Maka dari itu kita harus terus belajar menggunakan steemit ini. Mengingat jumlah penulis tentang tutorial steemit dalam bahasa Indonesia masih sedikit. Langkah kita dengan membaca tutorial yang sudah ada kemudian berekperiman sendiri. Demikian coleteh pagi ini. Semoga nantinya ada yang memberikan penjelasan, terutama dari kawan dari @nscnews (Nanggroe Steemit Community) dan kawan-kawan penguna steemit pada umumnya.

Salam steemian, Follow @amriadits

Sort:  

Tulisan yang bagus, sudah saya upvote ys

Terima kasih pak azhari.... atas upvote dan kunjungannya.....

sama sama pak

Melihat dari segi keamanan steemit sangat susah untuk di hack.. karwna sampai saat ini kasus di hack akun steemit sangat minim.. kalau memang di hack saya rasa bukan akun kecil yang di curi SBD tetapi akun yang memiliki aset besar.. ini logikanya.. nah kasus hilang sbd bisa terjadi bukan kelemhana dari steemit.. jika seseorang membuka situs yang tertanam trojan atau malware besar kemungkinan id pasword bisa di temukan.. dan ini memudahhkan penyusup mencuri ID dari berbagai akun.

Setuju dgn @abunagaya Bukan steemit nya yg kena hack. Butuh super komputer dan waktu yang sangat lama untuk menghack encrypt rumit semacam diterapkan steemit. Kasus serupa biasa yang di hack adalah perangkat user, baik itu pc atau pun smartphone.. Barangkali usernya menyimpan semua salinan user id dan passwordnya lengkap di perangkat.

Salah satu untuk sulitnya di bobol akun steemit bisa di lihat dari password yang di berikan oleh steemit.. algoritma huruf acak sebanyak 50 huruf dan angka bertujuan untuk menjaga keamanan akun dari hacker.. kasus ddos bulan 10 kemarin menyerang steemit untuk diretas tidak berhasil di tembus.. artinya security dan kemanan dari blockchain sangat super ketat.. diluar itu kasus pencurian id secara utuh akibat adanya trojan atau malware yang terenskripsi di dalam web tertentu yang kita buka.. lalu menyusup dan mengambil id secara utuh.. sang meunan paham lon.. karena sampai sekarang kasus ini sangat kecil dan minim sekali.

Terima Kasih atas penjelasannya Pak @abunagaya. Saya masih perlu banyak belajar dari para senior steem semua.....

bukan dihack tapi akun tersebut masuk dalam jebakan phising

Ya pak, Terima kasih atas penjelasannya.....

Kalau steemit dapat di-hack maka akan sangat berbahaya, SBD dpt berpindah sekejab. @cheetah itu melihat jika dua tulisan atau lbh yang isinya mirip maka postingan "terbaru" yg kita buat dianggap plagiat, mengcopy paste atau mengambil sebagian. Jk itu terjadi mk reputasi kita akan melorot. Mk dari itu kita harus berhati2...

Baik pak, Terima kasih atas penjelasannya.... Masih dalam tahab belajar.... :D :D

Informasi yang sangat bermanfaat, Terima kasih@amriadits

Terima ksih juga telah berkenan hadir di blog saya @bangjuh.

ulasan yang menarik sekali bang @amriadits,,,sudah saya vote dan follow

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 64153.02
ETH 3205.80
USDT 1.00
SBD 2.63