10 Cara Jitu Mendapat vote di steemit (bagian kedua)

in #steemit7 years ago (edited)

Selamat siang sahabat steemian se-Indonesia Raya
Semoga anda bukanlah bagian dari stemian yang bergantung kepada siapapun
Jadilah steemian merdeka
Salam steemian merdeka

Tulisan pertama saya tentang teman saya Anto (bukan nama sebenarnya) ternyata telah membawa dampak perubahan kepadanya, sekarang dia sudah jarang mengeluh tentang vote, hanya saja keluhan terakhirnya adalah kapan saya akan menuliskan kembali lanjutan trik jitu untuk mendapatkan upvote. Sekarang Anto sedang mengikuti kursus privat menulis kepada seorang guru, dan saya mulai terkesan dengan postingan-postingannya di steemit belakangan ini.

Pada akhir minggu lalu, kami sudah membuat kesepakatan, bahwa kami tidak akan saling upvote dan comment selama enam bulan kedepan, ini kami buat sebagai bagian dari upaya kami untuk mengukur sejauh mana tulisan-tulisan dan posting kami bukan mendapat vote atau komentar karena alasan kedekatan emosional semata-mata. Dan kami juga sepakat bahwa kami tidak akan merayu teman-teman steemit yang kami kenal (secara fisik) untuk membantu vote pada tulisan kami. Sebenarnya menurut saya ini adalah kesepakatan yang agak gila, bagi saya selaku steemian “plankton”, tapi paling tidak—ini menjadi semacam daya pendorong untuk meningkatkan semangat introspeksi dan terus memperbaiki kualitas diri masing-masing

Curso_Contenidos_Creativos_Marketing_Digital1.jpg

ilustrasi source

Nilai Vote Vs Jumlah Vote

Anda butuh vote banyak dengan reward yang sedikit, atau vote yang sedikit tetapi mendapat SBD yang banyak? Untuk kepentingan jangka pendek, saya sendiri lebih menginginkan SBD yang banyak dari pada vote yang banyak, tetapi untuk jangka panjang saya memilih mendapatkan vote yang banyak dari sahabat “senasib”—sama-sama “plankton” walaupun dengan perolehan SBD yang sedikit. Mengapa? Bagi saya teman-teman pemula adalah “kawan” untuk jangka panjang—yang merupakan calon “whale” dimasa yang akan datang. Sementara “whale” sekarang mungkin hanya memberi vote kepada kita sekali, tetapi tidak memberi vote secara berkelanjutan.
Menurut saya, pertemanan jangka panjang dengan steemian pemula--plankton, akan lebih berharga dari pada pertemanan sesaat dengan “para whale”.

Karena itu, saya akan berusaha memberikan perhatian kepada para steemian pemula yang memberi komentar di postingan-postingan saya, dan berusaha memberikan komentar kepada pendatang baru di tag “introduceyourself” dengan harapan mereka menjadi teman saya jangka panjang di dunia steemit. Saya ingin menikmati proses dalam berjuang dan ingin menjadikan kisah perjuangan di steemit ini sebagai sesuatu yang menarik untuk di ceritakan kembali nantinya.

Sebagai bagian kedua dari tulisan https://steemit.com/steemit/@aafadjar/10-cara-jitu-mendapatkan-vote-di-steemit-bagian-pertama-dari-2-tulisan, disini saya akan membagikan kembali beberapa tips untuk mendapatkan vote yang banyak. Sebenarnya ini saya tulis atas permintaan teman saya Anto, jadi maklum saja kalau rada-rada agak gimana-gitu. hehe

1. Promosikan Steemit dan Promosikanlah Steemit


source

Masih banyak orang di sekitar kita yang belum bergabung di steemit, itu adalah pasar pemasaran kita. Kenapa kita harus mempromosikan steemit? Keuntungan yang kita dapat sebagai promotor adalah follower, bisa jadi juga dari beberapa orang yang kita ajak ke steemit adalah investor, yakinkan mereka untuk berinvestasi melalui kita. Dengan dana investor kita dapat membeli steem power, yang pada akhirnya kita akan menjadi kurator di komunitas.

2. Selalu men-support orang-orang baru

Untuk mendapat vote yang banyak kita harus mensupport orang-orang baru. Mengapa?
Para newbie adalah para pembelajar, jadilah kita sebagai tempat bertanya yang baik bagi para newbie.

Para newbie butuh perhatian, mereka butuh kawan, jadilah teman yang baik bagi mereka. Tidak mesti para newbie yang anda kenal (secara fisik), anda juga bisa membantu orang-orang baru yang tidak anda kenal dengan menulis tips dan tutorial dalam steemit. Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan tips-tips yang saya baca dari steemian senior. Salah satu steemian Aceh yang banyak menulis tips adalah @abunagaya. Silahkan anda mengunjungi tulisan-tulisannya.

3. Jangan bergantung kepada teman bahkan komunitas

Apabila saya punya teman senior, bahkan dengan level “paus” pula. Walaupun begitu saya akan tetap menjadi steemian merdeka, tidak akan bergantung. Mengapa? Mental “ketergantungan” membentuk karakter “ngarep”—kalau kita menjadi “tukang harap”—ia mendidik kita untuk “berhalusisani” akan mendapat vote dari kawan atau komunitas, walaupun posting kita bukan sesuatu yang menarik.
Siapkan diri dengan mental superior, dan menulislah dengan lebih baik—vote akan datang dengan sendirinya. Bukan berarti kita tidak membangun komunitas, tetapi jangan semua hal bergantung kepada komunitas, komunitas punya batasan—menurut saya para “kurator” dikomunitas harus memberikan perhatian sedikit lebih kepada para newbie yang aktif.

4. Buatlah sayembara

Source: pixabay

Kalau anda punya sekurang-kurangnya 5 SBD, kalau belum punya SBD—saran saya pinjamlah kepada teman yang mempercayai anda. Hanya dengan modal 5 SBD anda sudah dapat membuat sayembara menulis, kita dapat memilih topik apapun, buatlah persyaratan tag nama anda, upvote dan reesteem postingan bagi yang ikut sayembara. Beri hadiah 2,30 SDB untuk pemenang pertama, 1,70 SBD untuk pemenang kedua dan 1 SBD untuk pemenang ketiga.
Saya membaca banyak para steemian yang membuat sayembara pada akhirnya memiliki banyak vote dan follower. Bukan kah ini yang kita inginkan? Silahkan mencoba—saya sendiri belum pernah membuat, tapi dalam waktu dekat ini saya sudah merencanakan untuk membuat sayembara menulis—dengan tema “promosi steemit kepada pelajar”.

5. Tulislah tentang sesuatu yang sedang heboh

Apabila anda pengamat media massa, pastinya perkembangan isu-isu aktual dan hal-hal yang heboh tidak akan luput dari pantauan anda, pilih satu hal yang sedang heboh—tulislah dari sudut pandang anda dengan gaya bahasa yang menarik.
Atau ada sesuatu kejadian heboh ditempat tinggal anda, jadilah sebagai penulis pertama kejadian itu, tetapi tulisan anda harus dilengkapi dengan data yang akurat berupa gambar-gambar dan atau video yang orisinil—pasti akan banyak yang vote.

Pastinya lebih banyak lagi cara-cara jitu untuk mendapat banyak vote, ini hanya sekedar catatan ringan versi saya, semoga anda adalah steemian yang berhasil
#sekian—terima kasih sudah membaca.

salam steemian merdeka

Salam hangat,

Azka Ahmad Fadjar
Salah seorang inisiator komunitas @steemit-students
Anggota tim inisiator komunitas #steemit-students
@markop, @ikbal12, @aafadjar, @starlos, @alexandra07, @ikbal050, @hajidan, @aldercy05 @saifulsabri @ziccoalvaro and @ziyadhelmi

Steemian Pemula dari Aceh Utara, saat ini berdomisili di Jeunieb, Bireuen, Aceh

IMG_4959.JPG

Sort:  

Sangat bermanfaat informasi yang diberikan apalagi bagi newbie di steemit untuk menambah wawasan dalam menulis dan berkarya di steemit @aafdjar
sukses terus untuk karyanya

Terimakasih apresiasinya... saya juga newbie, hehee.. mari sama-sama untuk terus berkarya..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63820.95
ETH 2497.43
USDT 1.00
SBD 2.69